FAQ: Terjawab Sudah Beberapa Pertanyaan Soal Wuling Almaz RS, Pantaskah Untuk Dimiliki?

Enda · 1 Apr, 2021 16:00

FAQ: Terjawab Sudah Beberapa Pertanyaan Soal Wuling Almaz RS, Pantaskah Untuk Dimiliki? 01

Wuling Almaz RS terlihat lebih atraktif dan sporty dengan adanya beberapa ubahan khusunya pada tampilan eksterior

Tiga tahun belakangan ini, mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) sangat booming di Tanah Air. Tak ayal apabila hampir setiap pabrikan otomotif saling berlomba-lomba meluncurkan model SUV terbaru, salah satunya yaitu Wuling Almaz RS. PT SGMW Motor Indonesia beberapa waktu lalu secara resmi memperkenalkan varian terbaru Almaz ini dengan tampilan yang lebih sporty dan atraktif dari generasi sebelumnya.

Memiliki tubuh yang bongsor, Almaz RS mendapat desain grille baru, lis berkelir merah di bumper depan, lip spoiler di bawah bumper yang cukup besar, serta atap bewarna hitam yang mengindikasikan pilihan warna dual tone.

Bergeser ke bagian lainnya, velgnya kini mendapat desain baru, serta lampu belakang yang terlihat lebih pipih yang dipadukan dengan led model sequential pada lampu signnya.

Sama seperti generasi pra facelift, Wuling Almaz RS ditawarkan dengan dua opsi konfigurasi, yakni 5-seater dan 7-seater yang mana dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau. Karena SUV ini masih terbilang sangat baru, kami ingin menjawab beberapa pertanyaan yang seringkali dilontarkan mengenai mobil ini.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga: 5 Keistimewaan Wuling Almaz RS yang Wajib Kalian Ketahui

1. Berapa Varian dan Transmisi di Wuling Almaz RS?

FAQ: Terjawab Sudah Beberapa Pertanyaan Soal Wuling Almaz RS, Pantaskah Untuk Dimiliki? 01

Tampilan belakang Wuling Almaz RS

Wuling Almaz pertama kali diluncurkan di Indonesia pada awal 2019. Sebelum mendapatkan facelift, salah satu produk flagship Wuling ini dihadirkan dalam beberapa varian. Diantaranya; Almaz Smart Enjoy MT 7-seater, Almaz Smart Enjoy CVT 7-seater, Almaz Exclusive CVT 5-seater dan Almaz Exclusive CVT 5-seater.

Bicara mengenai facelift kali ini, Wuling Almaz RS ini hanya ditawarkan tiga varian saja, Almaz RS Exclusive CVT 5-seater, Almaz RS Exclusive CVT 7-seater dan Almaz RS Pro CVT 7-seater. Untuk varian terbarunya yang dinamai Almaz RS ini, Wuling Motors Indonesia tidak memberikan opsi transmisi manual. Pihaknya hanya menawarkan pilihan transmisi CVT 8-percepatan.

2. Ditawarkan dengan Harga yang Terjangkau?

FAQ: Terjawab Sudah Beberapa Pertanyaan Soal Wuling Almaz RS, Pantaskah Untuk Dimiliki? 02

Tampilan samping Wuling Almaz RS

Dibandingkan dengan medium SUV sekelasnya, Wuling Almaz RS ini ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Secara resmi diperkenalkan di hadapan publik pada beberapa waktu yang lalu, mobil ini diniagakan mulai dari Rp355.800.000 sampai dengan Rp370.800.000.

Melihat pesaing terdekatnya yang juga belum lama ini diluncurkan, Honda CR-V dibandrol dengan harga yang jauh lebih mahal, mulai dari Rp489.000.000 hingga Rp577.000.000. Mempunyai selisih harga hingga Rp100 jutaan, Wuling Almaz RS bisa menjadi opsi bagi sebagian calon konsumen ketika hendak mencari mobil idaman selain LSUV ataupun MPV.

3. Pembelian Hingga April 2021, Wuling Almaz RS Mendapat Diskon PPnBM?

Untuk menarik minat konsumen agar membeli mobil selama pandemi ini, Wuling Motors Indonesia memberikan diskon "subsidi PPnBM". Bukan semata relaksasi PPNBM dari pemerintah, tapi diskon langsung dari Wuling Motors hingga Rp16 jutaan terhadap Wuling Almaz RS, yang berlaku mulai dari mulai 29 Maret hingga 30 April 2021.

Harga Wuling Almaz RS 2021 Setelah Mendapat Subsidi
Tipe Harga OTR Jakarta Harga OTR Jakarta (Subsidi PPnBM) Hingga April 2021
Wuling Almaz RS Exclusive 5-seater Rp355.800.000 Rp340.800.000
Wuling Almaz RS Exclusive 7-seater Rp365.800.000 Rp350.300.000
Wuling Almaz RS Pro 7-seater Rp370.800.000 Rp354.800.000

Tidak sampai disitu, pihaknya juga memberikan layanan purna jual mulai dari garansi umum kendaraan 3 tahun atau 100.000 kilometer, garansi komponen utama mesin dan transmisi selama 5 tahun atau 100.000 kilometer, gratis biaya jasa servis berkala sampai 50.000 kilometer atau 4 tahun.

4. Apakah Wuling Almaz RS Mendapat Fitur Unggulan Lebih Lengkap Dari Sebelumnya?

FAQ: Terjawab Sudah Beberapa Pertanyaan Soal Wuling Almaz RS, Pantaskah Untuk Dimiliki? 03

Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) Wuling Almaz RS

Wuling Almaz RS dilengkapi dengan serangkaian teknologi yang terdepan di kelasnya. Mobil ini berhasil dibenamkan Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Fitur WISE terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS).

Bicara soal IoV, fitur ini dapat menghubungkan pengguna terhadap kendaraan melalui aplikasi MyWuling+ pada smartphone dengan head unit 10.4 inci yang didukung perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

Voice command ini dapat menjalankan pengoperasian wiper serta membuka tutup seluruh jendela dan empat mode pendingin udara yang terbagi menjadi mode hujan, mode segar, mode sejuk, dan mode langit.

FAQ: Terjawab Sudah Beberapa Pertanyaan Soal Wuling Almaz RS, Pantaskah Untuk Dimiliki? 04

Interior Wuling Almaz RS

Di dalam IoV, pengguna bisa merasakan teknologi berupa Vehicle Remote Control, Positioning and Geo-fencing, Bluetooth Key, Online Navigation, Online Music, Online Messaging.

Melihat ke teknologi terbarunya, Advanced Driver Assistance System (ADAS), fitur ini terbagi dalam empat kategori. Kategori pertama adalah Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

FAQ: Terjawab Sudah Beberapa Pertanyaan Soal Wuling Almaz RS, Pantaskah Untuk Dimiliki? 05

Tombol paling kanan LKA untuk memastikan Wuling Almaz RS akan selalu berjalan pada lajurnya 

Kategori selanjutnya ialah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). Kemudian, kategori ketiga, yaitu Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Sedangkan kategori terakhir yakni Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Baca juga: Beberapa Kekurangan Wuling Almaz yang Belum Banyak Orang Ketahui Kini Terungkap!

Mengenai fitur unggulan serta keselamatan lainnya, Wuling Almaz RS dilengkapi dengan panoramic sunroof, start-stop button, kamera 360 derajat, Electric Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Holding (AVH) dan Traction Control System (TCS), Hill Hold Control (HHC) Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Side Airbag hingga Emergency Stop Signal (ESS) yang dapat memberikan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Sebagai informasi, untuk varian Exclusive baik 5-seater maupun 7-seater mendapat penyunatan fitur ADAS berupa; Traffic Jam Assistance (TJA), Intelligent Cruise Assistance (ICA), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assistance (LKA) dan Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

5. Wuling Almaz RS Masih Mengandalkan Mesin Lawasnya?

FAQ: Terjawab Sudah Beberapa Pertanyaan Soal Wuling Almaz RS, Pantaskah Untuk Dimiliki? 06

Mesin 1.500 cc dengan turbo yang digunakan Wuling Almaz RS

Baru berumur dua tahun, Wuling Almaz sudah mendapatkan facelift di Tanah Air. Tampilan luar serta fitur untuk generasi terbarunya ini mendapatkan update guna memberikan kenyamanan dan gaya berkendara. Namun tidak soal mesinnya.

Wuling Motors Indonesia masih mempercayai performa mesin pada generasi pra facelift untuk tampilan anyarnya ini. Secara spesifikasi, mesin 1.5L In-line 4 Cylinders, DOHC DVVT With Turbocharger yang dibenamkan di balik bonnetnya yang besar ini mampu menghasilkan tenaga hingga 142 PS @5.200 Rpm serta torsi maksimal 250 Nm @1.800-3.600 Rpm, yang kemudian ditranslasi ke roda depannya menggunakan transmisi CVT 8-percepatan.

Kesimpulan

Beberapa pertanyaan mengenai Wuling Almaz RS berhasil kami sebutkan di atas. Jika kalian berencana mengupgrade kendaraan dari LSUV maupun MPV ke medium SUV, Wuling Almaz RS ini bisa menjadi pertimbangan.

Tidak hanya dibandrol dengan harga yang terjangkau di bawah Rp400 juta, mobil asal Tiongkok ini dilengkapi beragam fitur unggulan yang tidak kalah dari pesaingnya seperti Honda CR-V maupun Nissan X-Trail. Tidak hanya itu, tampilan luarnya juga tidak kalah atraktif dan sporty.

Bicara soal kenyamanan, mobil ini memiliki tingkat kesenyapan yang baik serta transmisi CVT yang dikawinkan dengan mesin turbo sehingga menghasilkan performa cukup besar.

Melihat beberapa parameter di atas apakah Anda tertarik membeli Wuling Almaz RS?

Baca juga: Test Drive Singkat Wuling Almaz RS, Bisa Bikin Malu Merek Jepang

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Wuling Almaz Smart Enjoy MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru