window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki Ertiga Limited Edition vs Mitsubishi Xpander Facelift 2021, Mana yang Lebih Oke?

Prasetyo · 1 Nov, 2021 11:37

Suzuki Ertiga Limited Edition vs Mitsubishi Xpander Facelift 2021, Mana yang Lebih Oke? 01

Seakan tak mau ketinggalan dari gosip panasnya segmen LMPV terbaru yang akan muncul di GIIAS 2021, Suzuki juga sudah menyiapkan Ertiga anyar. Model ini disebut-sebut akan bertitel Suzuki Ertiga Limited Edition 2021.

Perubahannya tidak banyak, hanya sekedar dressup dari model yang sebelumnya sudah ada. Strategi yang mirip dengan Mitsubishi juga ditenggarai sedang menyiapkan Xpander Facelift untuk mendebut di pameran otomotif 11 November 2021 tersebut.

Selain duet Toyota Avanza 2022 dan Daihatsu Xenia 2022, tentu tak kalah menarik untuk membahas mengenai Suzuki Ertiga Limited Edition vs Mitsubishi Xpander Facelift 2021. Dengan perubahan yang sebenarnya cuma penambahan kosmetik akesoris serta beberapa fitur, manakah dari keduanya yang masih worth to buy, alias lebih layak dibeli.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Suzuki Ertiga Limited Edition 2021 Jadi Varian Tertinggi

Suzuki Ertiga Limited Edition 2021 -1

Banyak pakai tambahan aksen hitam di eksterior

Ertiga edisi terbatas ini merupakan varian baru dari All New Suzuki Ertiga di Indonesia. Basisnya dari Ertiga Suzuki Sport yang selama ini jadi varian termahal. Namun tentu saja di Ertiga Limited Edition, ditambah lagi dengan beberapa aksesoris dan aksen baru pula sebagai pembeda dengan tipe Sport.

Di model Limited Edition, Suzuki sepertinya menetapkan tema warna hitam pada bodi eksterior. Beda dengan Ertiga Sport yang pakai garnish chrome atau silver. Misalnya di bagian tepi gril depan kini garnishnya hitam. Foglamp housing juga sepenuhnya hitam. Lalu aksen di under spoiler beper depan juga hitam.

Baca juga : Sosok Asli Suzuki Ertiga Limited Edition 2021 Sudah Tampak di Dealer. Siap Lawan Avanza-Xenia 2022!

Suzuki Ertiga Limited Edition 2021 -2

Diantara lampu belakang pakai garnish merah

Tema warna serupa juga dipakai untuk semua pilar, cover spion luar di kiri dan kanan, serta atap. Kemudian khusus di edisi terbatas ini juga ditambahkan aksen side sticker di bagian bawah bagian samping mobil. 

Sementara itu dibagian belakang under spoiler di bemper juga jika di Ertiga Sport pakai warna silver maka di edisi terbatas pakai hitam. Kemudian chrome garnish di antara lampu belakang, kini diganti aksen merah.

Mitsubishi Xpander Facelift 2021 Juga Pakai Baju Baru

Mitsubishi Xpander 2021 -1

Spyshoot Mitsubishi Xpander facelift

Kalau Suzuki hanya akan menawarkan Ertiga Limited Edition cuma sebagai tambahan varian, maka ini akan beda jauh dengan Mitsubishi Xpander facelift. Ini dikarenakan perubahan model tersebut sepertinya akan diterapkan pada semua Mitsubishi Xpander terbaru.

Sejumlah render hingga foto-foto yang memperlihatkan saat mobil ini tengah melintas di jalan raya sudah tersebar di lini masa media sosial. Setidaknya ini bisa memberikan gambaran kepada Anda mengenai bagaimana sosok Mitsubishi Xpander facelift tersebut nantinya.

Dari foto-foto itu menunjukkan kalau Xpander terbaru nantinya akan pakai gril yang lebih tebal dan sepenuhnya hitam tidak lagi ada aksen krom. Desain LED di bawah kap mesin juga akan mengalami perubahan. Kemungkinan besar lampu ini akan bertugas sebagai lampu sein.

Mitsubishi Xpander 2021 -2

Bemper dan lampu belakang juga alami perubahan

Bentuk lampu utama yang terpasang di bemper juga mengalami ubahan desain. Uniknya, kini lampu utama kini terintegrasi dengan LED Daytime Running Light (DRL). Kemudian bentuk under spoiler di bemper belakang juga akan alami perubahan.

Hal baru lainnya yang akan Anda temui dari Mitsubishi Xpander facelift 2021 yakni dari desain velg. Kemudian lekukan bemper belakang juga diyakini akan baru. Serta tak lupa lampu belakang pun nantinya sudah akan pakai LED dengan desain anyar pula. 

Baca juga : Begini Ubahan di Mitsubishi Xpander Facelift 2021, Tambah Keren Apa Biasa Aja?

Transmisi Matik Biasa vs CVT

Mitsubishi Xpander Facelift 2021 -3

Xpander akan beralih pakai transmisi CVT

Perbedaan desain antara Suzuki Ertiga Limited Edition vs Mitsubishi Xpander facelift tentu masalah selera. Tapi ada hal krusial lain yang perlu Anda perhitungkan pula. Yakni soal spesifikasi teknis dari kedua mobil tersebut.

Antara Ertiga dan Xpander memang sama-sama masih mempertahankan mesin bensin 1.5-liter Naturally Aspirated (N/A) serta berpenggerak roda depan (FWD). Untuk Ertiga pakai mesin K15B berteknologi DOHC VVT 4 silinder. Tenaganya diklaim 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm di 4.400 rpm.

Semenara itu Xpander pakai mesin MIVEC DOHC 4 silinder. Tenaganya juga sama-sama 105 PS di 6.000 rpm, tapi torsinya lebih besar yakni 141 Nm di 4.000 prm. Hal menarik lainnya, untuk Xpander terbaru kabarnya bagi yang varian matic akan beralih menggunakan transmisi CVT. Sementara Suzuki Ertiga AT tetap pakai gearbox matik biasa.

Keduanya Juga Ada Tambahan Fitur Baru

Suzuki Ertiga Limited Edition 2021 -3

Ertiga juga akan pakai Smart E-Mirror

Selain secara visual yang terjadi perubahan, Suzuki juga rupanya juga menyentuh sisi interior Ertiga Limited Edition. Layout kabinnya memang masih serupa Ertiga Sport tapi sudah pakai jahitan merah di jok. Kemudian ada juga tambahan Smart E-Mirror seperti yang telah tersemat di Suzuki XL7.

Lalu bagaimana dengan Xpander facelift? Kabarnya desain dasbor Xpander akan mengalami sedikit revisi. Kemudian diikuti tombol-tombol pengaturan AC juga kabarnya akan beralih jadi model digital.

Kesimpulan

Sama-sama pakai mesin 1.500 cc, sama-sama cuma berubah secara desain eksterior, maka untuk menentukan antara Suzuki Ertiga Limited Edition vs Mitsubishi Xpander Facelift tinggal melihat berapa banderol dari kedua mobil ini.

Apakah nantinya harga yang dipatok oleh Suzuki maupun Mitsubishi sepadan dengan perubahan dan tambahan fitur yang diberikan? Atau malah Anda anggap terlalu mahal, sehingga lebih baik pilih Avanza dan Xenia generasi terbaru sekalian.

Baca juga : Mending Tunggu Mitsubishi Xpander Facelift 2021, Atau Beli Model Yang Sekarang Saja?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Suzuki Ertiga GA MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil