window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mengulas Lebih Dalam Konsumsi Bahan Bakar Nissan Livina

Bent Aulia · 27 Apr, 2020 11:00

Mengulas Lebih Dalam Konsumsi Bahan Bakar Nissan Livina 01

Mencari MPV besar dengan konsumsi bahan bakar yang irit? Nissan Livina bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya. MPV kompak bagian dari keluarga Nissan ini dikenal memiliki mesin yang bertenaga serta konsumsi bahan bakar yang irit.

Sebelumnya dikenal dengan nama Nissan Grand Livina, Nissan Livina saat ini dipasarkan dalam empat varian saja. Livina 1.5 E MT merupakan varian terendah yang dibanderol dengan harga Rp208 jutaan. Sedangkan Livina 1.5VL AT menjadi yang termahal dengan harga Rp272 jutaan.

Mengulas Lebih Dalam Konsumsi Bahan Bakar Nissan Livina 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dibandingkan pesaingnya di segmen Low MPV, konsumsi bahan bakar Nissan Livina baru terbilang hemat. Menggunakan teknologi baru milik Nissan sehingga meningkatkan efisiensi mesin. Lalu bagaimana dengan catatan bahan bakar Nissan Livina baru?

Konsumsi bahan bakar Nissan Livina

All New Nissan Livina yang baru diperkenalkan tahun lalu memiliki dimensi dan teknologi yang hampir sama dengan Mitsubishi Xpander dengan kapasitas tangki bahan bakar 45 liter bensin. Mengingat keduanya sama-sama berada dalam aliansi dengan Renault. Tapi konsumsi bahan bakarnya terasa berbeda.

Dengan bahan bakar terisi penuh, konsumsi bahan bakar New Nissan Livina disebut bisa mencatat 10-12 km/liter, atau menempuh hingga 450 kilometer dalam sekali pengisian. Namun percobaan ini dilakukan dengan kondisi jalanan perkotaan yang penuh kemacetan.

Mengulas Lebih Dalam Konsumsi Bahan Bakar Nissan Livina 01

Ketika dibawa dalam pengendaraan yang stabil, contohnya di jalan bebas hambatan atau jalan tol, konsumsi bahan bisa mencapai 25-26 km/liter. Namun pada beberapa kesempatan, efisiensinya berkurang hingga menjadi 20-22 km/liter.

Konsumsi bahan bakar yang irit atau boros tentu saja bergantung pada gaya berkendara serta kondisi berkendara. Namun Nissan All New Livina sudah mendapatkan fitur Eco Mode yang memungkinkan pengemudi mengatur gaya berkendara demi menghemat bahan bakar.

Pada cluster instrumen, terdapat LCD yang akan memperlihatkan beragam informasi berkendara, mulai dari konsumsi bahan bakar rata-rata, jarak tempuh, serta mode berkendara ekonomis dengan Eco Mode.

Berkat dual injektor

Selain beberapa percobaan untuk menghitung konsumsi bahan bakar Grand Livina baru, pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) sendiri menyebutkan ada tambahan khusus yang diberikan sehingga mobil ini mampu memberikan mesin yang irit.

All New Livina yang merupakan mobil Nissan terbaru saat ini menggunakan mesin 4A91 1.5L 4-silinder dengan tenaga maksimal 102.5 daya kuda pada putaran 6.000 rpm serta 138 Nm pada putaran 4.000. Untuk efisiensi mesin, Nissan Livina baru menggunakan DOHC dan twin VTC dengan sistem bahan bakar Electronic Concentrate-engine Control System).

Mengulas Lebih Dalam Konsumsi Bahan Bakar Nissan Livina 02

Teknologi tambahan yang diberikan pada New Nissan Livina generasi terbaru adalah dua injektor untuk satu silinder mesin. Dijelaskan oleh Sugihendi selaku Trainer Nissan College, dua injektor tersebut bukan menyemprotkan cairan, tapi kabut.

Sugihendi menjelaskan bahwa bahan bakar bakar yang disemprotkan homogen yang lebih banyak akan menghasilkan konsumsi yang lebih irit. Tapi Sugihendi tidak sempat menyebutkan berapa detail bahan bakar yang bisa disimpan.

Namun dibandingkan mesin dengan teknologi single injektor, Sugihendi menyebutkan konsumsinya meningkat 10%. Hal ini terlihat dengan perbandingan New Nissan Livina generasi terdahulu. Tapi soal perawatan, tidak ada perbedaan dibandingkan model sebelumnya.

Fitur dan teknologi Nissan Livina

Sejak diperkenalkan tahun lalu, kehadiran Nissan Intelligent Mobility mengubah rasa berkendara New Nissan Livina baru dengan hadirnya berbagai teknologi serta sistem baru yang disematkan.

New Nissan Livina generasi terbaru sudah dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist yang berguna untuk membantu menjaga posisi mobil ketika berhenti pada tanjakan. Selain untuk keselamatan, fitur ini tentu saja mempengaruhi konsumsi bahan bakar.

Mengulas Lebih Dalam Konsumsi Bahan Bakar Nissan Livina 03

Fitur Traction Control System (TCS) yang bisa dengan mudah ditemukan pada mobil-mobil model terbaru memberikan kenyamanan pada saat menerobos tikungan. Teknologi ini mampu mencegah ban slip sehingga sulit dikendalikan.

Selain itu, ada pula fitur Vehicle Dynamic Control yang membantu Anda ketika berkendara di kondisi jalan yang licin atau basah setelah hujan. Fitur ini akan meningkatkan rasa berkendara serta membantu pengendaraan tetap stabil.

Mengulas Lebih Dalam Konsumsi Bahan Bakar Nissan Livina 04

Selain konsumsi bahan bakar yang cukup baik, kenyamanan di dalam mobil Nissan All New Livina juga ditunjang dengan suspensi yang empuk. Nissan Livina yang merupakan mobil Nissan terbaru menggunakan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan serta Torsion beam dengan Stabilizer di bagian belakang.

Secara keseluruhan, sebagai MPV yang dikhususkan untuk keluarga Indonesia, konsumsi bahan bakar New Nissan Livina yang merupakan mobil Nissan terbaru cukup hemat dibandingkan model lain di segmen yang sama. Tak lupa, Nissan menghadirkan berbagai teknologi yang dipasangkan pada Nissan Livina baru untuk meningkatkan efisiensi mesin selama berkendara.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Nissan Livina E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil