window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Komparasi Fitur New Daihatsu Terios R Custom VS Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT, Harga Murah Apakah Lebih Pelit?

Yongki Sanjaya · 13 Jun, 2023 08:00

Komparasi Fitur New Daihatsu Terios R Custom VS Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT, Harga Murah Apakah Lebih Pelit? 01

Setelah nyaris tujuh tahun tak mengalami pembaharuan signifikan, PT Astra Daihatsu Motor pada pekan lalu meluncurkan New Daihatsu Terios 2023. Terdapat minor change pada sisi desain dan upgrade fitur di interior low SUV tersebut.

Pada tipe tertinggi, tersedia Terios R Custom dimana levelnya kurang lebih setara dengan Mitsubishi Xpander Cross tipe Premium CVT. Namun secara harga, Terios R Custom dengan transmisi otomatis ditawarkan lebih terjangkau, yaitu Rp303.250.000.

Baca juga: 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ada 5 Varian, Ini Perbedaan Masing-masing Tipe Daihatsu Terios Facelift 2023

4 Hal Menarik dari Daihatsu Terios R Custom 2023, Jadi Varian Flagship Usik Rush GR Sport

Daihatsu Terios Facelift 2023 Jadi Lebih Menarik Dibanding Toyota Rush GR Sport

Sementara itu, PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia memasarkan Xpander Cross Premium CVT di harga Rp342.650.000. Dengan harga yang jauh lebih murah, apakah Terios R Custom fiturnya bisa lebih oke ketimbang Xpander Cross Premium CVT?

Untuk itu, mari kita bandingkan kedua model tersebut.

New Daihatsu Terios R Custom, Wajah Baru dan Fitur Lebih Baik

Komparasi Fitur New Daihatsu Terios R Custom VS Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT, Harga Murah Apakah Lebih Pelit? 01

Pada varian tertinggi, PT ADM melakukan beberapa rombakan desain pada New Front Grille Design, New Front & Rear Bumper Design, dan juga New Fog Lamp Cover Design. Lebih lanjut, pencahayaan sudah serba LED, dan ada DRL berbentuk L shape.

Hanya saja foglamp dan lampu sein masih menggunakan lampu halogen. Pada tipe ini dilengkapi aksesoris berupa New Aero Kit & Fog Bezel, garis merah di atas grill, dan juga Smoke Headlamp with Red Accent. Cover spion memakai warna hitam, dan velg berdiameter 17 inci dual tone dengan sebutan Black Polished Alloy Wheel.

Fitur Interior Terios R Custom Kini Lebih Mewah

Komparasi Fitur New Daihatsu Terios R Custom VS Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT, Harga Murah Apakah Lebih Pelit? 02

Masuk ke interior Terios R Custom, jok dilapisi semi kulit dan fabric, dilengkapi dengan jahitan bergaris merah. Kemudian instrumen panelnya termasuk sandaran tangan di pintunya sudah soft pad. 

Head unit Terios Facelift 2023 diperbaharui mengunakan ukuran 7 inch yang dilengkapi Smartphone Connection baik Android Auto maupan Apple CarPlay. Tak lupa, Wireless Charger sudah ada di tipe R ADS dan R Custom.

Fitur Keamanan dan Keselamatan New Daihatsu Terios R Meningkat

Komparasi Fitur New Daihatsu Terios R Custom VS Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT, Harga Murah Apakah Lebih Pelit? 03

Dari sisi keselamatan, Daihatsu Terios R Custom memiliki airbag atau kantung udara yang terdapat di enam titik yaitu Steering Wheel, Dashboard, Side dan Curtain. Selebihnya, SUV ini masih mempertahankan beragam kelebihan dari edisi pre-facelift.

New Terios untuk fitur keamananya dibekali keyless entry mulai dari tipe R hingga R Custom. mobil ini juga memiliki  immobilizer serta alarm system yang dapat meminimalisir pengguna dari tindak pencurian.

Sebagai fitur keselamatan standar, Terios facelift memiliki Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Emergency Stop Signal (ESS), Front Seat Safety Belt with Pretension & Force Limiter. Bukan cuma itu, mobil ini juga dilengkapi seatbelt warnilng lamp & buzzer, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA).

Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT, Lebih Nyaman dan Prestisius

Komparasi Fitur New Daihatsu Terios R Custom VS Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT, Harga Murah Apakah Lebih Pelit? 04

Pada 2022 lalu PT MMKSI merilis facelift untuk Xpander Cross, dimana perubahan yang dilakukan menjadikannya seperti Pajero Sport versi lite. Pada sisi eksterior, menggunakan T-Shape Headlamp, LED Fog Lamp, distinctive trapezoid grille.

Bagian bumper depan dan belakang berikut fender desainnya diubah jadi makin perkasa, ditunjang velg 17 inci two-tone.

Komparasi Fitur New Daihatsu Terios R Custom VS Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT, Harga Murah Apakah Lebih Pelit? 05

Masuk ke interior, terdapat pembaharuan pada meter cluster 8 inci dengan tiga mode tampilan layar digital, serta lingkar kemudi kepunyaan Pajero Sport. Interior New Xpander Cross dibalut dengan material kulit pada dashboardnya yang dipadukan aksen carbon berwarna hitam, sedangkan joknya dibungkus bahan kulit berwarna biru tua.

Upgrade Suspensi dan Fitur Keselamatan

Komparasi Fitur New Daihatsu Terios R Custom VS Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT, Harga Murah Apakah Lebih Pelit? 06

Pada aspek teknis, Mitsubishi Xpander Cross mendapatkan perbaikan pada suspensi belakang. Mitsubishi memasang shock absorber milik Pajero Sport yang diameternya lebih besar dibanding bawaan Xpander Cross lawas.

Pada bagian shock absorber juga ada perubahan valve demi membuat bantingan yang dirasakan pengemudi dan penumpang lebih nyaman. Lebih lanjut, terdapat dukungan fitur Active Yaw Control (AYC) yang mampu memberikan jaminan pengendalian di medan jalan licin.

Komparasi Fitur New Daihatsu Terios R Custom VS Mitsubishi Xpander Cross Premium CVT, Harga Murah Apakah Lebih Pelit? 07

Fitur ini bekerja memberikan pengereman otomatis ketika pengemudi menikung baik di jalan kering atau basah. Sisi roda bagian dalam akan memberikan pengereman sehingga kontrol setir dapat terus terjaga.

Lebih lanjut, pabrikan telah membekalinya dengan ABS + EBD + BA, dual SRS airbags, Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HSA), Criuse Control, struktur RISE body, ISOFIX, multi arround monitor, kamera 360 derajat, dan speed sensing door lock. 

mobil ini menggunakan Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold (BAH). Dengan adanya sistem rem elektrik ini, pengguna hanya cukup dengan menekan tombol untuk mengaktifkan rem parkir.

Kesimpulan

Bicara soal kelengkapan fitur di New Terios maupun Xpander Cross, kita harus berkaca pada harga kedua mobil ini selisihnya jauh berbeda. Dengan harga di angka Rp300 juta kecil, fitur yang ditawarkan Terios R Custom beda tipis dengan Xpander Cross.

Jadi, Daihatsu tak berarti pelit, namun bisa menyajikan fitur beragam untuk ukuran harga segitu. Bisa kita bayangkan bagaimana jadinya kalau Terios R Custom dijual Rp340 jutaan, seberapa berlimpah ruahnya fitur yang bakal dijejalkan?!

Jika Anda tertarik untuk membeli Daihatsu Terios ini dengan dukungan konsultasi keuangan, sehingga proses beli mobil baru menjadi yang lebih mudah, nyaman, dan aman, Anda bisa membelinya melalui SEVA pada https://www.seva.id/ atau mengunduh aplikasi SEVA di PlayStore atau App Store.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil