window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kepergok Uji Coba di Bandung, Ini Beda Tampilan Daihatsu Rocky 2021 Versi Indonesia dan Jepang

Enda · 18 Mar, 2021 06:00

Kepergok Uji Coba di Bandung, Ini Beda Tampilan Daihatsu Rocky 2021 Versi Indonesia dan Jepang 01

Spyshoot Daihatsu Rocky 2021 (Foto:@rafizabbar_)

Berberapa waktu lalu jagat dunia maya diramaikan dengan sebuah postingan gambar yang mencirikan wujud dari Daihatsu Rocky 2021 tertutupi dengan kamuflase sedang jalan-jalan di Bandung. Meski berkamuflase cukup tebal, bentuknya terlihat dengan jelas memperlihatkan sebuah SUV kompak terbaru Daihatsu ini dari beberapa sudutnya.

Kepergok Uji Coba di Bandung, Ini Beda Tampilan Daihatsu Rocky 2021 Versi Indonesia dan Jepang 02

Daihatsu Rocky 2021

Daihatsu Rocky 2021 ini dipastikan akan melakukan debut pertamanya di Tanah Air sebentar lagi. Selain terlihat dari spyshoot yang beredar, pemberitaan tersebut semakin kuat setelah Rocky berhasil masuk dalam salah satu model kendaraan roda empat yang mendapatkan insentif PPnBM pada awal Maret hingga beberapa bulan ke depan.

Sebelumnya, Daihatsu Rocky dengan nama Perodua Ativa D55L berhasil diluncurkan di Negari Jiran pada awal Maret 2021. Di sana terlihat bahwa Ativa D55L memiliki tampilan yang berbeda dari Rocky yang lebih dulu melantai di Jepang.

Kepergok Uji Coba di Bandung, Ini Beda Tampilan Daihatsu Rocky 2021 Versi Indonesia dan Jepang 03

Perodua Ativa D55L

Perbedaan paling jelas terlihat dari wajahnya, yang mana fascia Ativa D55L mempunyai bentuk grille lebih besar dibagi menjadi dua bilah, yang menghubungkan lampu di kedua sisinya. Bentuk grille yang digunakan pada Ativa D55L ini mengingatkan kita pada tampilan depan Toyota Innova 2021.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain itu, housing fog lamp keduanya juga memiliki perbedaan. Dimana Daihatsu Rocky 2021 mempunyai bentuk lebih besar dengan garis heksagonal yang dilengkapi LED DRL. Sedangkan Perdoua Ativa D55L disematkan fog lamp dengan rumah lampu yang terlihat lebih semampai.

Kepergok Uji Coba di Bandung, Ini Beda Tampilan Daihatsu Rocky 2021 Versi Indonesia dan Jepang 01

Tampilan belakang Daihatsu Rocky 2021 dan Perodua Ativa D55L

Melihat bagian samping dari keduanya, sepertinya tidak ada perbedaan. Hanya saja pada bagian buritannya, terdapat update bentuk pada Ativa D55L serta garnishnya yang justru membuatnya terlihat lebih kalem.

Baca juga: Keunggulan Platform DNGA Pada Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky 2021 di Indonesia Akan Mendapat Tampilan yang Sama Seperti di Jepang

Kepergok Uji Coba di Bandung, Ini Beda Tampilan Daihatsu Rocky 2021 Versi Indonesia dan Jepang 02

Daihatsu Rocky Japan

Perusahaan pemegang merek Daihatsu di Malaysia, Perodua mempunyai ciri khas tertentu yakni tampilan luarnya untuk menyesuaikan selera konsumen lokal. Seperti Perodua Nautica atau yang kita tahu merupakan Daihatsu Terios, Nautica memiliki bumper dan grille yang berbeda.

Kepergok Uji Coba di Bandung, Ini Beda Tampilan Daihatsu Rocky 2021 Versi Indonesia dan Jepang 03

Perodua Nautica (Foto: Paultan.org)

Di Jepang, Daihatsu Terios atau dengan nama lain Be-go memiliki tampilan yang sama seperti di Indonesia. Dengan begitu bisa dipastikan Daihatsu Rocky 2021 untuk pasar Indonesia akan mempunyai bentuk yang sepadan seperti di negara asalnya.

Kepergok Uji Coba di Bandung, Ini Beda Tampilan Daihatsu Rocky 2021 Versi Indonesia dan Jepang 04

Daihatsu Be-go

Dari gambar yang beredar di media sosial, handle pintu dan desain velg berukuran 16 dan 18 inci juga terlihat mirip dengan Rocky di Jepang. Namun begitu, yang membedakan adalah cover spionnya.

Kepergok Uji Coba di Bandung, Ini Beda Tampilan Daihatsu Rocky 2021 Versi Indonesia dan Jepang 05

Spyshoot Daihatsu Rocky 2021 sedang jalan-jalan di Bandung (Foto: @bs.wibowo)

Terlihat bahwa spion yang melekat pada pilar A Daihatsu Rocky, menggunakan model seperti kepunyaan Avanza-Xenia dan Rush-Terios. Hal ini kemungkinan besar dilakukan PT Astra Daihatsu Motor untuk menekan biaya produksi dan mudahnya mencari suku cadang jika nantinya mengalami kerusakan.

Daihatsu Rocky 2021 Mendapatkan Pilihan Mesin dengan Cita Rasa Lokal

Kepergok Uji Coba di Bandung, Ini Beda Tampilan Daihatsu Rocky 2021 Versi Indonesia dan Jepang 06

Mesin Daihatsu Rocky 2021

Daihatsu Rocky pada bulan lalu ramai diperbincangkan karena masuk dalam data Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). Berbeda dengan Perodua Ativa D55L di Malaysia yang hanya mendapat mesin 1.0L turbo, dalam data NJKB Tertulis bahwa Rocky mendapatkan dua pilihan mesin, 1.0L turbo dan 1.2L Naturally Aspirated (NA).

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Perodua Ativa D55L

Dimana varian 1.000 cc nya ini menggunakan jantung pacu berkodekan 1KR-VET 3-silinder, Turbocharger, VVT-i berkubikasi 996 cc, yang dapat meletupkan tenaga 98 PS @6.000 Rpm serta torsi 140 Nm @2.400 - 4.000 Rpm. Sebenarnya mesin 1KR yang digunakan Rocky ini sama seperti jantung mekanik Daihatsu Ayla 1.0L yang tanpa embel-embel ‘T’ untuk menunjukan penggunaan turbo.

Begitu juga varian 1.200 cc nya, diramalkan memakai jantung mekanik Sigra 1.2L dengan kode 3NR-VE 4-silinder naturally aspirated, DOHC, Dual VVT-i berkapasitas 1.197 cc yang mampu merilis tenaga hingga 88 PS @6.000 Rpm dengan torsi 107 Nm @4.200 Rpm.

Daihatsu Rocky Indonesia Mendapatkan Transmisi CVT Versi Jepang?

Kepergok Uji Coba di Bandung, Ini Beda Tampilan Daihatsu Rocky 2021 Versi Indonesia dan Jepang 07

Transmisi CVT

Menggali informasi seputar Daihatsu Rocky 2021 salah satunya dari data pada NJKB, SUV Kompak ini tidak hanya mendapatkan transmisi manual saja. Transmisi otomatis berteknologi CVT menjadi opsinya.

Transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis 4AT. Jika pada transmisi otomatis 4AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka transmisi otomatis jenis CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggerak transmisi.

Kemajuan teknologi tentu sifatnya akan lebih baik dari sebelumnya. Dengan kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan dengan putaran mesin, CVT dipastikan bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan. Hal ini membuat pengendara mobil bertransmisi CVT tidak merasakan perpindahan gigi.

Selain itu, pada teknologi CVT, rentang rasio roda gigi juga telah diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, serta kinerja yang hemat bahan bakar dan senyap pada kecepatan tinggi. Kelebihan lainnya, CVT  bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih effektif, sehingga di putaran rendah pun bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

Beberapa produk Daihatsu di Jepang yang sudah menggunakan transmisi model ini adalah Tanto, Move, Taft, Mira, Copen, Cast dan Boon. Bicara mengenai Daihatsu Rocky di Jepang, varian transmisi otomatisnya sudah mengusung teknologi Dual Mode CVT.

Dual Mode CVT dikembangkan melalui platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan mengadopsi teknologi roda gigi terpisah. Dengan Dual Mode CVT, Daihatsu telah berhasil mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi untuk meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik, dan lebih hening.

Kesimpulan

Bisa dipastikan tampilan Daihatsu Rocky 2021 dengan kembarannya, yakni Perodua Ativa D55L akan memiliki tampilan yang berbeda. Di Indonesia, Rocky akan menganut desain yang sama seperti di negara asalnya. Hanya saja dari segi eksteriornya, bentuk spion Daihatsu Rocky 2021 menggunakan kepunyaan Avanza-Xenia dan Rush-Terios saat ini.

Baca juga: Cikal Bakal Daihatsu Rocky

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil