Ini Alasan Honda City Hatchback Akan Lebih Diminati dari Honda City Sedan

Enda · 26 Jan 2021 11:05

Honda City Hatchback 2021

Kabar mengenai kehadiran Honda City Hatchback di Tanah Air terdengar semakin santer beberapa hari belakangan ini. Setelah berhasil melantai di dua negara di kawasan Asia Tenggara, yakni Thailand dan Malaysia, negara selanjutnya yang diperkirakan akan menerima model terbaru Honda City ini adalah Indonesia.

Meski PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang merek mobil Honda di Tanah Air masih memilih tidak bicara banyak ketika disinggung soal kehadiran Honda City terbaru, namun menurut laman Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) samsat DKI Jakarta terpampang jelas bahwa akan ada tiga model Honda City generasi ke-5 untuk tahun ini.

Tiga nama City Car terbaru Honda yang berhasil didaftarkan tahun ini adalah Honda City Hatchback 1.5L RS CVT, Honda City Hatchback 1.5L RS MT dan Honda City E CVT. Varian E CVT tanpa embel-embel hatchback diperkirakan merupakan versi sedannya.

Meski diperkirakan turut menampilkan versi sedan, Honda City varian hatchback diramalkan akan lebih banyak diminati. Mengapa bisa demikian?

Berikut alasan mengapa Honda City Hatchback bakal lebih diminati dari varian sedan.

Punya tampilan lebih sporty, Honda City Hatchback bakal lebih disukai

Tampilan depan Honda City Hathcback 2021

Mengusung tema “Energetic, the H Atchback” Honda City Hatchback dan sedan memiliki tampilan luar yang terlihat agresif dan futuristik. Kedua model ini berhasil disematkan grille bernuansa hitam mengkilap yang dipadukan dengan bumper depan dan belakang yang terlihat agresif.

Pada lampu utamanya, Honda City Hatchback dan sedan mendapatkan headlight with LED daytime driving light.

Namun, pada bagian lingkar roda Honda City Hatchback memakai velg yang didesain dengan nuansa lebih sporty berkat penggunaan velg berukuran 16 inci (Tipe RS). Sedangkan trim sedan menggunakan velg lebih kecil berukuran 15 inci.

Tampilan belakang Honda City Hatchback 2021

Tampilan belakangnya, Honda City Hatchback terlihat lebih sporty dari pada versi sedannya. Semua ini berkat pengaplikasian bumper berpenampilan sport dengan lekukan garis tegas di kedua bagian sisinya, serta disematkannya body kit dengan aksen hitam dibawahnya.

Bukan hanya itu, stoplamp Honda City Hatchback dibuat lebih dinamis dengan bentuk meruncing berteknologi LED didalamnya, sebagai sinyal cahaya lampu untuk mengurangi kecepatan.

Tampilan samping Honda City Hatchback 2021

Selain itu, varian hatchback dari Honda City terbaru ini bakal lebih disukai kaula muda karena memiliki tampilan belakang yang jauh lebih keren dari varian sedannya.

Bicara mengenai mobil hatchback, di Tanah Air mobil jenis ini lebih digandrungi dibanyak kelas ketimbang city car berbentuk sedan. Dengan begitu, nantinya diharapkan Honda City Hatchback bisa menjadi salah satu tulang punggung penjualan Honda selain Brio di segmen hatchback-nya.

Terlihat lebih kompak, Honda City Hatchback lebih cocok digunakan di kota besar

Honda City Hatchback 2021 Vs Honda City Sedan 2021 

Digadang-gadang sebagai suksesor Honda Jazz yang kabarnya akan disuntik mati, Honda City Hatchback ini diketahui memiliki dimensi yang lebih kompak dibandingkan varian sedan.

Dengan begitu, Honda City Hatchback akan lebih banyak diminati khususnya di kota-kota besar. Mempunyai dimensi yang lebih pendek dari varian sedan, Honda City Hatchback dirasa akan lebih mudah dikendarai ketika menembus kemacetan.

Berikut table perbandingan dimensi Honda City Hatchback vs Honda City Sedan.

Dimensi Honda City 2021
Keterangan Honda City Hatchback Honda City Sedan
Panjang 4.349 mm

4.553 mm

Lebar 1.748 mm

1.748 mm

Tinggi 1.488 mm

1.467 mm

Honda City Hatchback bakal lebih laris karena lebih murah dari varian sedannya

Informasi NJKB Honda City Hatchback 2021

Tidak hanya memiliki tampilan yang terlihat lebih sporty, serta dimensi lebih kompak dibandingkan versi sedan, Honda City Hatchback juga diprediksi akan lebih laris karena memiliki harga yang lebih terjangkau menurut data mobil yang terdaftar di NJKB samsat DKI Jakarta tahun ini.

Tampilan harga NJKB Honda City Hatchback maupun Honda City Sedan generasi ke-5 yang terdaftar di samsat DKI Jakarta merupakan harga dasar pada kendaraan. Bisa dipastikan Honda City generasi ke-5 ini akan dibandrol dengan angka menembus Rp300 juta setelah dikenai pajak dan biaya administrasi lainnya.

Oh iya, menurut data, Honda City Hatchback masuk dalam golongan minibus, sedangkan Honda City Sedan terdaftar pada segmen sedan.

Informasi NJKB Honda City Sedan 2021

Dalam daftar NJKB, tak heran bila Honda City Sedan relatif lebih mahal dari varian hatchback. Hal ini dikarenakan mobil golongan sedan dikenakan dikenakan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).

Interior Honda City Hatchback terlihat lebih sporty

Tampilan dalam Honda City Hatchback 2021

Bagian dalam kabin Honda City Hatchback yang kabarnya akan masuk ke Indonesia tahun ini terlihat sporty dengan desain baru jok suede berhias garis merah. Tampilan jok Honda City Hatchback didominasi nuansa hitam yang disatukan dengan jahitan benang berwarna merah ini hanya bisa ditemukan pada varian RS.

Data pada NJKB samsat DKI Jakarta, Honda Hatchback varian RS berhasil didaftarkan. RS ini merupakan varian tertinggi pada Honda City. Varian RS sendiri pada NJKB, belum mencantumkan nama Honda City Sedan.

Tampilan speedometer Honda City Hatchback 2021

Pada layar MID Honda City Hatchback RS ini disematkan lampu dengan cahaya merah yang memberi kesan sporty.

Mengusung konsep ‘Ambitious Beauty’, kabin Honda City Hatchback terlihat sederhana namun memberikan tampilan yang modern. Terlebih digunakannya bahan pelapis premium membuat Honda City Hatchback mampu menampilkan kesan yang elegan.

Selain itu, demi memberikan kenyamanan berkendara, bagian jok menggunakan ‘ultrasound seat’ yang tampilannya dibuat melebar.

Mesin Honda City terbaru ternyata berbeda dengan Honda Jazz

Mesin Honda City Hatchback 2021

Sempat beredar rumor bahwa Honda City Hatchback maupun sedan akan menggunakan mesin yang sama dengan Honda Jazz. Namun, pada kenyataan mesin yang digunakan kedua varian Honda City akan berbeda.

Honda City terbaru yang lebih dulu meluncur di negara tetangga dibenamkan mesin 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC i-VTEC. Mesin berkubikasi 1.498 cc ini mampu memeras tenaga sebesar 121 PS @6.600 Rpm dengan torsi 145 Nm @4.300 Rpm.

Bila dibandingkan dengan mesin yang ada pada Honda Jazz, tenaga yang dimiliki Honda City terbaru ini sedikit lebih besar. Honda Jazz yang ada di Indonesia, ditanami mesin 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW, PGM-FI yang mampu melecutkan tenaga 120PS @6.600 Rpm serta torsi maksimal 145Nm @4.600 Rpm.

Kesimpulan

Honda City Hatchback maupun sedan diperkirakan akan masuk ke Indonesia tahun ini. Untuk saat ini, menurut data yang diperoleh dari NJKB samsat DKI Jakarta, Honda City Hatchback tercatat akan hadir dalam dua varian, Honda City Hatchback 1.5L RS CVT dan Honda City Hatchback 1.5L RS MT. Sedangkan Honda City Sedan, baru menampilkan satu tipe saja, yakni Honda City E CVT.

Tercatat masuk dalam kategori minibus, Honda City Hatchback bakal dibandrol lebih murah dari varian sedannya. Hal ini dikarenakan katergori mobil minibus tidak akan dikenakan biaya PPnBM.

Diperkirakan akan dibandrol lebih murah dari varian sedannya, Honda City Hatchback diramalkan akan menjadi salah satu flagship selain Honda Brio di segmen city car berpenampilan hatchback.

Komentar

Mobil Terbaru