Jeep Wrangler JL dan Land Rover Discovery Sport, Mana yang Punya Interior Terbaik?

Mark Jacob · 6 Agu, 2020 13:00

Membicarakan sebuah SUV mewah tentu rasanya akan sulit untuk tidak menyebut nama Jeep Wrangler JL dan Land Rover Discovery Sport. Keduanya merupakan SUV mewah yang memiliki persaingan yang cukup sengit. Dari segi fitur dan dimensi, keduanya memiliki poin tersendiri. Sedangkan dari segi harga, Jeep Wrangler JL dibanderol Rp1,4 miliar – Rp2 miliar. Sedangkan Land Rover Discovery Sport dibanderol Rp1,6 miliar – Rp2,1 miliar.

Bagi konsumen di segmen ini, tentu tak hanya fitur dan performa saja yang menjadi pertimbangan. Keindahan di dalam kabin juga menjadi faktor yang sangat berpengaruh untuk meminang salah satu diantara kedua mobil ini. Lantas, mana yang memiliki interior terbaik? Land Rover Discovery Sport atau Jeep Wrangler JL?

Jeep Wrangler JL

Model Jok Jeep Wrangler JL

Sebelum membahas mengenai interiornya, ada baiknya kita membahas mengenai dimensinya terlebih dahulu agar memiliki pandangan mengenai interiornya. Jeep Wrangler JL ini memiliki panjang 4.237 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.868 mm. Mobil berpenggerak 4 roda yang dapat dipilih secara elektronik ini merupakan salah satu SUV dengan tampilan eksterior yang cukup gagah.

Di Indonesia, Jeep Wrangler JL ditawarkan dalam 3 varian. Yakni tipe Jeep Rubicon Unlimited, Sport Unlimited dan Sahara Unlimited. Soal interior, Jeep juga menawarkan 3 pilihan kulit yang dapat dipesan oleh konsumen di Tanah Air. Ada beberapa model kulit yang ditawarkan, seperti model McKinley leather, Soulmate Cloth dan Maddox Cloth.

Pada model McKinley, terdapat tulisan Rubicon di dekat headrest dan disertai penggunaan jahitan di pinggir dengan warna merah. Sedangkan untuk Soulmate cloth bertuliskan Sahara di dekat headrest dan memakai jahitan berwarna hitam. Lalu pada model Maddox cloth, memakai tulisan Rubicon dengan penggunaan bahan bermotif honey comb pada bagian punggung. Model ini memakai jahitan berwarna merah.

Tak lupa, mobil ini sudah memakai jahitan asli di seluruh bagian interior. Sehingga hal ini akan membuat pemilik merasakan kemewahan lewat jahitan asli yang didapatkan dari SUV pelahap segala medan ini. Sayangnya, warna interior dari mobil ini menurut kami lebih terlihat membosankan, karena hanya memakai 1 warna saja pada bagian interior.

Ruang Penyimpanan Jeep Wrangler JL

Bagaimana dengan ruang penyimpanan? Mobil satu ini bisa dibilang kurang mengakomodir mengenai ruang penyimpanan. Di bagian depan, terdapat beberapa ruang yang bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan seperti di dekat tuas transmisi, laci pada penumpang depan, dan penyimpanan pada bagian doortrim bagian depan. Di bagian dasbor tengah juga terdapat penyimpanan kecil yang bisa digunakan untuk menyimpan gadget atau pun koin.

Sedangkan di bagian belakang, doortrimnya tidak memiliki ruang penyimpanan. Hanya memakai doortrim bermodel polos. Sebagai gantinya, di belakang jok depan diberikan jaring yang bisa digunakan untuk menaruh barang. Ada juga 2 buah cup holder yang terletak di bagian bawah ventilasi AC pada baris kedua.

Kenyamanan Kabin Jeep Wrangler JL

Soal kenyamanan, Jeep Wrangler JL ini bisa dibilang hanya memberikan kenyamanan bagi penumpang di bagian depan saja. Ruang kaki dan ruang kepala bagi pengemudi dan penumpang depan memang dibuat sangat lega dan nyaman. Sebaliknya pada baris kedua, ruang kepala dan ruang kakinya terasa sempit. Sehingga penumpang baris kedua akan merasakan kurang nyaman saat bepergian terutama jarak jauh.

Interior Bisa Dicuci

Ini merupakan fitur yang tidak semua orang tahu mengenai Jeep Wrangler JL. Jeep Wrangler JL memiliki interior yang bisa dicuci, atau memiliki sebutan wash-out interior. Mobil ini dilengkapi dengan drainase satu arah di lantai yang dapat mengalirkan air keluar tanpa menggenang di dalam kabin. Hal ini dilakukan karena Jeep Wrangler JL kerap digunakan untuk bermain offroad berat.

Sehingga saat mobil sedang terendam di dalam air, pemilik akan mudah membersihkannya. Caranya pun cukup mudah. Pemilik hanya perlu melepaskan karpet dan interiornya dapat dicuci menggunakan aliran air mengalir dari selang. Wow, keren juga kan?

Land Rover Discovery Sport

Model Jok Land Rover Discovery Sport

Sebagai kompetitornya, harus diakui jika Land Rover Discovery Sport ini memiliki tampilan yang jauh metroseksual dan kurang macho dibanding Jeep Wrangler JL. Tapi, interior dari mobil ini sangatlah mampu membuat pemiliknya merasa takjub.

Mobil ini sudah memakai interior dengan motif two tone, dengan paduan warna beige dan hitam. Motif yang digunakan adalah garis horizontal yang menggambarkan sebuah jok mobil mewah.

Kulit yang digunakan pun memakai bahan alcantara, dengan jahitan asli di setiap bagian interiornya. Namun, konsumen juga dapat memilih sesuai selera untuk menentukan interior dari Discovery Sport yang akan dibelinya.

Ruang Penyimpanan Land Rover Discovery Sport

Bagaimana dengan ruang penyimpanan dari mobil ini? Di bagian depan, terdapat ruang penyimpanan yang berukuran besar. Dasbor tengah memang disiapkan sebagai tempat penyimpanan, bahkan untuk melakukan pengisian daya gadget secara wireless. Pada doortrim bagian depan juga terdapat cupholder untuk menaruh minuman.

Di bagian belakang, ada juga ruang penyimpanan di balik jok depan yang menggunakan bahan kulit. Cup holder juga dapat ditemui di doortrim pintu baris kedua. Arm rest pada jok baris kedua jika dibuka akan terdapat cup holder yang bisa digunakan untuk menaruh minuman. Lalu, kelebihan dari mobil ini adalah adanya jok baris ketiga untuk tambahan 2 penumpang.

Jeep Wrangler JL hanya mampu mengakomodasi 5 penumpang saja, akan tetapi Land Rover Discovery Sport mampu memuat hingga 8 penumpang. Di baris ketiga juga terdapat ruang penyimpanan di sisi kiri dan kanan walaupun ukurannya tak terlalu besar, tapi dirasa cukup untuk memberikan kenyamanan.

Kenyamanan Kabin Land Rover Discovery Sport

Pengemudi dan penumpang di bagian depan tak perlu khawatir dengan kenyamanan. Ruang kepala dan ruang kaki di bagian depan sangatlah melimpah. Pemilik bisa selonjoran dengan posisi santai saat mengatur posisi duduk ternyaman.

Baris kedua pun juga memiliki ruang kaki yang sangat baik, akan tetapi ruang kepalanya cukup pendek bagi penumpang dengan postur di atas 170 cm. Ruang kepala di baris kedua cukup pendek, apalagi di bagian baris ketiga. Ruang kepala dan kaki tentunya terbatas. Kami yakin ruang di baris ketiga ini akan lebih cocok jika diisi oleh penumpang anak kecil saja.

Jok Memakai Penghangat dan Pendingin

Salah satu kelebihan dari mobil ini adalah fitur pendingin dan penghangat pada jok. Jok depan Land Rover Discovery Sport memiliki dua pengaturan. Pengaturan pertama adalah penghangat di kedua jok depan. Pengaturan kedua adalah pendingin di kedua jok depan. Sehingga penumpang dan pengemudi bisa mengatur keperluan jok mereka sesuai selera. Hembusan angin akan keluar di bagian tempat duduknya saja, tidak sampai ke bagian punggung. Mau panas atau dingin?

Selain itu, jok baris kedua juga masih dapat diatur seperti penumpang depan. Hanya saja, hembusannya yang hanya bisa keluar adalah angin dingin saja. Angin dingin dapat keluar dari celah jok untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang di baris kedua. Hembusan angin akan keluar di bagian tempat duduknya saja, tidak sampai ke bagian punggung.

Sekilas info saja, mobil Jeep Wrangler Unlimited tersedia dalam 3 varian. Harga Jeep Wrangler tergantung dari variannya. Jeep Wrangler Unlimited Sport sebagai varian terendah dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,4 Miliar untuk 2-Door dan Rp 1,6 Miliar untuk 4-Door. Lalu, Jeep Wrangler Sahara sebagai varian penengah Jeep ini dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,71 Milyar. Terakhir, harga Jeep Rubicon sebagai varian tertinggi Jeep berkisar Rp 1,7 Miliar untuk 2-Door. Ada juga harga mobil Rubicon yang berkisar Rp 1,82 Miliar. Ini merupakan harga mobil Jeep Wrangler 2020.

Kesimpulan

Jeep Wrangler JL bisa dibilang memiliki desain interior yang lebih simple. Hal ini dikarenakan mobil tersebut lebih didesain untuk keperluan adventure dan offroad. Sehingga interiornya dibuat seminimal mungkin, dengan berbagai pengaturan yang membuatnya mudah dibersihkan. Salah satu fitur andalannya adalah wash-out interior.

Pemilik Jeep Wrangler JL akan dengan mudah membersihkan interiornya, bahkan tak masalah jika disemprot menggunakan air sekalipun. Karena mobil ini sudah dibekali dengan fitur drainase yang mampu membuat air mengalir dan tidak tergenang di dalam kabin.

Sedangkan Land Rover Discovery Sport lebih diperuntukkan bagi mereka yang mementingkan keindahan interior. SUV berpenggerak 4 roda ini lebih mengedepankan kenyamanan saat menikmati mobil lewat paduan warna interiornya. Selain itu, ada juga fitur hembusan angin panas dan dingin pada jok baris pertama dan kedua.

Hal ini jelas menandakan jika Land Rover Discovery Sport merupakan SUV yang diciptakan untuk kenikmatan berkendara, terutama di perjalanan jauh. Keduanya mobil ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika boleh memilih, mana yang akan kamu pilih? Jeep Wrangler JL atau Land Rover Discovery Sport?

Spesifikasi Teknis Jeep Wrangler JL Spesifikasi Teknis Land Rover Discovery Sport
Dimensi: Panjang 4.785 mm, lebar 1.875 mm, tinggi 1.868 mm Dimensi: Panjang 4.599 mm, lebar 2.173 mm, tinggi 1.724 mm
Mesin: 1.995 cc, 4 silinder, DOHC, turbocharge, mild hybrid Mesin: 1.999 cc, 4 silinder, DOHC
Tenaga: 270 ps @5.250 rpm, torsi 400 Nm @3.000 rpm Tenaga: 234 ps @5.800 rpm, torsi 340 Nm @1.750 rpm
Transmisi: Otomatis 4WD Transmisi: Otomatis 4WD
Velg dan ban: 17 inci - 245/75, 18 inci - 255/70, 17 inci - 285/70 Velg dan ban: 18 inci - 255/70
Rem: Cakram Rem: Cakram
Harga Off The Road Jakarta Rp1,4 miliar- Rp2 miliar Harga Off The Road Jakarta Rp1,6 miliar - Rp2,1 miliar

Komentar