Kupas Lengkap Perbedaan Honda Brio Satya 2020 dan Brio RS 2020

Bent Aulia · 2 Nov 2020 18:00

Apa yang membedakan Honda Brio Satya 2020 dengan Honda Brio RS 2020? Memang perbedaan kedua mobil bisa dengan mudah dilihat dari bagian luarnya. Tapi tak semua perbedaan bisa dilihat dengan mata telanjang. Untuk lebih lengkapnya, simak berbagai perbedaan lengkap antara dua varian yang dipasarkan PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia ini.

Honda Brio Satya 2020

Honda Brio Satya 2020 awalnya menjadi model baru Honda dengan harga paling murah di Indonesia. Ada dua pilihan varian Honda Brio yang ditawarkan, yaitu Brio Satya S bertransmisi 5-percepatan manual dan Brio Satya E dengan ransmisi 5-percepatan dan CVT.

gambar Honda Brio

Dilihat dari teknologi dan tampilannya, Brio Satya memang dibuat lebih polos dibandingkan saudaranya yang lebih sporty. Tampilan luar dan interiornya terasa lebih sederhana. Namun tak menutup kesan berkendara yang menyenangkan khas Honda.

Honda Brio Satya 2020 Eksterior

Gambar Honda Brio 2020 memperlihatkan dimensi yang mungil disandingkan dengan tampilan yang cukup elegan di bagian depan. Terlihat dar desain grille dengan aksen chrome yang tebal di tengah. Dilengkapi dengan logo Honda yang mengesankan di depan.

grille Honda Brio

Lampu depan juga dibuat agak sipit, membuatnya terasa lebih modern dengan penyegaran yang diberikn pada 2018 silam. Hanya saja tipe terendah belum dilenkapi dengan lampu kabut. Hanya Brio E yang sudah mendapatkan fitur lampu kabut pada bumper bawah.

foglamp Honda Brio

Di bagian samping praktis dibuat sederhana. Terlihat dengan pilar B yang masih polos tanpa cat hitam. Spion samping juga masih polos tanpa dilengkapi lampu sein.

lampu Honda Brio Satya

Tapi ingat, Brio Satya masih menggunakan velg berbagai kaleng yang terlihat kurang menarik.

velg Honda Brio Satya

Kepraktisan di bagian belakang juga terasa kurang mengingat mobil ini belum dilengkapi dengan wiper belakang. Tapi bagian belakang masih cukup praktis dengan bukaan bagasi yang lebar untuk membantu meletakkan barang bawaan ke bagian dalam bagasi.

lampu belakang Honda Brio

Dimensi Honda Brio Satya 2020
Panjang x lebar x tinggi 3.800 mm x 1.680 mm x 1.485 mm
Jarak poros roda 2.405 mm
Jarak pijak depan/ belakang 1.480 mm/ 1.465 mm
Ground clearance 165 mm
Radius putar 4.5 m
Bobot mobil 975 kg
Kapasitas tangki 35L
Transmisi 5-percepatan manual
Tipe ban 175/65 R14
Velg 14 inci alloy
Suspensi depan Macpherson strut
Suspensi belakang H-Shape Torsion Beam
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum

Honda Brio Satya 2020 Interior

Masuk ke dalam kabin, Brio Satya sudah cukup baik dalam menghadirkan rasa premium bagi pengemudi maupun penumpang. Walaupun belum ada motof garis berwarna perak maupun oranye layaknya model yang lebih mahal.

AC Digital Honda Brio

Tapi tampilan dashboard yang didominasi oleh warna hitam memberikan kesan elegan tersendiri pada mobil ini. Tapi jangan salah, varian entry level saja sudah mendapatkan fitur pengaturan AC digital yang membuatnya semakin praktis.

Honda Brio

Setir dibuat polos tanpa tombol pengaturan audio maupun fitur lainnya. Untuk kemudahan selama berkendara, setir bisa diatur naik turun, atau berupa tilt. Meski belum mendapatkan pengaturan teleskopik (maju dan mundur).

kursi Honda Brio Satya

Mengandalkan kursi bergaya semi bucket menawarkan ruang kaki dan ruang kepala yang lapang bagi pengemudi di baris kedua. Headrest dibuat satu dengan sandaran kursi. Cukup mengganggu bagi penumpang dengan tinggi di atas rata-rata.

cupholder Honda Brio

Spesifikasi Honda Brio lain yang menawarkan kepraktisan sendiri bagi pengemudi dan penumpang adalah ruang penyimpanan yang cukup baik. Ada banyak cupholder yang memberikan kemudahan ketika harus dibawa dalam perjalanan jauh. 

Honda Brio Satya 2020 Mesin

Dari semua varian Honda Brio, hanya ada satu pilihan mesin. Adalah mesin 1.2L SOHC 4-silinder segaris dan teknologi Drive by Wire untuk menggantikan kabel gas sebagai sarana buka-tutup katup throttle untuk meningkatkan efisiensi mesin dan membuat akselerasi semakin halus.

mesin Honda Brio 2020

Spesifikasi Honda Brio mendapatkan sistem penggerak roda depan menawarkan akselerasi yang lebih baik dan mengurangi tenaga yang hilang sepanjang penggunaan tenaga. Brio Satya sudah mendapatkan tenaga 90 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm pada 4.800 rpm.

Mesin Honda Brio Satya 2020
Tipe Mesin 1.2L SOHC 4-silinder segaris 16 katup i-VTEC dan DBW
Isi Silinder 1.199 cc
Perbandingan kompresi 10.1:1
Daya maksimal 90 PS/ 6.000 rpm
Torsi maksimal 110 Nm/ 4.800 rpm
Teknologi mesin PGM-FI
Diameter dan langkah 73.0 mm x 71.6 mm

Honda Brio Satya 2020 Fitur

Honda Brio memang dipersiapkan sebagai pilihan mobil perkotaan yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia. Tapi teknologi yang disalurkan pada mobil ini tak kalah dengan pesaingnya yang lebih terjangkau. Di bawah ini, gambar Honda Brio Satya 2020 terlihat dibekali head unit 2DIN hingga AC digital.

spesifikasi Honda Brio

Begitu juga dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) yang membantu mobil ini berkendara di jalanan yang licin dengan baik. Beberapa fitur lainnya yang kemungkinan besar masih sama dengan Brio Satya 2021 termasuk,

Honda Brio Satya 2020 Fitur Hiburan

  • Head unit 2DIN
  • Kompatibilitas iPhone dan iPod
  • USB Port
  • Radio AM/FM
  • CD Player
  • AUX-IN
  • Bluetooth
  • Hands free telephone
  • Audio steering switch
  • ECO Assist
  • Multi Information Display
  • Digital AC
  • interior hitam/beige

Honda Brio Satya 2020 Fitur Keselamatan

  • Dual Front i-SRS Airbag
  • Sabuk pengaman 3P ELR di baris pertama
  • Sabuk pengaman 3P ELR (2 buah) dan 2P ELR (1 buah)
  • Pretensioner dengan Load Limiter
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Brake-force Distribution (EBD)

Honda Brio Satya 2020 Fitur Keamanan

  • Sistem alarm
  • Auto door lock by speed
  • Immobilizer
  • Rear trunk opener
  • Keyless entry

Harga Brio Satya 2020

Bersaing dengan model LCGC lainnya, Honda Prospect Motor tentunya mempertimbangkan harga Honda Brio Satya 2020 yang dipasarkan saat ini. Harga yang ditawarkan haruslah cukup terjangkau untuk masuk ke dalam segmen LCGC.

Honda Brio Satya 2020

Oleh karena itu, varian entry level dari Honda Brio di Indonesia, yaitu Honda Brio S M/T, saat ini dihargai mulai dari Rp146 jutaan. Sedangkan harga Honda Brio Satya 2020 untuk varian Brio E dimulai dari Rp154 jutaan.

Mengingat baru saja mendapatkan pembaharuan, Honda Brio Satya 2021 kemungkinan masih sama dengan model tahun ini. Namun tak menutup kemungkinan harga Honda Brio Satya 2021 tak jauh berbeda dengan saat ini.

Honda Brio RS 2020

Honda Brio RS 2020 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 ketika Honda memberikan facelift atau penyegaran pada generasi pertama. Varian RS bisa dibilang sebagai varian yang lebih sporty, setara dengan varian V yang hanya dijual di Thailand.

Honda Brio RS 2020

Dari gambar Honda Brio di bawah ini, beberapa perbedaan yang bisa terlihat antara kedua varian ini. Begitu pula denga Brio RS 2021 yang kemungkinan besar masih sama. Termasuk ketika kita melihat sisi dalam mobil ini. Untuk lebih lengkapnya, simak apa saja keunggulan Honda Brio RS 2020 sebagai varian tertinggi Brio di Indonesia di bawah ini.

Honda Brio RS 2020 Eksterior

Yang paling membedakan varian Honda Brio RS 2020 dengan Brio Satya terletak pada sisi depan. Dimana Brio RS mendapatkan grille berwarna black gloss untuk tampilan yang lebih sporty. Ada pula logo RS berwarna merah sebagai pembeda kedua varian ini.

grille Honda Brio RS

Dari sisi samping, terdapat lampu sein yang menghiasi spion samping varian RS. Ditambah dengan teknologi pelipat elektrik untuk memudahkan pengemudi ketika harus memarkirkan mobil ini di lahan yang cukup sempit.

velg Honda Brio RS

Tampilannya yang sporty terlihat dari side skirt yang dipasang pada bagian bodi samping. Untuk varian tertinggi ini juga dilengkapi dengan velg 15 inci dengan warna two tone yang senada dengan tampilan luar mobil ini.

spion Honda Brio RS

Di belakang ada spoiler yang terpisah. Begitu pula dengan tampilan high mount stop lamp yang dibuat sedikit memanjang. Dan tentu saja ada wiper belakang yang akan meningkatkan visibilitas ketika berkendara pada saat hujan.

bagian belakang Honda Brio 2021

Dimensi Honda Brio RS 2020
Panjang x lebar x tinggi 3.800 mm x 1.680 mm x 1.485 mm
Jarak poros roda 2.405 mm
Jarak pijak depan/ belakang 1.480 mm/ 1.465 mm
Ground clearance 165 mm
Radius putar 4.5 m
Bobot mobil 975 kg
Kapasitas tangki 35L
Transmisi 5-percepatan manual
Tipe ban 175/65 R14
Velg 14 inci alloy
Suspensi depan Macpherson strut
Suspensi belakang H-Shape Torsion Beam
Rem depan Ventilated Disc
Rem belakang Drum

Honda Brio RS 2020 Interior

Dari gambar Honda Brio yang terlihat, bagian dalam memang tak mendapatkan banyak perubahan dibandingkan edisi sebelumnya. Menjawab keluhan sebagian besar pengguna Brio generasi pertama, Honda menyediakan sandaran kepala yang bisa diatur tinggi rendahnya. 

head unit Honda Brio RS 2020

Pada dashboard, AC Digital dan head unit layar sentuh 6,2 inci masih menjadi pemanis mobil ini. Namun ada penambahan aksen garis oranye pada dashboard serta penambahan logo RS pada panel spidometer untuk varian tertinggi mobil ini.

setir Honda Brio RS

Dimensi yang bertambah besar membuat Brio terbaru memiliki ruang kaki yang lebih lapang serta bagasi yang lebih besar sekitar 84 liter. Kelegaan ini memberikan kapasitas yang lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya.

kursi Honda Brio RS 2020

Honda Brio RS 2020 Mesin

Namun tak ada yang berbeda banyak dalam hal spesifikasi Honda Brio Satya dengan Brio RS. Masih mengandalkan mesin 1.2L SOHC berteknologi i-VTEC dan DBW khas Honda yang membantu menghadirkan performa dan konsumsi bahan bakar yang mengesankan.

mesin Honda Brio

Begitu juga dengan teknologi CVT yang digunakan juga sudah lebih baik dalam menangani perpindahan menjadi lebih baik. Dibandingkan transmisi otomatis konvensional yang ditawarkan pada pesaingnya, memberikan keunggulan tersendiri bagi mobil ini.

Mesin Honda Brio RS 2020
Tipe Mesin 1.2L SOHC 4-silinder segaris 16 katup i-VTEC dan DBW
Isi Silinder 1.199 cc
Perbandingan kompresi 10.1:1
Daya maksimal 90 PS/ 6.000 rpm
Torsi maksimal 110 Nm/ 4.800 rpm
Teknologi mesin PGM-FI
Diameter dan langkah 73.0 mm x 71.6 mm

Honda Brio RS 2020 Fitur

Hanya saja ada yang berbeda dari fitur yang menjadi spesifikasi Honda Brio RS 2020 di Indonesia. Termasuk dengan kehadiran head unit layar sentuh 6,2 inci yang sudah mendapatkan kompatibilitas iPhone dan iPod serta USB Port sebagai bagian dari fitur hiburan mobil ini.

airbag Honda Brio

Honda menghadirkan berbagai penambahan teknologi untuk membuat Brio terlihat lebih modern. Dan bisa dibilang tanpa perubahan dengan Brio RS 2021. Beberapa fitur yang bisa didapatkan pada mobil ini diantaranya,

Honda Brio RS 2020 Fitur Hiburan

  • Head unit layar sentuh 6,2 inci
  • Kompatibilitas iPhone dan iPod
  • USB Port
  • Radio AM/FM
  • CD Player
  • AUX-IN
  • Bluetooth
  • Tweeter speaker
  • Hands free telephone
  • Audio steering switch
  • ECO Assist
  • Multi Information Display
  • Digital AC
  • interior hitam/hitam dengan jahitan berwarna orange

Honda Brio RS 2020 Fitur Keselamatan

  • Dual Front i-SRS Airbag
  • Sabuk pengaman 3P ELR di baris pertama
  • Sabuk pengaman 3P ELR (2 buah) dan 2P ELR (1 buah)
  • Pretensioner dengan Load Limiter
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Brake-force Distribution (EBD)

Honda Brio RS 2020 Fitur Keamanan

  • Sistem alarm
  • Auto door lock by speed
  • Immobilizer
  • Rear trunk opener
  • Keyless entry

Harga Honda Brio RS 2020

Dengan berbagai kelengkapan yang diberikan serta tampilan yang lebih sporty, tak salah jika harga Honda Brio RS 2020 dibanderol cukup jauh dibandingkan entry level-nya, dengan perbedaan hingga Rp38 jutaan.

Honda Brio RS dari samping

Banderol Brio RS dimulai dari Rp184 jutaan untuk transmisi manual dan Rp199 jutaan untuk varian bertransmisi CVT. Padahal dalam hal fitur dan mesin yang digunakan, tak ada banyak perubahan dari kedua varian Brio RS 2020 ini. 

Dengan akhir tahun sudah menanti, kami memprediksi tidak ada perubahan yang cukup signifikan terhadap harga Honda Brio RS 2021. Mengingat mobil ini baru mendapatkan perubahan pada 2018 lalu. Tapi tak menutup kemungkinan harga Honda Brio RS 2021 sedikit berubah sesuai dengan inflasi yang terjadi di Indonesia.

Kesimpulan

Ada banyak pilihan varian Honda Brio 2020 agar sesuai dengan budget yang dibutuhkan, Dan tentu saja sesuai dengan fitur dan kenyamanan yang diberikan. Promo Honda Brio di akhir tahun merupakan penawaran tersendiri dengan berbagai diskon dan harga yang lebih terjangkau. Pasalnya, tak menutup kemungkinan harga Honda Brio 2021 akan lebih tinggi tahun depan.

Komentar

Mobil Terbaru