Konsumsi Bahan Bakar Mitsubishi Xpander 2020 Sentuh 19,8 Km/L, Apa Rahasianya?

Anissa · 12 Des 2020 08:00

Mitsubishi Xpander 2020 merupakan salah satu mobil yang cukup populer di tahun 2020. Bicara soal konsumsi BBM, Mitsubishi Xpander ini ternyata memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup irit untuk sebuah mobil MPV berbadan bongsor. Adapun konsumsi BBM Mitsubishi Xpander 2020 adalah sebagai berikut.

  • Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Dalam Kota : 12 km/liter
  • Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander Luar Kota : 19,8 km/liter

Tentang Mitsubishi Xpander 2020

Mitsubishi Xpander 2020 merupakan salah satu model mobil MPV berkapasitas 7 orang penumpang pabrikan Mitsubishi. Mobil yang satu ini pertama kali diperkenalkan melalui ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang digelar pada tahun 2017 lalu. Dengan mengusung konsep desain "Dynamic Shield", mobil Mitsubshi Xpander 2020 ini menghadirkan sosok MPV yang stylish dan dinamis, tetapi kental dengan kesan tangguh dan maskulin.

Desain yang diusung oleh Mitsubishi Xpander ini terinspirasi dari model-model mobil pabrikan Mitsubishi yang sudah ada sebelumnya. Sebut saja Mitsubishi Outlander PHEV, Mitsubishi Pajero Sport, dan Mitsubishi Eclipse Cross.

Bodinya yang besar dan ground clearance yang tinggi membuat mobil Mitsubishi Xpander 2020 ini sangat andal dikendarai melewati jalan-jalan bergelombang. Mobil ini dipasarkan dalam 10 varian berbeda. Mitsubishi Xpander 2020 ini dipasarkan dengan harga yang relatif terjangkau, yakni mulai dari Rp217,8 jutaan hingga Rp275,1 jutaan.

Membahas Spesifikasi Mitsubishi Xpander 2020

Mitsubishi Xpander 2020 adalah mobil MPV dengan kapasitas penumpang 7 orang. Mobil MPV andalan Mitsubishi ini merupakan salah satu mobil yang menjadi bahan pembicaraan di tahun 2020 karena berhasil menghadirkan berbagai kelebihan yang diinginkan dari sebuah mobil MPV, tetapi dengan masih mempertahankan harga jual yang cukup bersaing. Nah, kali ini, mari kita lihat dulu spesifikasi dari Mitsubishi Xpander 2020.

  • Panjang : 4.475 mm
  • Lebar : 1.750 mm
  • Tinggi : 1.695 mm
  • Wheelbase : 2.775 mm
  • Ground Clearance : 200 mm
  • Ukuran Ban : 185/65 R15
  • Material Velg : Steel Wheels
  • Suspensi Depan : MacPherson Strut with Coil Spring
  • Suspensi Belakang : Torsion Beam
  • Rem Depan : Disk Brake
  • Rem Belakang : Drum Brake

Sekarang kita akan bicara sedikit soal bagian eksterior dari Mitsubishi Xpander 2020. Bagian eksterior Mitsubishi Xpander 2020 ini mengusung bahasa desain yang menggabungkan sisi stylish dan gagah dari MPV dengan sisi dinamis yang dimiliki oleh sebuah mobil SUV. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Mitsubishi menerapkan bahasa desain "Dynamic Shield" pada Mitsubishi Xpander 2020.

Fascia depan Mitsubishi Xpander 2020 mengadopsi desain yang sudah pernah digunakan pada Mitsubishi Outlander PHEV, Mitsubishi Pajero Sport, serta Mitsubishi Eclipse Cross. Kemudian untuk bagian fendernya sendiri, Mistubishi Xpander 2020 menggunakan fender yang lebih lebar untuk menekankan tampilan tangguh. Hal ini pun didukung dengan ukuran dimensinya yang lebih besar dibandingkan dengan mobil merek lain di kelas yang sama.

Tidak hanya tangguh, Mitsubishi Xpander 2020 juga menghadirkan kesan futuristik pada desain eksteriornya. Hal ini terlihat dari penggunaan LED Daytime Running Lights berdesain futuristik yang diletakkan di atas headlamp. Tidak hanya memperkuat desain yang diusung, lampu ini juga berguna untuk mengoptimalkan pencahayaan.

Lalu beralih ke bagian interiornya, Mitsubishi Xpander 2020 ini menghadirkan kabin dengan headroom dan legroom yang lebih leluasa. Kabin Mitsubishi Xpander 2020 ini juga diklam memiliki tingkat kekedapan suara yang sangat baik sehingga suara bising dari luar tidak akan terlalu terdengar. Hal ini berkat lapisan penyerap bunyi yang disematkan untuk menghalangi suara bising masuk ke dalam kabin, sehingga penumpang bisa merasa lebih nyaman berada di dalam kabin.

Mitsubishi Xpander 2020 ini dilengkapi dengan Multi Information Color LED Display pada bagian tengah instrument cluster-nya, yang berfungsi untuk mempermudah pengemudi memantau  kondisi mobilnya tanpa harus kehilangan fokus ketika berkendara. Mobil ini juga dilengkapi mode ECO Drive yang bisa menjaga agar konsumsi bahan bakar tetap efisien.

Mesin Mitsubishi Xpander 2020

Di bagian awal kita sudah melihat tentang konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xpander 2020. Rasanya kurang lengkap jika kita tidak membahas tentang mesinnya juga. Meskipun menawarkan 10 varian berbeda yang bisa dipilih oleh para konsumennya, Mitsubishi Xpander ini hanya menawarkan satu pilihan mesin dengan dua pilihan sistem transmisi. Untuk lebih rincinya, berikut ini adalah spesifikasi mesin Mitsubishi Xpander 2020.

  • Mesin : 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve
  • Kapasitas : 1,5 Liter (1.499 cc)
  • Transmisi : Manual 5 Percepatan / Otomatis 4 Percepatan
  • Tenaga : 104 PS / 6.000 rpm
  • Torsi : 141 Nm / 4.000 rpm
  • Sistem Penggerak : Front Wheel Drive
  • Kapasitas Tangki : 45 Liter
  • Bahan Bakar : Bensin

Dari poin-poin di atas, kita bisa melihat bahwa Mitsubishi Xpander 2020 menggunakan mesin berkode 4A91 berkapasitas 1,5 liter dengan teknologi MIVEC DOHC dan 16 katup. Mesin yang digendong Mitsubishi Xpander 2020 ini dikawinkan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Tangki bensinnya sendiri bisa menampung hingga 45 liter.

Di atas kertas, mesin Mitsubishi Xpander 2020 ini bisa menghasilkan tenaga yang cukup besar, yakni 104 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsi yang dihasilkan bisa mencapai 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Tenaganya ini disalurkan melalui sistem penggerak roda depan atau Front Wheel Drive.

Perlu diketahui juga bahwa teknologi MIVEC atau Mitsubishi Inovative Valve-timing Electronic Control yang dimiliki Mitsubishi Xpander 2020 ini berperan penting dalam meningkatkan keluaran tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil ini. Selain itu, teknologi yang satu ini juga dinilai efektif untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menekan emisi gas buang agar tetap rendah. Alhasil, Mitsubishi Xpander 2020 ini jadi lebih irit bahan bakar dan tentu lebih ramah lingkungan.

Kesimpulan

Mengingat statusnya sebagai mobil MPV dan bodinya yang cukup besar, Mitsubishi Xpander 2020 ini memang bisa dibilang memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Hal ini tentu berkat adanya model ECO Drive yang membuat pembakaran BBM menjadi lebih efektif.

Bukan itu saja, Mitsubishi Xpander 2020 juga sudah menggunakan teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve-timing Electronic Control). Teknologi tersebut efektif membuat mesin mobil menghasilkan tenaga yang lebih besar, tetapi dengan masih menekan konsumsi bahan bakar. Dengan demikian, Mitsubishi Xpander ini bisa lebih hemat konsumsi bahan bakar dan lebih ramah lingkungan.

Komentar

Mobil Terbaru