window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Bedanya Suzuki Ertiga 2022 vs yang Lama, Pakai Mesin Baru Bikin Iritnya Kebangetan

Prasetyo · 18 Apr, 2022 11:26

Ini Bedanya Suzuki Ertiga 2022 vs yang Lama, Pakai Mesin Baru Bikin Iritnya Kebangetan 01

  • Suzuki Ertiga 2022 sebenarnya mengalami cukup banyak perubahan.
  • Bukan hanya dari mesin dan transmisi, namun eksterior dan interiornya juga berbeda dibanding Suzuki Ertiga lama.
  • SIS berniat meluncurkan Suzuki Ertiga Hybrid 2022 ini dalam waktu dekat.

Suzuki Ertiga 2022 sudah resmi diluncurkan di India. Dan kabarnya tidak bakal lama lagi MPV 7 penumpang itu juga akan dirilis di Indonesia. Sedikti demi sedikit sinyal hadirnya Suzuki Ertiga terbaru sudah dilemparkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Tanda pertama ialah dengan munculnya platform Suzuki Smart Hybrid di IIMS 2022 lalu. Ini pun terbukti kalau Suzuki Ertiga 2022 ternyata pakai mesin dan sistem hybrid yang juga baru. Bahkan transmisinya pun baru.

Ini Bedanya Suzuki Ertiga 2022 vs yang Lama, Pakai Mesin Baru Bikin Iritnya Kebangetan 02

Sistem hybrid di Ertiga 2022 juga dapat tambahan baterai lithium

Lantas pernyataan petinggi SIS pun sudah menyerempet ke arah jadwal perilisan Ertiga Hybrid ini. Yulius Purwantoro, Head of Product Development SIS meskipun tidak merinci waktu peluncurannya, namun dijelaskan olehnya bakal meluncur sebentar lagi. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Fix-nya kapan belum, tapi yang jelas tidak akan lama lagi kami dari Suzuki akan luncurkan kendaraan yang disematkan Smart Hybrid," sebut Yulius di IIMS 2022 kala itu. Sementara sumber internal lain yang namanya tak mau disebut menuturkan, besar kemungkinan Suzuki Ertiga 2022 akan hadir pasca Lebaran atau sekitar Mei 2022.

Baca juga : Suzuki Ertiga 2022 Resmi Diluncurkan, Pakai Mesin Hybrid, Harganya Bikin Avanza Minder

Apa yang Berubah di Eksterior Suzuki Ertiga 2022?

Ini Bedanya Suzuki Ertiga 2022 vs yang Lama, Pakai Mesin Baru Bikin Iritnya Kebangetan 01

Fascia depannya berubah

Mengingat kemunculannya tidak lama lagi, maka tak ada salahnya kita melihat seperti apa perubahan pada Ertiga 2022 di India dengan Ertiga versi Indonesia saat ini. Kita awali dari desain ekteriornya.

Ini Bedanya Suzuki Ertiga 2022 vs yang Lama, Pakai Mesin Baru Bikin Iritnya Kebangetan 02

Suzuki Ertiga yang saat ini dijual di Indonesia

Secara dimensi tak ada yang berubah antara Ertiga baru dan lama. Namun perbedaan paling terlihat adalah gril depannya. Pola motifnya terlihat lebih agresif serta pakai kombinasi silver dan hitam, beda dengan generasi sebelumnya yang hanya pakai satu warna.

Ini Bedanya Suzuki Ertiga 2022 vs yang Lama, Pakai Mesin Baru Bikin Iritnya Kebangetan 03

Ada garnish belakang dan desain velg juga berubah

Kemudian desain velg juga berubah serta kini pakai kelir two tone. Lantas kalau diperhatikan, pada pintu bagasi belakang di model terbaru ini ditambahkan chrome garnish.

Dimensi Suzuki Ertiga 2022
Panjang 4.395 mm
Lebar 1.735 mm
Tinggi 1.690 mm
Jarak sumbu roda 2.740 mm
Radius putar 5,2 m
Kapasitas tempat duduk 7
Ukuran roda 185/65/R15

Interior Suzuki Ertiga Terbaru Lebih Cerah

Ini Bedanya Suzuki Ertiga 2022 vs yang Lama, Pakai Mesin Baru Bikin Iritnya Kebangetan 04

Aksen kayu yang digunakan lebih cerah

Kini kita bahas soal desian kabinnya. Ubahan minor juga terjadi disini. Antara lain dari motif aksen kayu yang digunakan di dasboard dan setir. Warnanya sedikit lebih cerah, dan tidak dibuat mengkilap seperti sebelumnya.

Baca juga : Avanza dan Xpander Wajib Siaga, Suzuki Ertiga Hybrid 2022 untuk Indonesia Rilis Bulan Ini?

Ini Bedanya Suzuki Ertiga 2022 vs yang Lama, Pakai Mesin Baru Bikin Iritnya Kebangetan 05

Interior Suzuki Ertiga lama

Kemudian pada area setir juga ada perubahan karena di Ertiga 2022 ditambahkan paddle shift khusus untuk varian transmisi matic. Lantas pada bagian sisi kiri dan kananya sudah terdapat beberapa tombol pengoperasian fitur termasuk audio streering switch.

Ini Bedanya Suzuki Ertiga 2022 vs yang Lama, Pakai Mesin Baru Bikin Iritnya Kebangetan 06

Paddle shift dan monitor baru

Oh ya, di bagian tengah dasboard juga ada headunit 7 inci. Monitor ini sekilas sama dengan Ertiga seelumnya, padahal didalamnya telah tersemat fitur Voice Command "Hi Suzuki", Smartplay Pro dan Suzuki Connect.

Ini Bedanya Suzuki Ertiga 2022 vs yang Lama, Pakai Mesin Baru Bikin Iritnya Kebangetan 07

Bisa nyalakan AC secara remote

Fitur yang terakhir memungkinkan mobil Anda terhubung dengan sistem aplikasi mobile pada ponsel. Gunanya agar bisa membuka atau mengunci pintu, menyalakan AC, dan sebagainya dari jarak jauh.

Mesin dengan Konsumsi BBM Hingga 20,51 Km/Liter

Ini Bedanya Suzuki Ertiga 2022 vs yang Lama, Pakai Mesin Baru Bikin Iritnya Kebangetan 08

Mesin K Series generasi terbaru dari Suzuki

Bagian yang mengalami banyak perubahan di Suzuki Ertiga 2022 yakni sektor mesin. Karena Suzuki menggunakan mesin berkode K15C dengan Smart hybrid Technology.

Mesin berkubikasi 1.462 cc itu mampu menghasilkan tenaga 103 PS di 6.000 rpm dengan torsi 137 Nm di 4.400 rpm. Dibanding mesin K15B pada Ertiga sebelumnya, mesin baru ini sebenarnya lebih rendah 2 PS dan torsinya pun turun 1 Nm.

Perbandingan Mesin
  Suzuki Ertiga 2022 Ertiga lama
Tipe mesin K15C Smart Hybrid K15B
Kapasitas silinder 1.462 cc 1.462 cc
Daya maksimum 103 PS @6.000 rpm 105 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum 137 Nm @4.400 rpm 138 Nm @4.400 rpm
Transmisi 5-speed manual 5-speed manual
  6-speed automatic with paddle shift 4-speed automatic

Namun karena menggunakan teknologi Smart Hybrid, konsumsi BBM (Bahan Bakar Minyak) menjadi sangat mengesankan. Suzuki mengklaim, konsumsi BBM Ertiga 2022 mencapai 20,51 km/liter untuk yang menggunakan transmisi manual, dan 20,3 km/liter untuk yang terpasan transmisi otomatis 6 percepatan.

Baca juga : Bedah Teknologi Smart Hybrid untuk Suzuki Ertiga dan XL7 2022, Ditambah Baterai Listrik Makin Irit Bensin

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil