window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Honda City Hatchback 2021 Sudah Rilis di ASEAN, Cuma di Singapura yang Pertahankan Honda Jazz

Dhoni · 15 Mar, 2021 13:00

Honda City Hatchback 2021 Sudah Rilis di ASEAN, Cuma di Singapura yang Pertahankan Honda Jazz 01

Honda Jazz 2021 akan dihadirkan di Singapura

Setelah kemunculan Honda City Hatchback, semua perhatian dari Negara-negara ASEAN tertuju pada Honda Jazz gen GK5 dipastikan telah dihapus dari line up Honda. Tetapi hanya Singapura yang malah merilis Honda Jazz gen 4 (sasis berkode GR) dan segera menghadirkan varian e:HEV.

Baca juga: Ini Dia 5 Hal yang Bisa Bikin Honda City Hatchback 2021 Ulangi Kesuksesan Honda Jazz

Di Indonesia, Honda Jazz secara resmi telah hadir setelah dua tahun perkenalannya untuk pasar Jepang pada 2001 dengan mengusung nama Honda Fit. Honda Jazz dihadirkan PT Honda Prospect Motor (HPM) dari Thailand dalam model Completely Knock Down (CKD) dan Completely Built Up (CBU).

Honda City Hatchback 2021 Sudah Rilis di ASEAN, Cuma di Singapura yang Pertahankan Honda Jazz 02

Honda Fit atau Honda Jazz di Jepang

Perbedaan Honda Jazz CBU dan CKD terlihat pada penggunaan velg model palang lima, ground clearance di versi CBU lebih rendah dan logo Saint Gobain Sekurit pada bagian belakang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Honda Jazz hanya hadir hingga generasi ketiga saja dan bertahan selama 18 tahun. Kini kiprah city car yang memiliki dimensi kompak tetapi menyediakan ruang cukup besar pada bagian kabinnya, akhirnya harus tergantikan oleh Honda City Hatchback RS 20221.

Untuk dihapuskannya Honda jazz di Indonesia, Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM mengatakan kalau Honda Jazz terbaru menurut riset HPM tidak sesuai dengan selera konsumen di Indonesia. 

Harga Honda Civic Hatchback RS 2021 di Indonesia Belum Diumumkan 

Honda City Hatchback RS 2021 yang telah diperkenalkan di Indonesia pada Rabu (03/03), belum diumumkan harga resminya oleh PT HPM.  Khusus Honda Civic Hatchback di Indonesia hadir dalam tipe Honda City Hatchback RS M/T dan Honda City Hatchback RS CVT.

Honda City Hatchback 2021 Sudah Rilis di ASEAN, Cuma di Singapura yang Pertahankan Honda Jazz 01

Honda Civic Hatchback RS 2021 Indonesia

Keduanya menggunakan mesin 1,5 liter dengan kode L15B dengan teknologi i-VTEC DOHC. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga maksimal 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi puncak hingga 145 Nm pada 4.600 rpm. Berbeda dengan Honda City Hatchback RS 2021 versi Thailand yang menggunakan mesin Honda 3-silinder 1,0 liter turbo berteknologi i-VTEC.

Kenapa Honda Jazz Tetap Hadir di Singapura? 

Dengan menyesuaikan pergeseran permintaan pasar yang dinilai lebih menyukai model SUV sehingga pihak Honda Motor Corporation lantas ingin mengakhiri kiprah Honda Jazz. Lalu kenapa KAH Motor sebagai distributor Honda di Singapura masih tetap menghadirkan Honda Jazz? 

Pada dasarnya, alasan KAH Motor tetap menghadirkan Honda Jazz di Singapura cukup sederhana. Pasar otomotif di Singapura masih menganut sistem terbuka, tidak seperti di Indonesia, Malaysia, Thailand maupun Negara di ASEAN lainnya.

Honda City Hatchback 2021 Sudah Rilis di ASEAN, Cuma di Singapura yang Pertahankan Honda Jazz 02

Honda Jazz e:HEV akan hadir di Singapura

Sistem pajak di Singapura hanya mengacu pada dua unsur, yaitu kapasitas mesin dan tenaga yang dikeluarkan dari mobil. Tidak ada spesifikasi khusus sehingga Perjanjian Perdagangan Bebas ASEAN (Asean Free Trade Agreement-AFTA) tidak sesuai dan tidak digunakan oleh pemerintahan Singapura.

Dengan sistem dagang yang digunakan oleh pemerintah Singapura, membuat mobil yang dihadirkan secara impor dari Thailand maupun Jepang tidak ada perbedaan pajak.

Perjanjian AFTA bagi Indonesia, sebenarnya cukup menguntungkan karena dapat meningkatkan ekspor mobil-mobil buatan dalam negeri ke Negara lainnya di ASEAN (sesuai kesepahaman AFTA). Walau saat ini, Honda Indonesia sedang mendapatkan halangan dalam mengirimkan mobil buatannya ke Philipina.

Alasan lainnya untuk kehadiran Honda Jazz yang tetap dipertahankan adalah konsumen di Singapura masih sangat menyukai mobil model CBU dari Jepang. Para importir umum dapat melakukan penjualan dengan cepat dan memperoleh keuntungan besar dengan mobil versi Jepang.

Penjualannya cukup berbeda dengan importir resmi yang menghadirkan mobil Honda dari Thailand. Padahal mobil yang dihadirkan dari Jepang merupakan hasil rekondisi.

Honda Jazz masih tersedia di Singapura

Dengan mengacu pada fakta di atas, alasan Honda Jazz yang masih dihadirkan di Singapura karena konsumen di Negara ini masih sangat menyukai mobil-mobil buatan Jepang, dibanding Negara lainnya di ASEAN.

Honda City Hatchback 2021 Sudah Rilis di ASEAN, Cuma di Singapura yang Pertahankan Honda Jazz 03

Honda Civic Hatchback RS 2021

Tentu saja Honda Civic Hatchback RS 2021 yang saat ini beredar di ASEAN merupakan hasil produksi Thailand dan Indonesia kurang menarik minat konsumen di Singapura. Walaupun dari hasil jejak pendapat di Jepang, sebanyak 77% menyatakan sangat menyukai Honda City Hatchback RS 2021 karena dianggap sebagai penerus spiritual dari Honda Civic generasi pertama. Harga Honda Civic saat ini memang lebih tinggi dibanding Harga Honda City Hatcback RS 2021

 

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda City Hatchback RS 1.5 M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil