Jeep Wrangler JL
Eksterior Jeep Wrangler JL
Jeep Wrangler JL merupakan generasi penerus dari Jeep Wrangler dengan kode bodi JK. Model ini pertama kali meluncur di Indonesia pada tahun 2019 lalu. Jika dilihat dari luar, tampilan eksteriornya cukup memberikan kesan jika dirinya adalah sebuah SUV tangguh dan mewah. Dimensinya pun bisa dibilang cukup besar.
Ia memiliki panjang 4.237 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.868 mm. Sedangkan ground clearancenya mencapai 246 mm, cukup tinggi untuk melibas jalur apapun yang akan dihadapinya. Pada bagian depan, Jeep Wrangler JL ini mengambil konsep desain seperti flashback ke era 1990-an. Desainnya diambil dari Wrangler TJ dengan gril depan berukuran besar dan bergaris.
Lampunya memakai model bulat, khas Jeep. Bumper bagian depan berwarna hitam terlihat menjulur ke depan dan sudah dilengkapi dengan lampu kabut. Lampu sein dan lampu senja berada di bagian depan dari fender. Sehingga saat lampu senja menyala, akan terlihat LED horizontal yang menyala berwarna putih.
Di Indonesia, ada 3 varian yang ditawarkan untuk konsumen. Ketiganya adalah Jeep Wrangler Sahara Unlimited, Jeep Wrangler Rubicon Unlimited dan Jeep Wrangler Sport Unlimited. Ketiganya ditawarkan dengan 3 atap yang dapat dipilih.
Harga Jeep Wrangler tergantung dari variannya. Jeep Wrangler Unlimited Sport sebagai varian terendah dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,4 Miliar untuk 2-Door dan Rp 1,6 Miliar untuk 4-Door. Lalu, Jeep Wrangler Sahara sebagai varian penengah Jeep ini dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,71 Milyar. Terakhir, harga Jeep Rubicon sebagai varian tertinggi Jeep berkisar Rp 1,7 Miliar untuk 2-Door. Ada juga harga mobil Rubicon yang berkisar Rp 1,82 Miliar. Ini merupakan harga mobil Jeep Wrangler 2020.
Mulai dari atap ragtop dengan sebutan Sky One-Touch, hard top dan soft top. Di sisi samping, ia memiliki spion berukuran besar berwarna hitam berbentuk kotak. Di bagian samping, pintunya dapat dilepas pasang sesuai dengan kebutuhan offroad.
Handle pintu yang digunakan juga memakai warna hitam doff dengan model penarik yang tebal dan kokoh. Sedangkan di bagian belakang, mobil ini dibekali dengan ban serep model gantung yang menegaskan sebuah ciri khas SUV sejati.
Kaca bagian belakang dapat dibuka tanpa harus membuka pintu bagian belakang. Yang cukup menarik dari bagian belakang, lampunya sudah memakai LED berbentuk baut kasar yang menjadi ciri khas dari Jeep.
Interior Jeep Wrangler JL
Di bagian dalam, mobil ini juga dilengkapi dengan interior yang cukup baik dan mewah. Ini yang mengagumkan di Jeep Wrangler baru. Jika sebelumnya di Jeep Wrangler JK mayoritas bahan interior masih menggunakan plastik demi alasan durabilitas, Pada Jeep Wrangler JL ini terasa lebih naik level berkat penggunaan bahan premium hampir di banyak tempat.
Dasbor dan armrest di pintu sama-sama sudah dilapis kulit dengan jahitan berwarna kontras. Bahkan bagian atas door trim sudah menggunakan bahan soft touch. Entah bahan-bahan ini akan awat atau tidak saat diekspos di medan terik dan hujan, namun jelas memberi sentuhan lebih proper bagi Wrangler yang harganya menyentuh kelas premium.
Seperti sebelumnya, kontrol jendela masih terletak di fascia tengah untuk mengantisipasi ketika pintu-pintunya dilepas. Namun tombol-tombol di tengah tersebut kini terlihat dan terasa lebih premium. Paling menarik, dasbor Wrangler JL ini dapat diperoleh dengan warna merah mentereng jika menurut anda hitam standar kurang terlihat menarik.
Bagian dasbor terlihat mengotak, dengan head unit layar sentuh di bagian tengah. Tepat di bawahnya terdapat pengaturan AC dan berbagai fitur yang ada pada mobil ini. Lalu di bagian setir, terdapat tombol pengaturan yang disertai pengaturan setir tilt dan teleskopik. Posisi duduknya cukup tegak dan enaknya di bagian depan terdapat arm rest untuk menyandarkan tangan.
Soal fitur, mobil ini memiliki banyak fitur keren. Seperti tombol start/stop engine, passive keyless entry Keyless Go, setir telescopic, MID full color 7 inci, hingga head unit besar 8,4 inci dengan layar sentuh dan sistem UConnect yang sudah mengadopsi Apple CarPlay dan Android Auto.
Selain itu dari segi daya dan konektivitas, terdapat satu USB port berukuran standar di depan dan USB-C untuk yang lebih modern. Di belakang pun sama, namun ada tambahan power outlet berdaya AC 230 V dan 150 W mengisi ulang baterai laptop atau hal lainnya.
Fitur lainnya termasuk auto headlights, auto wiper, dual zone auto climate control, electrochomatic mirror, spion lipat elektrik, sound system premium dari Alpine dengan 9 speaker, subwoofer tahan air dan amplifier 12-channel 552 W, cruise control dan idling stop start.
Perihal safety, Wrangler JL baru ini pun bertambah drastis dibanding sebelumnya. Fitur standarnya termasuk empat rem cakram, ABS, EBD, ESC (Electronic Stability Control) dan ERM (Electronic Roll Mitigation).
Seperti unit penghajar medan off-road lainnya, tentu Jeep Wrangler baru ini juga dilengkapi Hill Descent Control dan Hill Start Assist. Terdapat juga sensor parkir dan kini kamera mundur dengan dinamis, yang kerennya terintegrasi langsung di ujung kunci ban serep belakang.
Mesin Jeep Wrangler JL
Soal mesin, sekarang Jeep Wrangler JL tidak lagi memakai mesin berukuran besar. Kini kapasitas mesinnya hanya 1.995 cc, 4 silinder, DOHC, turbocharge, mild hybrid. Mesin tersebut menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan dengan penggerak 4 roda. Soal tenaganya, walaupun kapasitasnya kecil, tapi tenaganya mampu mencapai 270 ps @5.250 rpm dan torsi 400 Nm @3.000 rpm.
Sebagai sebuah Jeep bermesin kecil, tetapi ia mampu menarik beban dengan bobot maksimal hingga 1,5 ton atau setara dengan menarik sebuah mobil sedan. Lalu, bagaimana dengan pesaingnya yang berasal dari Inggris?
Land Rover Discovery Sport
Eksterior Land Rover Discovery Sport
Secara dimensi, Land Rover Discovery Sport ini memiliki dimensi yang lebih lebar dan panjang dibanding Jeep Wrangler JK. Panjangnya mencapai 4.599 mm, dengan lebar 2.173 mm dan tinggi mencapai 1.724 mm. Jika melihat penampilannya, Land Rover Discovery Sport ini berbanding terbalik dengan Jeep Wrangler JL.
Land Rover Discovery Sport ini lebih mengusung desain yang elegan, mewah dan sangat modern. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuknya yang didominasi oleh lekuk membulat. Desain yang diaplikasikan oleh mobil ini bahkan mendapat apresiasi award winning design dari red dot. Di bagian depan, desain lampunya seakan memiliki tatapan tajam dengan adanya LED DRL di bagian bawahnya.
Lalu bagian gril memakai model honey comb dengan jarak agak renggang. Di bagian bawah, bumpernya memiliki beberapa lubang yang disertai dengan aksen honeycomb berwarna hitam. Tak lupa logo Land Rover di sisi kanan gril dan tulisan Discovery pada bagian ujung kap mesin menjadi identitas yang tak terlupa.
Di bagian samping, terdapat tarikan garis yang memanjang dari bagian kap mesin hingga buritan. Bagian bawahnya memakai aksen hitam doff yang memberikan kesan tangguh dan kuat dari SUV. Lalu di bagian atas memakai warna hitam yang memberikan kesan atap floating roof. Bagian belakangnya terlihat simple dengan desain lampu LED dengan tambahan rear spoiler di bagian atas.
Interior Land Rover Discovery Sport
Soal interior, bisa dibilang mobil ini menjadi lebih unggul dibanding Jeep Wrangler JL. Interior Land Rover Discovery Sport ini benar-benar terlihat sangat mewah dan futuristic. Interiornya di desain sesimpel mungkin dengan aksen piano black pada dasbor bagian tengah. Layar head unitnya pun juga besar, sekitar 10 inci. Setirnya juga sudah dilengkapi dengan tombol pengaturan.
Head unit ini juga sudah tersedia Apple Car Play dan Android Auto. Selain itu, terdapat pula Wi-Fi Hotspot dengan setelan 4G. Kemudian ada pula wireless charging untuk mengisi daya gawai komunikasi, plus colokan power outlet 12 volt dan USB di setiap baris.
Setir ini dapat diatur tilt dan teleskopik secara elektrik. Tuas transmisinya pun juga memakai model seperti tuas milik BMW. Jika dlihat bagian piano black pada dasbor tengah, saat dioperasikan akan menyala dan menjadi sebuah instrument. Semuanya serba digital dan tentunya memberikan efek yang sangat mewah dibanding Jeep Wrangler JL. Serasa naik mobil dari masa depan!
Selain prestis anda yang tentunya akan meningkat, memiliki mobil ini adalah pilihan yang sangat tepat, terlebih fitur-fitur yang dimilikinya juga sangat membantu para pemilik dalam menghadapi jalanan agar lebih nyaman. Adaptive Dynamics, Torque Vectoring, Active Driveline, menjadi beberapa fitur yang membantu pengendalian mobil yang memiliki tenaga cukup besar ini.
Fitur lain yang mendukung pengendalian mobil adalah kamera yang dapat menampilkan keadaan mobil hingga 360 derajat, memberikan kendali penuh terhadap mobil agar lebih aman ketika sedang dikendarai.
Head-up Display juga turut disematkan di mobil ini, memberikan informasi secara langsung, cepat, dan tepat kepada pengemudi tanpa harus melihat panel kecepatan, karena informasi yang dimunculkan langsung terlihat di kaca depan.
Fitur terakhir yang menemani adalah dari sistem pengereman. Discovery Sport langsung dapat mengerem tanpa menunggu pengemudi menekan pedal, menghindari terjadinya insiden yang tidak diinginkan.
Mesin Land Rover Discovery Sport
Bagaimana dengan performa mesinnya? Mobil ini menggendong mesin berkapasitas 1.999 cc, 4 silinder, DOHC. Tenaga tersebut disalurkan memakai transmisi otomatis 6 percepatan ke semua roda. Soal tenaga, mesin tersebut sanggup melontarkan tenaga hingga 234 ps @5.800 rpm dengan torsi maksimal mencapai 340 Nm @1.750 rpm.
Kesimpulan
Jika menginginkan sebuah SUV dengan tampilan yang gahar, macho dan gagah rasanya Anda wajib menjatuhkan pilihan kepada Jeep Wrangler JL. Selain punya karakter sebuah SUV yang sangat kuat, desainnya benar-benar menunjukkan jika pengendaranya adalah penyuka hal-hal yang menantang.
Sebaliknya, jika Anda menyukai SUV dengan wajah yang maskulin dan lebih mementingkan nilai estetika, Land Rover Discovery Sport ini akan lebih cocok dengan Anda. Tampilan interior, eksterior dari Discovery Sport ini terlalu tampan untuk diajak melibas jalan berlumpur.
Soal performa, Land Rover Discovery Sport memang kalah dari sisi tenaga dan torsi yang dihasilkan. Jeep Wrangler memiliki performa mesin yang jauh lebih baik di atas kertas dibanding kompetitornya ini.
Harga yang ditawarkan oleh kedua SUV ini pun juga cukup kompetitif bagi mereka penyuka SUV mewah. So, diantara keduanya mana yang menurut kamu lebih oke? Jeep Wrangler JL atau Land Rover Discovery Sport ini.
Spesifikasi Teknis Jeep Wrangler JL |
Spesifikasi Teknis Land Rover Discovery Sport |
Dimensi: Panjang 4.785 mm, lebar 1.875 mm, tinggi 1.868 mm |
Dimensi: Panjang 4.599 mm, lebar 2.173 mm, tinggi 1.724 mm |
Mesin: 1.995 cc, 4 silinder, DOHC, turbocharge, mild hybrid |
Mesin: 1.999 cc, 4 silinder, DOHC |
Tenaga: 270 ps @5.250 rpm, torsi 400 Nm @3.000 rpm |
Tenaga: 234 ps @5.800 rpm, torsi 340 Nm @1.750 rpm |
Transmisi: Otomatis 4WD |
Transmisi: Otomatis 4WD |
Velg dan ban: 17 inci - 245/75, 18 inci - 255/70, 17 inci - 285/70 |
Velg dan ban: 18 inci - 255/70 |
Rem: Cakram |
Rem: Cakram |
Harga Off The Road Jakarta Rp1,1 miliar- Rp1,6 miliar |
Harga Off The Road Jakarta Rp1,3 miliar - Rp1,8 miliar |