Great Wall Motors Sudah Daftarkan Paten Dua Mobil di Indonesia, Haval H6 dan Sedan Listrik

Evan · 21 Sep, 2021 14:08

Great Wall Motors Sudah Daftarkan Paten Dua Mobil di Indonesia, Haval H6 dan Sedan Listrik 01

Great Wall Motors (GWM) menjadi pabrikan asal Cina kesekian yang diisukan akan hadir di Tanah Air. Sebelumnya juga santer jika Chery bakal comeback di Indonesia dan Weltmeister yang sudah lebih dulu memajang satu unitnya di Jakarta.

Namun sepertinya GWM juga tak kalah seriusnya menghadapi peta persaingan industri otomotif dalam negeri. Sebab pabrikan Tiongkok ini sudah langsung menjalankan proses-proses yang perlu dilakukan untuk dapat beroperasi menjalankan bisnisnya, satu diantaranya dengan mendaftarkan hak paten.

Terungkap dari laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Kemenkumham RI). Pada dokumen tersebut terdapat desain dua mobil milik Great Wall yang mengajukan hak paten dengan nomor permohonan A00202101879 dan A00202101940 per 7 Juli 2021.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca Juga : Tawaran Spesifikasi Haval H6 HEV Bisa Bikin Mumet Honda CR-V dan Wuling Almaz

Dua Mobil Great Wall Motors Buat Indonesia

Great Wall Motors Sudah Daftarkan Paten Dua Mobil di Indonesia, Haval H6 dan Sedan Listrik 01

Mirip seperti ORA Lightning Cat

Di masing-masing dokumen tertera jelas soal nama pemohon, yang bertuliskan Great Wall Motor Company Limited. Ada juga alamat pemohon yang diisi No.2266 Chaoyang South St, Baoding, Hebei 071000, P.R China. 

Dari dua informasi tersebut sangat jelas bahwa memang benar hak paten didaftarkan atas nama Great Wall Motors. Selain itu juga desain mobil turut terlampir dalam dokumen walaupun memang tidak ada nama merek. Dari bentuk keduanya mirip dengan mobil konsep ORA Lightning Cat dan Haval H6.

Great Wall Motors Sudah Daftarkan Paten Dua Mobil di Indonesia, Haval H6 dan Sedan Listrik 02

Sama persis dengan Haval H6

Kedua mobil itu merupakan produk dua sub-brand dari Great Wall Motors, yaitu ORA dan Haval. Ada juga brand lain dibawah naungan GWM seperti TANK dan WEY yang membuat mobil dengan harga terjangkau.

ORA Lightning Cat Sedan Listrik Great Wall

Great Wall Motors Sudah Daftarkan Paten Dua Mobil di Indonesia, Haval H6 dan Sedan Listrik 03

Sedan listrik ORA 

ORA sendiri merupakan sub-brand dari GWM yang berfokus untuk memproduksi mobil-mobil listrik. Dan Lightning Cat adalah salah satunya. Mobil ini meluncur sebagai konsep di Shanghai Auto Show 2021 lalu dan banyak yang berkomentar kalau mobil ini terinspirasi dari Porsche.

Great Wall Motors Sudah Daftarkan Paten Dua Mobil di Indonesia, Haval H6 dan Sedan Listrik 04

Banyak mengambil inspirasi dari Porsche

Lihat saja tampilan depan yang serupa ditambah dengan garis atap melengkung khas Panamera. Belum lagi warna dual tone coklat abu-abu yang membuat mobil sedan listrik ini terlihat unik dan nyentrik.

Bagian kabin Lightning Cat menghadirkan suasana mewah lewat penggunaan jok kulit oranye terang di seluruh kursi, dasbor, dan panel pintu.

Great Wall Motors Sudah Daftarkan Paten Dua Mobil di Indonesia, Haval H6 dan Sedan Listrik 05

Interior modern dengan sedikit tombol

Di konsol tengah hadir pula dua layar sentuh untuk  hiburan dan pengaturan AC. Kesan minimalis juga terasa lewat sedikitnya tombol di kabin karena hampir semua digantikan layar, termasuk panel instrumen.

Great Wall Motors melengkapi Lightning Cat dengan sepasang motor listrik yang menyediakan penggerak ke seluruh roda. Menurut klaim, mobil versi produksi akan mampu mencapai 0-100 km/jam hanya dalam 3,5 detik.

Baca Juga : Mengenal SUV Terlaris di China, Haval H6 Calon Rival Honda CR-V dan Wuling Almaz

Haval H6 Si Penantang CR-V dengan Fitur Melimpah

Great Wall Motors Sudah Daftarkan Paten Dua Mobil di Indonesia, Haval H6 dan Sedan Listrik 06

Haval H6

Berbeda dengan ORA Lightning Cat yang masih dalam bentuk konsep, Haval H6 merupakan mobil yang saat ini sudah dipasarkan di beberapa negeri seperti Cina dan Australia. GWM menempatkan H6 sebagai Medium SUV sehingga akan langsung berhadapan dengan CR-V apabila meluncur nantinya.

Haval H6 baru saja mendapatkan ubahan lewat varian Supreme+ Edition yang meluncur di Chengdu Auto Show 2021 dengan tampilan depan yang lebih stylish dan tajam. Selain tipe SUV, GWM juga menghadirkan varian Hybrid dan Fastback lewat tipe H6 S.

Great Wall Motors Sudah Daftarkan Paten Dua Mobil di Indonesia, Haval H6 dan Sedan Listrik 07

Ada varian Hybrid dan Fastback

Urusan dapurpacu GWM mempercayakan dua pilihan mesin. Pertama adalah 1.5-liter turbo dengan output tenaga 162 PS dan torsi maksimum 280 Nm.

Pilihan kedua adalah 2.0-liter turbo yang sanggup memuntahkan tenaga 189 PS dan torsi maksimum 340 Nm. Masing-masing mesin kemudian dipasangkan ke transmisi otomatis 7 percepatan DCT dan penggerak roda depan.

Great Wall Motors Sudah Daftarkan Paten Dua Mobil di Indonesia, Haval H6 dan Sedan Listrik 08

Interior minimalis dan mewah

Interior mobil ini sangat futuristis lewat dua layar sentuh di konsol tengah dan area pengemudi yang masing-masing berfungsi sebagai pengatur hiburan dan panel instrumen. Material yang digunakan juga cukup bagus, menambah kesan mewah saat duduk di kabin.

Soal fitur keselamantan GWM juga tidak main-main, memberikan berbagai fitur canggih di antaranya Traffic Signal Recognition, Lane Keep Assist, dan Intelligence Cruise Assistance. Semua fitur ini ditambah dengan sistem keselamatan pasif standar seperti Airbag, ABS, EBD, BA, dan ESC.

Belum ada kepastian soal harga, tetapi melihat harga Haval H6 di Australia yang dibanderol mulai dari 27.990 AUD atau sekitar Rp 292 Juta tentunya membuat CR-V patut waspada.

Baca Juga : Debut Global All New Haval H6 Hybrid di Bangkok, Siap Tantang Wuling Almaz RS di Tanah Air

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda CRV 2.0L

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru