window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Krisis Chip Semikonduktor Tak Berkesudahan Bikin Inden Honda BR-V 2022 Semakin Lama

Prasetyo · 15 Feb, 2022 19:05

Krisis Chip Semikonduktor Tak Berkesudahan Bikin Inden Honda BR-V 2022 Semakin Lama 01

  • Krisis chip semikonduktor bikin produksi mobil Honda di Indonesia terhambat.
  • Sejumlah suplai mobil baru Honda jadi terganggu, akibatnya inden ke konsumen pun berbulan-bulan.
  • Inden Honda BR-V 2022 tipe Prestige with Honda Sensing jadi yang paling lama.

Awan gelap industri otomotif Indonesia masih menyelimuti. Gegara pandemi kesehatan global berdampak pada sejumlah aspek. Mulai dari kegiatan produksi yang sempat terhenti total, hingga krisis chip semikonduktor.

Demikian diungkapkan Yulian Karfili, Public Relations & Digital Manager PT Honda Prospect Motor (HPM). Menurut dia, sampai saat ini berbagai produsen otomotif dunia, termasuk Honda, masih terdampak krisis chip semikonduktor.

Ia menjelaskan, kondisi tersebut mau tidak mau terimbas pula dengan produksi mobil Honda di Indonesia. Akibatnya, inden mobil baru Honda seperti Honda Brio, Honda BR-V 2022, Honda CR-V, dan Honda City Hatchback menjadi lebih lama dari biasanya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Bukan Cuma di Indonesia, Toyota Kuasai Pasar Mobil Global, Krisis Chip Semikonduktor Bukan Halangan

Chip Semikonduktor untuk Mobil Berebut dengan Produsen Elektronik

Krisis Chip Semikonduktor Tak Berkesudahan Bikin Inden Honda BR-V 2022 Semakin Lama 01

Pemasok komponen chip semikonduktor kesulitas penuhi tingginya permintaan

Dalam pemaparannya, lebih lanjut Yulian mengungkapkan, kondisi kelangkaan chip semikonduktor untuk mobil lantaran selama pandemi pola kegiatan manusia berubah. "Masyarakat beraktifitas lebih ke digital, jadi penggunaan barang elektronik seperti ponsel atau laptop meningkat tinggi. Dan kedua komponen ini juga pakai chip semikonduktor," katanya dalam diskusi virtual, Selasa (15/02/2022).

Akibat permintaan perangkat elektornik itu yang melesat tajam, membuat produsen chip semikonduktor mendahulukan pasokan untuk perusahaan perangkat elektronik. Padahal mobil-mobil modern juga begitu membutuhkan komponen ini.

Krisis Chip Semikonduktor Tak Berkesudahan Bikin Inden Honda BR-V 2022 Semakin Lama 02

Mobil dengan fitur kekinian membutuhkan banyak chip semikonduktor

Di mobil Honda misalnya, menurut Yulian, chip semikondutor dipakai untuk beberapa fitur. Seperti parking assist, airbags, EPS, ABS, audio, power door lock, power windows, sistem elektronik di mesin dan transmisi, sampai lampu-lampu. "Dan semua model Honda yang diproduksi di Indonesia, dari Brio sampai CR-V semuanya juga butuh chip semikonduktor," kata dia.

Efek dari kelangkaan komponen itu akhirnya berujung ke penjualan. Apalagi di akhir 2021 dan awal 2022 cukup banyak produk baru Honda yang ditawarkan, permintaan pun naik karena konsumen mulai butuh mobil lagi untuk beraktifitas. "Tapi masalahnya suplai yang belum mencukupi. Padahal pabrik sudah berjalan secara penuh sejak 2021. Ini yang membuat permintaan dan pasokan unit tidak seimbang," lanjut Yulian.

Baca juga : Walau Harga Relaksasi PPNBM Belum Jelas, Honda Brio dan BR-V Laris Manis di Awal 2022

Inden All New Honda BR-V Prestige with Honda Sensing Jadi yang Paling Lama

Krisis Chip Semikonduktor Tak Berkesudahan Bikin Inden Honda BR-V 2022 Semakin Lama 03

HPM belum bisa distribusikan All New BR-V dengan lancar

Ketidakseimbangan antara permintaan dan pasokan unit inilah sebut Yulian yang membuat beberapa model mobil baru Honda mengalami inden cukup lama. Satu diantaranya yang terdampak dari krisis chip semikonduktor adalah All New BR-V.

"Dulu ekspektasi kami bisa lancar delivery di Januari. Tapi sekarang permintaannya sangat tinggi terutama untuk tipe Prestige Honda Sensing. Sayangnya chip semikonduktor ini sangat dibutuhkan di model yang pakai Honda Sensing," kata dia.

Krisis Chip Semikonduktor Tak Berkesudahan Bikin Inden Honda BR-V 2022 Semakin Lama 04

Kalau mau cepat dapat unit, bisa pilih Honda BR-V 2022 tipe lain

Karena terbatasnya komponen vital tersebut inden All New Honda BR-V 2022 pun mengular sampai 3 bulan. Inden paling lama terutama di model Prestige Honda Sensing. Sebab HPM saat ini yang bisa memproduksi lebih normal untuk All New BR-V tipe yang belum dilengkapi Honda Sensing.

"Jadi kalau konsumen mau unit yang bisa cepat tiba maka pilih BR-V Prestige saja bukan yang Honda Sensing. Secara tampilan sebenarnya tidak ada beda," kata Yulian.

Baca juga : Mirip Tapi Lebih Murah Sampai Rp53 jutaan, Ini Perbedaan Honda Brio Satya dan Brio RS

Inden Honda Brio Juga Lama

Krisis Chip Semikonduktor Tak Berkesudahan Bikin Inden Honda BR-V 2022 Semakin Lama 05

Peminat paling banyak, produksi Honda kini prioritaskan pada Brio

Yulian menjelaskan, sebenarnya kapasitas produksi di pabrik HPM kini difokuskan pada model Honda Brio. Hal itu akibat permintaan model ini yang begitu besar. Akibatnya, dua lini produksi di pabrik Honda yang ada di Karawang, Jawa Barat, ditugaskan untuk mencetak Brio dan Brio Satya. "Jadi setiap kita dapat chip, langsung buat Brio," kata Yulian.

Kondisi ini menurutnya cukup sukses menurunkan lama inden untuk mobil mungil Honda itu. Jadi meskipun permintaan Brio sangat tinggi, tapi karena produksinya maksimal maka inden Honda Brio jadi sekitar 1 bulan saja.

Demikian pula untuk model Honda lain seperti CR-V, City Hatchback, hingga model-model yang masih impor contohnya Civic dan Accord, saat ini kata dia inden masih relatif di rentang satu bulan.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Honda BR-V 1.5 S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil