window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jadi Varian Baru, Suzuki Ertiga Suzuki Sport Suguhi Fitur Komplit Penampilan Sporty

Yongki Sanjaya · 13 Okt, 2020 16:00

Jadi Varian Baru, Suzuki Ertiga Suzuki Sport Suguhi Fitur Komplit Penampilan Sporty 01

Suzuki Ertiga kini memiliki varian baru yang disebut Suzuki Sport. Posisinya mengisi tipe tertinggi layaknya Veloz pada Toyota Avanza di masa lalu. Kehadiran Ertiga Suzuki Sport ini menggantikan posisi Ertiga Drezza yang discontinued. 

Berbeda dari Drezza yang menjual kemewahan, Ertiga Suzuki Sport menyuguhkan aksen sporty dari permainan body kit. Selain itu, ada penambahan fitur yang tidak tersedia pada varian lainnya dari Suzuki All New Ertiga. 

Suzuki Ertiga Suzuki Sport dijual dengan harga mencapai Rp 260 juta. Dengan harga melebihi seperempat miliar rupiah, pastinya bukan cuma membayar body kit genuine bukan? 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jawabnya tidak, karena secara umum basis Ertiga Suzuki Sport memakai tipe GX. Namun, ada gimmick yang membuat Ertiga Suzuki Sport layak jadi pilihan. Hal yang patut jadi pertimbangan yaitu statusnya yang cuma ada di satu generasi. 

PT Suzuki Indomobil Sales menambah 11 fitur pembaharuan yang membuat Ertiga Suzuki Sport lebih agresif dan sesuai dengan tren otomotif saat ini. 

Fakta ini berkaca pada kondisi yang terjadi pada Ertiga Drezza yang tidak berlanjut di generasi kedua. Padahal, varian ini cukup menarik, dan akhirnya statusnya jadi limited. Daripada penasaran, ayo kita ulas sosok Ertiga Suzuki Sport ini. 

Eksterior Ertiga Suzuki Sport Full Body Kit

Jadi Varian Baru, Suzuki Ertiga Suzuki Sport Suguhi Fitur Komplit Penampilan Sporty 01

Khusus untuk konsumen yang mencari mobil bertema agresif, Suzuki Ertiga hadir dalam varian Suzuki Sport. Tipe ini sesuai dengan namanya memiliki gaya sporty. Suzuki Ertiga Sport ini mengambil basis dari Ertiga tipe GX. Pembaharuan di sisi eksterior Ertiga Sport meliputi tambahan body kit seperti Upper & Lower Front Grille, Front Under Spoiler, Side Under Spoiler, Rear Upper & Under Spoiler. Di pintu belakang terpasang emblem Suzuki Sport untuk membedakannya dengan varian standar.

Pada bagian depan, terdapat grill ala 'HoneyComb' plus list berwarna silver dibagian bawahnya. Terdapat add on spoiler memberikan karakter gagah. Terlebih lagi dengan DRL tersemat membingkai foglamp sebagai pembeda dengan tipe dibawahnya. 

Patut disayangkan, headlamp Suzuki All New Ertiga Sport masih menggunakan model lama yakni projector, namun masih menggunakan model lampu halogen dengan lampu jauh yang mengandalkan multi-reflector. Begitu pula pada lampu belakang yang tidak mengalami perubahan.

Ragam Fitur 'Limited' di Ertiga Suzuki Sport

Jadi Varian Baru, Suzuki Ertiga Suzuki Sport Suguhi Fitur Komplit Penampilan Sporty 02

Ertiga Suzuki Sport juga mendapat tambahan fitur Daytime Running Light dan defogger untuk membantu pengemudi saat cuaca buruk. Pengemudi juga kian mudah dalam parkir dengan adanya rear camera parking.

Masuk ke interior, Ertiga Suzuki Sport hadir dengan warna dashboard dan material kursi terbaru, dengan aksen hitam. Warna ini meliputi seluruh bagian dashboard, jok, instalation panel, dan trim door. 

Fitur hiburan Ertiga Suzuki Sport mengandalkan head unit touch screen 6.8 inci dan kenyamanan kabin ditunjang AC Auto Climate Digital. Sederet fitur fungsional pada All New Ertiga Sport seperti ventilated cup holder, USB charging port, double blower dan lainnya menjadi tambahan tersendiri.

Fitur Bawaan Suzuki Ertiga GX Pasti Tersedia di tipe Ertiga Suzuki Sport 

Jadi Varian Baru, Suzuki Ertiga Suzuki Sport Suguhi Fitur Komplit Penampilan Sporty 03

Adapun ubahan Suzuki All New Ertiga yang dihadirkan tahun 2020 ini lebih banyak terlihat pada bagian interior. All New Ertiga Ertiga tipe GL, GX dan Suzuki Sport kini memiliki second row center arm rest yang lama dinanti-nantikan pecinta Suzuki. 

Ubahan warna hitam pada interior juga dilakukan untuk tipe GX dan Suzuki Sport yang kini menjadi black with wood grain pattern. Lalu pada tipe GL terdapat Digital AC panel, sedangkan di tipe GX terdapat 8 inch touch screen head unit with remote control.  

Performa Mesin Ertiga Suzuki Sport Tanpa Perubahan

Jadi Varian Baru, Suzuki Ertiga Suzuki Sport Suguhi Fitur Komplit Penampilan Sporty 04

Varian Suzuki Sport pada Ertiga masih mengandalkan mesin DOHC 4 Silinder 16 Katup dengan kode K15B. Dengan kapasitas mesin 1,462 cc, dapat menghasilkan tenaga 104.7 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya menembus 138 Nm pada putaran 4.400 rpm. Mesin K15B telah mengadopsi teknologi VVT yang menjadikan performa Suzuki All New Ertiga Sport semakin responsif dan hemat bahan bakar. 

Di atas kertas, tenaga hingga torsi dari Suzuki All New Ertiga Sport sebenarnya memiliki tenaga sedikit lebih besar dibanding Mitsubishi Xpander yang hanya mengeluarkan tenaga 104 PS dan torsi 141 Nm.

Sebelum meluncurkan Ertiga Suzuki Sport, PT Suzuki Indomobil Sales menghentikan penjualan Ertiga GX ESP. Ternyata, fitur Electronic Stability Program kembali hadir pada versi Suzuki Sport yang fungsinya mengatur output throttle buat mengurangi potensi understeer atau oversteer saat menikung kencang.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Suzuki All New Ertiga Sport memang paling tinggi harganya dari variannya. Tetapi jika di adu banding, tentu value for money dari berbagai fitur hingga kenyamanan, handling dan kelincahan masih sangat baik. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil