window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mercedes AMG EQS 53, Sedan Listrik yang Tenaganya Lebih Kuat dari Lamborghini Aventador

Evan · 8 Sep, 2021 13:00

Mercedes AMG EQS 53, Sedan Listrik yang Tenaganya Lebih Kuat dari Lamborghini Aventador 01

Plakat nama EQ merupakan brand baru khusus kendaraan listrik Mercedes-Benz yang mulai diperkenalkan dua tahun lalu. Model pertama EQ saat itu adalah tipe EQC, mengambil basis dari GLC class.

Lanjut kemudian diteruskan oleh model kedua yaitu EQS, yang meluncur di awal tahun ini. EQS menggunakan sasis milik S Class W223, sedan premium termewah Mercedes-Benz.

Rupanya keseriusan Mercedes-Benz untuk terjun kedalam kelas mobil listrik premium tidak hanya berhenti pada dua model saja. Tak tanggung-tanggung pabrikan Jerman ini meluncurkan empat model baru di acara IAA Mobility Munich 2021.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca Juga:Mercedes-Benz EQS dan S-Class PHEV Akan Dirakit di Thailand Tahun Ini. Rencana Masuk Indonesia Tahun Depan

AMG EQS 53, Mobil Listrik Performa Tinggi Pertama Mercedes

Mercedes AMG EQS 53, Sedan Listrik yang Tenaganya Lebih Kuat dari Lamborghini Aventador 01

Hadir dengan sederet ubahan 

Tangan-tangan terampil dari AMG sepertinya tidak tahan untuk langsung memodifikasi EQS standar. Karena baru beberapa bulan setelah peluncurannya, kini hadir versi kencang dari sedan elektrik tersebut. Mobil ini pun dinamai Mercedes-Benz AMG EQS 53.

Mercedes AMG EQS 53, Sedan Listrik yang Tenaganya Lebih Kuat dari Lamborghini Aventador 02

Tampang agresif

Bagian eksterior merupakan ubahan terbesar dari mobil ini. Lihat saja bemper depan yang lebih agresif dari varian standar. Serta penggunaan gril panamericana khas model AMG membuat mobil ini tampil beda. 

Mercedes AMG EQS 53, Sedan Listrik yang Tenaganya Lebih Kuat dari Lamborghini Aventador 03

Hadir spoiler belakang

Belum lagi pelek standar diganti model multispoke dengan ukuran 22 inci, membuat kolong mobil ini terlihat penuh dan berisi. Ke bagian belakang hadir diffuser model baru dan spoiler serta tambahan emblem AMG.

Baca Juga:Songsong Era Mobil Listrik di Indonesia, Mercedes-Benz Tak Ingin Gegabah

Pakai Baterai Lebih Besar Biar Tenaga Makin Meningkat

Mercedes AMG EQS 53, Sedan Listrik yang Tenaganya Lebih Kuat dari Lamborghini Aventador 04

Baterai lebih besar

Baterai mobil ini juga mengalami penambahan kapasitas, dengan total 107,8 kWh. Dengan kapasitas baterai yang lebih besar, Mercedes-Benz dapat menyalurkan arus ke motor listrik lebih besar pula. 

Mercedes AMG EQS 53, Sedan Listrik yang Tenaganya Lebih Kuat dari Lamborghini Aventador 05

Desain mirip CLS

Baterai kemudian dihubungkan dengan dua motor elektrik. Satu dipasang di roda depan dan lainnya pada poros roda belakang. Ketika digabungkan mampu menghasilkan tenaga hingga setara 760 PS dan torsi 1020 Nm. Sebagai catatan, Lamborghini Aventador yang pakai mesin 6.5-liter V12 saja hanya punya tenaga 750 PS.

Menurut pengujian Mercedes-Benz, mobil ini dapat sprint 0-100 km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik saja. Sedangkan kecepatan maksimum dibatasi di 250 kpj walaupun diyakini bsia lebih kencang dari itu.

Mercedes AMG EQS 53, Sedan Listrik yang Tenaganya Lebih Kuat dari Lamborghini Aventador 06

Emblem AMG pada mobil listrik, kenapa tidak?

Angka yang luar biasa ini ditambah dengan jarak sekali pengisian baterai mencapai 526 km hingga 580 km. Supaya dapat memberikan range yang lebih, Mercedes Benz menyematkan regenerative braking yang lebih kuat menggunakan sistem i-Booster.

Baca Juga : Edisi Penutup Mercedes-Benz C-Class W205 Resmi Meluncur, Harga Naik Rp 30 Jutaan

Interior Serba Hitam Terkesan Sporty

Mercedes AMG EQS 53, Sedan Listrik yang Tenaganya Lebih Kuat dari Lamborghini Aventador 07

Setir flat bottom dan Hyperscreen

Masuk ke dalam, pengemudi akan disajikan interior yang sepenuhnya berwarna hitam. Hanya ada sedikit jahitan merah dengan emboss AMG di sandaran jok sebagai penanda bahwa mobil ini merupakan varian kencang. Tak lupa hadir ada setir flatbottom dengan balutan alcantara khas AMG.

Mercedes AMG EQS 53, Sedan Listrik yang Tenaganya Lebih Kuat dari Lamborghini Aventador 08

Interior mewah dan futuristis

Desain interior masih sama seperti EQS standar, hadir memberikan kesan futuristik dan canggih. Tiga buah layar tetap juga tetap hadir seperti sebelumnya, dengan layar besar pada bagian tengah dashboard disebut Mercedes-Benz sebagai Hyperscreen. 

Material jok kelas wahid tentu saja ada, mengingat mobil adalah S class yang diberi baju baru. Begitu pula soal fitur, mulai dari asisten suara MBUX hingga adaptive cruise control semuanya hadir sebagai standar di mobil ini.

Kecil Kemungkinan Bisa Masuk Indonesia?

Mercedes AMG EQS 53, Sedan Listrik yang Tenaganya Lebih Kuat dari Lamborghini Aventador 09

Pabrik di Thailand menjadi basis produksi ASEAN

Walaupun Mercedes Benz mengatakan bahwa EQS akan hadir di Indonesia melalui pabrik mereka di Thailand tahun depan, tetapi belum ada kepastian mengenai varian performa Mercedes AMG EQS 53 untuk dijual di Tanah Air.

Tapi tentunya kita berharap Mercedes-Benz Indonesia bisa membuka keran inden mobil ini bagi peminat meskipun bukan dalam jumlah banyak. 

Baca Juga:Mercedes-Benz Hadirkan Varian Elektrifikasi EQT Concept pada Keluarga T-Class Terbaru

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2021 Mercedes-Benz S-Class S 450 4MATIC Luxury

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil