window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kupas Tiga Rahasia Mengapa Honda Brio Jadi yang Paling Laris di Segmen LCGC

Yongki Sanjaya · 1 Sep, 2020 19:00

Kupas Tiga Rahasia Mengapa Honda Brio Jadi yang Paling Laris di Segmen LCGC 01

Honda Brio hadir dalam dua model, Honda Brio Satya dan Honda Brio RS. Untuk segmen LCGC, Honda Prospect Motor menjagokan Brio Satya sebagai andalannya. Sebagai mobil perkotaan, Brio Satya ternyata menjadi model terlaris di segmen LCGC.

Melihat persentase penjualannya, market share Brio Satya di LCGC sebesar 25 persen dengan penjualan rata-rata hingga 10 ribu unit setahun. Lantas, mengapa Brio bisa selaris ini? Apa rahasia Brio Satya mengalahkan produk kembar Astra, yaitu Toyota Agya dan Daihatsu Ayla?

Honda Brio Satya yang mengisi segmen LCGC, terdiri dari 3 tipe, yakni Honda Brio Satya S MT sebagai tipe terendah. Di atasnya ada tipe E MT hingga yang termahal adalah tipe E CVT. List terbaru di bulan Agustus, masih ada tipe dengan harga di bawah Rp 150 juta, menjadi kelebihan bagi Brio Satya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });
  • Honda Brio Satya S M/T Rp. 143.500.000
  • Honda Brio Satya E M/T Rp. 152.500.000
  • Honda Brio Satya E CVT Rp. 167.600.000
  • Honda Brio RS M/T Rp. 180.400.000
  • Honda Brio RS CVT Rp. 195.700.000

Honda Brio bisa dibilang sebagai motor kesuksesan Honda selama beberapa tahun terakhir. Desainnya yang menawan ditambah harga yang terjangkau sebagai salah satu mobil LCGC membuat penjualannya tetap stabil selama beberapa tahun belakangan.

Desain Honda Brio Tidak Murahan dan Ukurannya Membesar

Kupas Tiga Rahasia Mengapa Honda Brio Jadi yang Paling Laris di Segmen LCGC 01

Hadir dengan wajah baru, All New Honda Brio punya desain yang fresh dan fun. Desainnya dinamis, ceria, luwes dan sporty. Ini membuat rivalnya terpaksa gigit jari karena desainnya usang, digunakan hingga lebih dari lima tahun.

Desain All New Honda Brio Satya semakin sporty karena menggunakan desain grille solid wing face khas Honda dengan lampu depan sipit yang dilengkapi DRL (Daytime Running Lights).

Harus diakui pada Brio Satya generasi kedua ini desain eksteriornya sangat memikat mata. Desain pintu belakang yang didominasi unsur kaca sudah tak dijumpai lagi. Sayangnya jika dibanding Brio RS, versi LCGC ini tak ditemukan bumper belakang dengan body kit sejenis diffuser.

Kupas Tiga Rahasia Mengapa Honda Brio Jadi yang Paling Laris di Segmen LCGC 02

Bagian yang cukup menarik perhatian adalah hadirnya spoiler dengan stoplamp LED. Kaca belakang sayangnya tak memiliki elemen pemanas untuk mencegah pengabutan saat kondisi hujan.

Pada generasi kedua, Honda Brio memiliki kabin yang lebih luas karena wheelbase bertambah 60 mm. Wheelbase yang telah diperpanjang ditujukan untuk menambah ruang di kursi belakang.

Kupas Tiga Rahasia Mengapa Honda Brio Jadi yang Paling Laris di Segmen LCGC 03

Selain itu, ruang bagasi diperluas hingga 90 mm untuk menyediakan kapasitas lebih besar. Bagasi Honda Brio tersebut lantas dapat digunakan untuk menampung kereta bayi dan barang bawaan lainnya dengan mudah.

Mesin Honda Brio Satya Luar Biasa Irit

Kupas Tiga Rahasia Mengapa Honda Brio Jadi yang Paling Laris di Segmen LCGC 04

Honda Brio memang dipasarkan sebagai mobil perkotaan. Karena itu mesin yang digunakan tak terlalu besar. Brio Satya masih menggunakan mesin 1.2L 4-silinder i-VTEC yang menawarkan bahan bakar yang irit. Bahkan, tingkat konsumsi bahan bakar rata-rata di Brio Satya jadi yang paling efisien.

Honda sejak lama dikenal sebagai pabrikan mobil irit dan bertenaga. Poin inilah yang mungkin saja ikut menjadi faktor pendukung mengapa Honda Brio paling laris di segmen LCGC.

Honda Brio Satya dibekali mesin 4-silinder berteknologi i-VTEC dengan kubikasi 1.200 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 89 hp/6.000 rpm dan torsi 110 Nm/4.800 rpm. Masuk dalam segmen LCGC, Brio Satya menjadi mobil yang paling irit bahan bakar dibandingkan model lain di segmen itu.

Kupas Tiga Rahasia Mengapa Honda Brio Jadi yang Paling Laris di Segmen LCGC 05

Honda melalui melalui kompetisi bertajuk Battle of Efficiency tahun 2019 ingin membuktikan seberapa irit konsumsi BBM untuk model All New Honda Brio. Dalam adu irit ini, tercatat konsumsi BBM Honda Brio Satya mencapai 30,1 km/liter. Tentu angka tersebut jelas lebih irit dari regulasi untuk mobil LCGC dari pemerintah yakni 20 km/liter.

Untuk pemakaian secara normal, hasil pengetesan oleh media lokal mencatatkan angka 21 km/liter dan masih di atas rekomendasi yang diminta pemerintah. Melihat angkanya, konsumsi bahan bakar Honda Brio bahkan mirip seperti sepeda motor bermesin 250 cc. Bedanya, ini adalah sebuah mobil sehingga bisa digunakan mengangkut empat orang.

Interior Lega Dengan Fitur Berkelas

Kupas Tiga Rahasia Mengapa Honda Brio Jadi yang Paling Laris di Segmen LCGC 06

Honda menyebut Brio Satya generasi kedua ini punya kapasitas interior yang lebih besar ketimbang generasi terdahulu. Hal itu bisa dilihat dari daya muat bagasi dan leg room atau ruang kaki yang lebih lega di bangku belakang.

Sebagai perangkat penunjang kenyamanan, Honda Brio Satya sudah menggunakan penyejuk udara model digital. Tidak ada kenop putar sebagai pengatur hembusan AC.

Sistem pengaturan kaca spion samping juga sudah elektrik. Ada pula fitur penguncian pintu otomatis yang akan mengunci semua pintu saat mobil melaju.

Kupas Tiga Rahasia Mengapa Honda Brio Jadi yang Paling Laris di Segmen LCGC 07

Untuk menyesuaikan postur pengemudi, kita bisa mengandalkan penyetelan bangku maju-mundur dan kemiringan sandaran. Setir Honda Brio juga bisa disetel naik-turun berkat sistem tilt steering, sayangnya di setir tak ada penyetelan teleskopik.

Kemudian sebagai hiburan, terdapat 2 DIN audio system yang bisa mengakomodir sambungan Bluetooth. Untuk tipe E bahkan lebih mewah karena terdapat audio steering switch yang memudahkan pengemudi mengatur audio.

Kesimpulan

Kupas Tiga Rahasia Mengapa Honda Brio Jadi yang Paling Laris di Segmen LCGC 08

Secara garis besar Brio Satya layak jadi pilihan utama dalam kelas LCGC 2 baris bangku. Mobil ini juga sangat pas bagi konsumen yang mengincar mobil dengan aura sporty namun dengan harga yang ramah di kantong. Untuk fitur hiburan, Brio Satya memang termasuk cukup sekalipun bukan yang terbaik dalam memberikan kepuasan penumpangnya.

Bukan cuma desain eksteriornya yang sporty, mesin i-VTEC plus transmisi CVT yang dimiliki mobil Honda Brio terbaru ini terkenal iritnya. Karakternya yang fun to drive pun sangat oke untuk sering-sering melesat di kecepatan tinggi.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil