Suzuki Baleno 2022 Alami Rombakan Wajah Demi Hadapi City Hatchback

Prasetyo · 27 Agu, 2021 13:06

Suzuki Baleno 2022 Alami Rombakan Wajah Demi Hadapi City Hatchback 01

Suzuki Baleno hatchback di Indonesia posisinya menggantikan Suzuki Swift. Namun di negara lain, kedua model ini dipasarkan berdampingan. Dan setelah Swift datang dengan model barunya, giliran Baleno yang kabarnya akan segera dirombak.

Dikutip dari Motorbeam, Maruti Suzuki di India sedang mempersiapkan Suzuki Baleno 2022. Model baru dari Baleno ini diyakini akan mengalami perubahan pada bagain wajah dan belakangnya.

Suzuki Baleno Terbaru Mulai Diuji Jalan

Suzuki Baleno 2022 -1

Spyshoot Baleno terbaru di India

Prediksi akan datangnya Suzuki Baleno 2022 terlihat dari penampakan hatchback ini di jalan raya. Dilaporkan oleh media lokal tersebut, seseorang telah berhasil mengabadikan sosok mobil ini yang masih tertutup kamuflase.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Foto tersebut hanya menampakkan bagian belakang mobil ini. Tapi beberapa detilnya sedikit banyak bisa diterka. Contohnya ukuran lampu belakang yang terlihat lebih kecil dan lebih ramping dibandingkan dengan Baleno hatchback saat ini.

Baca juga : Beda Rp54 Juta, Kenapa Suzuki Baleno Lebih Oke Daripada Honda City Hatchback 2021?

Suzuki Baleno 2022 -2

Tampak belakang Baleno saat ini

Kemudian dari foto itu juga terlihat mobil akan menggunakan spoiler atap. Lalu lengkung pintu bagasinya juga terlihat sedikit lebih menonjol. Apakah akan ada perbedaan juga dari lekuk bemper belakang, sayangnya ini masih sulit ditebak lantaran tertutup kain kamuflase secara menyeluruh.

Bagian Depan Akan Lebih Agresif

Sayang sekali foto penampakan Suzuki Baleno Hatchback 2022 itu hanya di bagian belakang. Meski demikian diyakini akan ada sejumlah perubahan pula pada tampak depan mobil ini. Misalnya revisi pada bagian gril, foglamp housing, dan bemper.

Suzuki Baleno 2022 -3

Diyakini bagian depannya akan lebih agresif

Bentuk lampu utama diperkirakan tidak berubah, kalau pun ada perubahan hanya sedikit lebih ramping atau lebih runcing, serta menggunakan full LED.

Kemudian yang juga rasanya besar kemungkinan akan berubah adalah satu set velg yang bakal terpasang di model terbaru ini. Walaupun ukurannya mungkin akan tetap sama, tapi desainnya dirasa bakal lebih sporty.

Baca juga : Honda City Hatchback RS Tak Terbendung Jadi Raja Hatchback Indonesia, Toyota Yaris Makin Terpuruk

Penjualan Suzuki Baleno di Indonesia Masih Cukup Kuat

Suzuki Baleno 2022 -4

Hatchback yang menyenangkan untuk dikendarai

Seperti yang sudah disinggung di awal tulisan ini kalau di Indonesia Baleno diposisikan sebagai pengganti Swift. Segmennya ada di compact hatchback yang diisi dua pemain besar yakni Honda City Hatchback dan Toyota Yaris.

Dibanding dua rivalnya itu, penjualan Baleno hatchback memang masih paling rendah. walau demikian secara umum sebenarnya tidak mengecewakan. Catatan GAIKINDO untuk wholesales Suzuki Baleno di Indonesia per Juli 2021 adalah 95 unit. Sementara total capaian penjualan Baleno di tujuh bulan tahun ini sudah 1.644 unit.

Suzuki Baleno 2022 -5

Baleno harus menghadapi City Hatchback

Hatchback ini pertama kali diperkenalkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada ajang GAIKINDO Indonesia Auto Show (GIIAS) 2017. Mesinnya berkodekan K14B dengan kapasitas isi silinder 1.373 cc. Mesin ini mampu memproduksi daya hingga 92 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 130 Nm di 4.200 rpm.

Ada dua varian dari Baleno Hatchback di Indonesia yakni yang bertramsmisi otomatis dan yang pakai gearbox manual 5 percepatan. Masing-masing harganya Rp247.500.000 dan Rp235.000.000.

Untuk bisa merangsang pasar agar konsumen beralih ke Baleno, Suzuki memang perlu menghadirkan model facelift dari mobil ini. Sehingga bisa sedikit melawan Honda City Hatchback yang harganya lebih mahal Rp50 jutaan.

Baca juga : Perbandingan Kia Rio 2021 vs Suzuki Baleno, Kuda Hitam di Segmen Hatchback

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru