window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harganya Murah dan Pernah Jadi Andalan Mobil Polisi, Ini Kelebihan dan Kekurangan Kia Carens 1

Enda · 11 Feb, 2022 17:30

Harganya Murah dan Pernah Jadi Andalan Mobil Polisi, Ini Kelebihan dan Kekurangan Kia Carens 1 01

Kelebihan dan kekurangan Kia Carens 1

Mobil jenis MPV asal Negeri Gingseng, Kia Carens 1 pertama kali diperkenalkan ke Tanah Air pada pertengahan tahun 2000 dengan status impor utuh (CBU) dari negara asalnya. Bukan cuma digunakan sebagai kendaraan keluarga, generasi pertama Carens ini juga sempat dipakai sebagai mobil polisi untuk melakukan kegiatan patroli sehari-hari.

Hanya sanggup bertahan dua tahun sebelum digantikan dengan generasi keduanya, untuk harga bekasnya Carens 1 terbilang terjangkau. Seperti yang dilansir dari salah satu situs jual beli mobil bekas, mobil ini dibandrol mulai dari Rp30 jutaan.

Tertarik untuk membelinya? Sebelum membeli ada baiknya simak lebih dulu kelebihan dan kekurangan Kia Carens 1 berikut ini.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Mitsubishi Lancer EX yang Dipakai Jadi Mobil Polisi dengan Lancer Evo 10

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kelebihan Kia Carens 1

1. Interior Modern dengan Banyak Kompartemen Penyimpanan

Kelebihan dan kekurangan Kia Carens 1

Kia Carens 1 punya laci penyimpanan cukup banyak

Mengenai tampilan interiornya, Kia Carens 1 terbilang modern. Secara bentuk mobil ini hadir dengan desain membulat serta dilengkapi dengan kompartemen penyimpanan cukup banyak. Dengan begitu kalian tidak perlu repot ketika ingin meletakan barang bawaan disaat berkendara.

Untuk fitur yang ada didalamnya, kalian bisa menjumpai adanya AC, sistem infotaiment single din yang bisa diupgrade menjadi double din, power window, tilt steering, dan power steering. Mengetahui fitur keselamatan yang ada, Carens 1 sudah dibekali dengan airbag, dan ABS pada sistem pengeremannya.

2. Sanggup Dimuati Tujuh Penumpang Dewasa

Kelebihan dan kekurangan Kia Carens 1

Kia Carens 1 sanggup diisi hingga 7 orang sekaligus

Secara konfigurasi, Kia Carens 1 memiliki tiga baris dengan struktur 2+3+2. Pada baris belakangnya sendiri bisa dimuati penumpang dewasa namun terasa kurang begitu nyaman. Hal ini dikarenakan baris ketiganya memiliki leg room yang sempit sehingga lebih cocok disinggahi oleh anak-anak.

3. Kia Carens 1 Memiliki Bantingan yang Empuk

Kelebihan dan kekurangan Kia Carens 1

Suspensi Kia Carens 1 terbilang empuk

Kia Carens 1 dibekali suspensi berjeniskan McPherson strut independen di bagian depan dan independen multi-link pada roda belakangnya. Alhasil perpaduan antara bobot, dimensi dan suspensi yang digunakan menghasilkan tingkat kenyamanan yang terasa cukup nyaman dan reliable.

Memiliki karakter yang empuk, ternyata mobil ini cukup lincah ketika bermanuver dan minim gejala body roll, nice!

4. Pajak Kia Carens 1 Terjangkau

Kelebihan dan kekurangan Kia Carens 1

Pajak Kia Carens 1 cukup terjangkau

Selain harga yang murah, Kia Carens 1 juga memiliki pajak yang terjangkau. Seperti yang diketahui, setiap tahunnya pemilik hanya cukup mengeluarkan biaya Rp1 jutaan untuk pajaknya.

5. Mesin Kia Carens 1 Terbilang Bandel

Kelebihan dan kekurangan Kia Carens 1

Mesin 1.8L yang disematkan pada Kia Carens 1

Kia Carens Gen-1 berhasil disematkan mesin bensin multi point injection 4-silinder segaris DOHC berkubikasi 1.793 cc yang mampu melecutkan tenaga hingga 130 Hp pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 170 Nm pada 4.500 rpm. Jantung pacu yang digunakan memiliki tingkat durabilitas tinggi sehingga jarang sekali pemiliknya mengalami kendala disaat perjalanan. Oh iya, untuk transmisinya Carens 1 ditawarkan dua pilihan, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Sebagai informasi, mobil ini memiliki akselerasi yang baik pada tarikan atasnya. Namun, untuk tingkat responsif ditarikan bawahnya cenderung lemot.

Baca juga: Mulai Rp80 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Terios ‘Konde’ yang Wajib Diketahui

Kekurangan Kia Carens 1

1. Sistem pencahayaan kurang maksimal

Kelebihan dan kekurangan Kia Carens 1

Head lamp Kia Carens 1 mudah kusam

Secara kualitas head lamp Kia Carens 1 tidak cukup baik. Dimana mika pada lampu utamanya tersebut mudah kusam sehingga menyebabkan berkurangnya visibilitas mengemudi di malam hari.

2. Bagasi Kia Carens 1 Sempit

Dalam posisi semua jok ditegakan, kapasitas muat barang di belakang Kia Carens 1 terbilang sempit. Hal ini tentunya sedikit merepotkan ketika ingin berpergian bersama keluarga besar.

3. Boros Bahan Bakar

Kelebihan dan kekurangan Kia Carens 1

BBM Kia Carens 1 terbilang boros

Bicara soal konsumsi bahan bakarnya, Kia Carens 1 terbilang boros. Seperti beberapa sumber menyebutkan, pemakaian dalam kotanya mobil ini dapat menempuh jarak 6-9 km/liter. Sedangkan untuk luar kota, konsumsi BBM nya berada di angka 10-12 km/liter.

4. Suku Cadang Cukup Langka

Melihat populasinya yang semakin sedikit, untuk suku cadang khususnya parts body Kia Carens 1 terbilang cukup langka. Meski begitu kalian tidak perlu khawatir, pasalnya dibeberapa marketplace suku cadang mobil ini masih bisa ditemukan baik dari ori hingga KW.

Apabila masih dirasa sulit mendapatkan suku cadang yang dibutuhkan, kalian bisa mendatangi toko copotan mobil bekas.

Kesimpulan

Dibandrol Rp30 jutaan, Kia Carens 1 bisa menjadi alternatif untuk kalian yang sedang mencari mobil keluarga dengan harga terjangkau. Selain bentuknya yang terbilang modern, mobil ini juga memiliki mesin dengan durabilitas tinggi, nyaman digunakan, dan mempunyai fitur cukup baik.

Hanya saja kendala mobil ini ada pada suku cadang serta jaringan servisnya yang tidak sebanyak mobil Jepangan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Kia Carens 1.4T Premiere (6 seats) 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil