window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Makin Dekat Indonesia, Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Thailand, Berubahnya Banyak!

Adit · 20 Agu, 2021 09:30

Nissan Terra facelift 2022 akhirnya resmi meluncur di Asia Tenggara. Negara pertama yang menjualnya adalah Thailand. Meskipun sebelum waktu perilisannya tiba, model Nissan Terra minor change ini telah terlebih dulu wara-wiri di Filipina. 

Sebelumnya Nissan Terra model penyegaran itu terlebih dulu hadir di Timur Tengah pada akhir 2020 lalu dengan nama Nissan X-Terra. Pabrikan mencoba penetrasi menggoda para penggila offroad berpasir sebagai alternatif Jeep Wrangler hingga Toyota FJ Cruiser. 

Makin Dekat Indonesia, Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Thailand, Berubahnya Banyak! 01

Nissan Terra Facelift 2022 terlebih dulu meluncur di Thailand.

Baca Juga: Nissan Terra Facelift Si Penantang Fortuner dan Pajero Sport Siap Meluncur, Kapan Comeback ke Indonesia?

Yang Berubah di Nissan Terra Facelift

Ubahan Terra dari model pre facelift ke terbaru dari eksterior membuatnya lebih modern dan mewah. Apalagi revisi tampang depannya yang lebih proporsional dan sedap dipandang berkat desain grille yang lebih besar serta lampu utama yang sepenuhnya sudah LED dengan housing lebih pipih.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selain itu Nissan Terra terbaru ini juga punya paras yang lebih tangguh berkat penyematan underguard silver. Terra lama tidak mendapatkan add on ini makanya tak begitu kuat kesan petualangnya. 

Makin Dekat Indonesia, Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Thailand, Berubahnya Banyak! 01

Nissan Terra Facelift 2022 membawa ubahan yang signifikan.

Dari samping revisi desainnya tidak begitu signifikan. Paling kentara adalah desain velg two tone yang sekarang palang 6 dan tetap memiliki profil 18 inci. Sedangkan dari belakang desain spoiler dan bumper ikut berubah menyesuaikan tampilan depan. 

Kemudian lampu belakangnya juga didesain lebih ramping. Namun pancaran cahayanya lebih minimalis pakai LED bar horizontal. Di tengahnya ada garnish krom yang bentuknya kurang mengundang estetika sebenarnya. 

Makin Dekat Indonesia, Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Thailand, Berubahnya Banyak! 02

Desain buritan Nissan Terra facelift 2022 yang tampak agak aneh karena ornamen kromnya.

Lanjut ke interior yang berubahnya banyak. Desainnya lebih banyak tarikan garis horizontal. Secara keseluruhan mmapu mengikuti eksterior barunya yang modern. Pengaturan AC yang sebelumnya kenop putar kompor jadi putaran yang elegan plus ada layar digitalnya. 

Di atasnya tersematkan head unit layar sentuh 9 inci. Modelnya bukan yang floating seperti kebanyakan mobil baru. Tapi tampak menyatu dengan panel dashboard, makin cantik jadinya. 

Makin Dekat Indonesia, Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Thailand, Berubahnya Banyak! 03

Interior Nissan Terra facelift 2022.

Konsol tengah ikut berubah. Selain tuas transmisi juga jadi banyak tombol pengaturan yang memudahkan operasional pengemudi. Tuas rem tangan sudah tak lagi tampak di sana. Sekali lagi, upaya dari Nissan agar SUV lader frame terbarunya itu kompetitif dengan para rivalnya. 

Konsumen juga dimanjakan dengan pilihan interior dua warna meliputi merah-hitam, burgundy, atau black-beige di varian tertentu. Selain itu kemampuan insulasi suaranya juga ditingkatkan pakai Acoustic Glass pada bagian depan guna mereduksi suara dari luar. 

Makin Dekat Indonesia, Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Thailand, Berubahnya Banyak! 04

Nuansa kabin Nissan Terra facelift 2022.

Kabinnya juga tetap menerapkan ruang yang lapang. Desain joknya baru yang disebut sebagai Theater Style. Tengok saja pada sentuhan detail corak joknya yang berkelas. 

Baca Juga: Nissan Terra Facelift Muncul di Jalanan Filipina, Apa Indonesia Bakal Kebagian Lagi?

Makin Dekat Indonesia, Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Thailand, Berubahnya Banyak! 05

Jok tengah dan baris belakang Nissan Terra facelift 2022.

Fitur Kenyamanan New Nissan Terra

Lingkar kemudinya pakai model flat bottom. Ya paling tidak bisa memberikan ruang yang lebih leluasa di bagian pengemudi. Nah pengemudinya juga makin dimanjakan lewat layar besar multi information display (MID) 7 inci. Selebihnya untuk fitur penunjang hiburan dan kenyamanan di Nissan Terra facelift dilengkapi dengan:

  • Audio besutan Bose

  • Koneksi Nissan Connect
  • Koneksi Apple CarPlay dan Android Auto
  • Sistem perintah suara
  • Wireless charger 15 Watt
  • Layar hiburan 11 inci untuk penumpang belakang
  • Port USB-A dan USB-C

Makin Dekat Indonesia, Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Thailand, Berubahnya Banyak! 06

Layar monitor sebagai fitur baru di Nissan Terra facelift 2022.

Fitur Keselamatan New Nissan Terra

Fitur keselamatan aktif anyar juga jadi hal yang difokuskan pada model terbaru Nissan Terra. Semuanya bisa berfungsi sebagai asisten mengemudi, meliputi:

  • Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection

  • Sensor parkir 4-titik
  • Intelligent Forward Collision Warning
  • Intelligent Emergency Braking
  • Blind Spot Warning
  • Rear Cross Traffic Alert
  • Lane Departure Warning
  • Intelligent Driver Alertness
  • Intelligent Rear View Mirror Camera
  • Intelligent Stability Control
  • Vehicle Dynamic Control

Makin Dekat Indonesia, Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Thailand, Berubahnya Banyak! 07

Fitur kamera pintar di Nissan Terra facelift 2022.

Selebihnya fitur keselamatan pasif Nissan Terra facelift memiliki Hill Start Assist, Hill Descent Control, Traction Control, dan total 6 airbag yang tersebar di area depan, samping, serta pilar mobil. 

Khusus pasar Thailand tetap pakai mesin diesel twin turbo yang lama. YS23DDTT 2.298 cc yang menjanjikan tenaga 190 hp pada 3.750 rpm serta torsi maksimum 450 Nm yang dicapai pada rentang 1.500-2.500 rpm. 

Makin Dekat Indonesia, Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Thailand, Berubahnya Banyak! 08

Speedometer Nissan Terra facelift 2022.

Daya maksimum itu dikawinkan pada transmisi matic 7-percepatan yang disalurkan pada penggerak roda belakang atau 4WD. Dalam keterangan resminya Nissan menjelaskan mesinnya mampu beradaptasi pakai bahan bakar berupa biodiesel B7, B10 dan B20. 

Terakhir kinerja pengereman mobil baru itu ikut disempurnakan pakai cakram yang lebih besar untuk semua rodanya. Terlebih ditambah sistem pendinginan cakram agar selalu optimal apabila pengemudi kerap melakukan pengereman dalam intensitas yang lama. 

Makin Dekat Indonesia, Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Thailand, Berubahnya Banyak! 09

Desain velg Nissan Terra facelift 2022.

Respons setir juga makin ditingkatkan. Jarak rotasinya dikurangi agar memudahkan kendali di kecepatan rendah saat berpindah lajur atau memasuki tikungan patah.  

New Nissan Terra dipasarkan mulai dari Rp 519 jutaan untuk tipe E 2WD, kemudian varian tengah VL 2WD Rp 628 jutaan, serta terakhir tipe VL 4WD yang dibanderol Rp 650 jutaan. Nah makin dekat Indonesia nih, lewat peningkatan fitur dan transformasi penampilan kemungkinan bisa bikin Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport minder.

Makin Dekat Indonesia, Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Thailand, Berubahnya Banyak! 10

Nissan Terra facelift 2022 apakah akan masuk Indonesia?

Setelah Thailand Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Indonesia?

Tapi sinyalemen Nissan Indonesia merilis Terra terbaru masih belum terkuak. Head of Marketing Communication Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) Julian Osmon belum bersedia lebih lanjut. "Masih kami pelajari kemungkinannya (masuk Indonesia)," jelasnya.  

Makin Dekat Indonesia, Nissan Terra Facelift 2022 Meluncur di Thailand, Berubahnya Banyak! 11

Desain setir flat bottom Nissan Terra facelift 2022.

Kemungkinan besar negara selanjutnya di Asia Tenggara yang akan menjual Nissan Terra facelift 2022 adalah Filipina bukan Indonesia. Sebab dalam laman resmi Nissan Filipina sudah tercantum siluet SUV tersebut dengan keterangan: The Nex Generation of the Family SUV is Coming Soon.

Baca Juga: Nyaris Terlupakan, Ini 5 Keunggulan Nissan Terra yang Lebih Baik dari Toyota Fortuner

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Nissan Terra Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil