window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mitsubishi Xpander GLS Jadi Varian Paling Murah, Pantaskah Untuk Mobil Keluarga?

Enda · 1 Agu, 2023 11:30

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander GLS (foto: William Surjana)

Jadi varian basic atau tipe paling murah, Mitsubishi Xpander (Spesifikasi | Berita) GLS untuk tipe manual saat ini diniagakan Rp258,2 juta dan Rp267,4 juta dengan transmisi CVT. Jika dibandingkan dengan beberapa pesaing terdekatnya sama-sama tipe terendah, harga yang dimiliki Xpander GLS terbilang sedikit lebih mahal.

Meski harganya sedikit lebih mahal, Xpander GLS menawarkan kenyamanan berkendara dengan membawa fitur yang cukup komplit. Untuk mengetahui lebih dekat dengan varian terendahnya, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Bukan Cuma Dapat Diskon, Beli Mitsubishi Xpander dan Pajero Sport Juga Gak Pusing Biaya Perawatan Berkala

Penampilan Mitsubishi Xpander GLS Terlihat Seperti Varian Diatasnya

Mitsubishi Xpander

Fascia Xpander GLS (foto: William Surjana)

Secara tampilan Mitsubishi Xpander GLS terlihat sama seperti varian diatasnya. Dimana pada bagian fasad juga mengaplikasikan gaya desain “Dynamic Shield” yang terlihat gagah dan mewah berkat adanya aksen krom di sekitar grill.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tak hanya itu, mobil ini pun dilengkapi DRL LED dengan desain stylish tepat di bawah kap mesinnya. Hanya saja untuk sistem pencahayaannya mobil ini masih mengandalkan bohlamp halogen, namun sudah dibekali foglamp di bumper.

Seperti varian Exceed dan Sport, di sisi sampingnya Xpander GLS diaplikasikan velg alloy dengan diameter 16 inci. Tak ketinggalan tepat di bawah pintu terdapat tambahan side skirt yang memperlihatkan kesan sporty.

Untuk spion samping, mobil ini dilengkapi fitur electric mirror meski belum retractable. Dengan begitu penggunanya akan merasa lebih mudah ketika ingin melakukan pengaturan hanya cukup menekan tombol.

Mitsubishi Xpander

Tampilan belakang Xpander GLS

Pada buritannya, untuk stoplamp Xpander GLS tidak kalah dengan tipe diatasnya. Karena lampunya juga sudah mendukung teknologi LED dengan tampilan stylish yang menganut konsep desain T-Shaped.

Baca juga: Ini 5 Alasan Mitsubishi Xpander 2022 Lebih Disukai Ketimbang Nissan Livina

Interior Seperti Xpander Lama

Mitsubishi Xpander

Interior Xpander GLS

Mendapat improvment pada 2021, tampilan eksterior Xpander GLS baik bagian depan dan belakang berubah dibandingkan model sebelumnya. Selain itu dari segi fitur dan teknologi juga semakin canggih dan modern.

Namun jika dibandingkan dengan varian Sport dan Ultimate, tampilan dashboard GLS tidak mengalami ubahan. Itu artinya desain dashboard yang diterima masih sama seperti model terdahulunya.

Untuk sistem hiburan yang diletakan di center cluster, Xpander GLS kini disematkan head unit layar sentuh 7 inci yang mendukung smartphone connection. Menariknya untuk melakukan pengaturan atau penyetingan bisa dilakukan melalui tombol pada lingkar kemudi.

Bicara setir, tipe terendah Xpander mendapatkan fitur tilt&telescopic yang memudahkan pengguna ketika ingin mengatur posisi berkendara nyaman. Oh iya, mobil ini juga sudah mendapatkan AC double blower yang mampu memberikan udara sejuk hingga penumpang baris belakang.

Fitur Keselamatan Modern

Mitsubishi Xpander

Meski varian paling murah, untuk fitur keselamatan Xpander GLS terbilang cukup lengkap. Terlihat mobil ini telah mendapatkan ABS, EBD dengan Brake Assist, Dual SRS Airbags, Seatbelt di baris depan dengan 3p ELR Seatbelt Pretensioner x2 with Force Limiter and Seatbelt Reminder Buzzer, Seatbelt baris kedua dengan 3p ELR Seatbelt x3, dan Seatbelt baris ketiga dengan 3p ELR Seatbelt x2.

Selain itu juga terdapat ISOFIX Child Seat Anchor x2 untuk baris kedua, Active Stability Control (ASC), Hill Start Assist (HSA), dan kunci dengan Immobilizer serta alarm system.

Mesin dan Transmisi Xpander GLS

Mitsubishi Xpander

Mesin 4A91 MIVEC

Xpander GLS andalkan mesin 4A91 MIVEC 4-silinder segaris DOHC 16 Valve Euro4 dengan kapasitas 1.499 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 105 PS di 6.000 rpm dengan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk membuatnya berjalan sebelum diteruskan ke roda depan, mobil ini diatur dengan transmisi manual 5-percepatan dan CVT. Uniknya tranmsisi CVT Xpander memiliki teknologi untuk memberikan keseimbangan antara akselerasi yang maksimal dan agresif layaknya transmisi AT 8 percepatan. 

Baca juga: New Mitsubishi Xpander Exceed Menang Desain Keren, Apakah Bisa Salip Penjualan Toyota Avanza 1.3 E 2022?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil