window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Mercedes-Benz EQS dan S-Class PHEV Akan Dirakit di Thailand Tahun Ini. Rencana Masuk Indonesia Tahun Depan

Budi · 25 Agu, 2021 09:30

Langkah Thailand untuk memperluas penggunaan kendaraan elektrifikasi terus dilakukan termasuk ke segmen mobil premium. Kemarin (24/8), Mercedes-Benz Thailand baru saja mengumumkan bahwa mereka akan memulai produksi mobil listrik mereka dengan merakit Mercedes-Benz EQS 2022 dan S-Class PHEV mulai Semester 2 tahun 2021 ini.

Mercedes-Benz EQS dan S-Class PHEV Akan Dirakit di Thailand Tahun Ini. Rencana Masuk Indonesia Tahun Depan 01

Hal ini tentunya juga seiring akan diluncurkan kedua produk flagship tersebut, ditambah dengan akan meluncurnya dua model flagship lainnya di kelas berbeda, yaitu SUV Mercedes-Maybach GLS serta Sport Saloon Mercedes-AMG S-Class. Yang menarik, dengan dimulainya perakitan EQS di Thailand, maka hal ini menjadi produk Mercedes-Benz EQS pertama yang dirakit di luar Jerman. Sementara untuk Maybach GLS serta AMG S-Class tetap akan diimpor secara Completely Built-Up (CBU).

Mercedes-Benz EQS dan S-Class PHEV Akan Dirakit di Thailand Tahun Ini. Rencana Masuk Indonesia Tahun Depan 02

Mercedes-Maybach GLS salah satu SUV termewah di dunia 

“Di paruh kedua 2021, Mercedes-Benz tengah mempersiapkan serangkaian hal baru untuk segmen mobil mewah di Thailand, dimulai dengan perkenalan dua mobil mewah baru yang dapat memikat konsumen dengan detail terbaik mereka – Mercedes-Maybach GLS, kendaraan yang paling tepat digambarkan sebagai level baru SUV mewah, yang menawarkan kemewahan dan kenyamanan tertinggi dalam setiap detail dan EQS baru, kendaraan listrik pertama yang diproduksi di Thailand,” ujar Roland Folger, President and CEO of Mercedes-Benz (Thailand) Co.Ltd.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mercedes-Benz EQS dan S-Class PHEV Akan Dirakit di Thailand Tahun Ini. Rencana Masuk Indonesia Tahun Depan 01

Mercedes-Benz memiliki pabrik baterai sendiri di Thailand

Sejak tahun 2019 Mercedes-Benz AG telah menginvestasikan lebih dari 100 juta Euro dengan mendirikan pabrik baterai di Thailand. Pabrik baterai Bangkok merupakan perusahaan patungan antara Mercedes-Benz AG dengan Thonburi Automotive Assembly Plant (TAAP) dan Thonburi Energy Storage Systems (TESM), dan menjadi milik Daimler yang ketujuh di seluruh dunia.

Baca juga: Ditawarkan Rp 3 Miliar Lebih, Mercedes-Benz S-Class 2021 Siap Manjakan Para Sultan

Mercedes-Benz EQS

Pada lini kendaraan listrik Mercedes-Benz, EQS adalah model flagship yang memiliki tingkatan nyaris serupa dengan S-Class. Mobil ini menjadi produk mobil istrik pertama yang sepenuhnya dirakit oleh Mercedes-Benz Thailand, dan akan dibuat pada pabrik yang memang disiapkan khusus untuk kendaraan listrik. Mobil ini akan mulai diperkenalkan pada akhir tahun 2021 dan secara resmi akan dijual pada tahun 2022.

Mercedes-Benz EQS dan S-Class PHEV Akan Dirakit di Thailand Tahun Ini. Rencana Masuk Indonesia Tahun Depan 02

Ada dua varian Mercedes-Benz EQS yang ditawarkan

Saat ini setidaknya ada dua varian EQS yang ditawarkan oleh Mercedes-Benz, yaitu EQS 450+ dan EQS580 4Matic, dimana keduanya sama-sama mengusung baterai berkapasitas 107,8 kWh. EQS 450+ memiliki daya hingga 333 PS dengan torsi 568 Nm berpenggerak roda belakang dan mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 6,2 detik. Sementara EQS 580 4Matic berpenggerak All Wheel Drive, menghembuskan daya hingga 523 PS dan torsi puncak hingga 855 Nm. Akselerasi 0 -100 km/jam dapat diraih hanya dalam 4,3 detik.

Mercedes-Benz EQS dan S-Class PHEV Akan Dirakit di Thailand Tahun Ini. Rencana Masuk Indonesia Tahun Depan 03

Interios Mercedes-Benz EQS yang mewah dan futuristik

Baca juga: Ini Dia Spesifikasi Mercedes-Maybach S-Class V12, Torsinya Tembus 1.000 Nm!

Mercedes-Benz S-Class PHEV

Model yang satu ini menjadi salah satu produk terbaru Mercedes-Benz yang baru akan diperkenalkan pada ajang Munich International Auto Show di bulan September mendatang. S-Class berteknologi hybrid dengan kemampuan plug-in ini akan langsung dijual di Thailand begitu produksinya juga sudah dimulai pada akhir tahun ini.

Mercedes-Benz EQS dan S-Class PHEV Akan Dirakit di Thailand Tahun Ini. Rencana Masuk Indonesia Tahun Depan 04

Mercedes-Benz S-Class PHEV akan meluncur perdana pada September mendatang

Model Mercedes-Benz S580e ini akan menawarkan mesin 6-silinder 3.0 liter turbocharger dengan kompresor elektrik. Berpadu dengan motor listrik yang ditenagai baterai 29 kWh, mobil ini menawarkan tenaga puncak (kombinasi) hingga 516 PS dan torsi 750 Nm. Melalui transmisi otomatis 9-speed, mobil ini mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 5,0 detik.

Baca juga: Seharga Xpander Baru, Ini Kelebihan Mercedes-Benz S-Class W221 yang Juga Dipakai Presiden SBY Hingga Jokowi

Mobil Listrik Mercedes-Benz di Indonesia

Pada awal tahun 2021, pihak PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) sempat mengumumkan rencana mereka untuk meluncurkan sepuluh mobil baru pada 2021 dimana dua di antaranya adalah mobil listrik. Deputy Director Sales Operation & Product Management MBDI Kariyanto Hardjosoemarto menerangkan bahwa mobil listrik merupakan masa depan dan akan menjadi tren global termasuk di Indonesia.

Mercedes-Benz EQS dan S-Class PHEV Akan Dirakit di Thailand Tahun Ini. Rencana Masuk Indonesia Tahun Depan 05

Mercedes-Benz E300e menjadi mobil elektrifikasi yang sudah ditawarkan di Indonesia

Meski begitu, dalam perkembangan selanjutnya, akibat pandemi Covid-19 yang memasuki gelombang ke-2 tahun 2021 ini, rencana MBDI tersebut disebut-sebut urung dilaksanakan. Seperti diberitakan oleh bisnis.com, mobil listrik Mercedes-Benz baru akan mengaspal di Indonesia pada tahun 2022 mendatang. Kariyanto menyampaikan, pihaknya akan meluncurkan mobil listrik Mercedes-Benz EQS dan satu model lain yang sampai saat ini masih dalam tahap finalisasi.

Baca juga: Mercedes-Benz S-Class Generasi Baru Pakai MBUX yang Semakin Humanis

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Mercedes-Benz S-Class S 450 4MATIC Luxury

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil