MG ZS Facelift 2021 Vs Honda HR-V, Apakah yang Mulai Terlihat Usang Sudah Saatnya Ditinggalkan?

Enda · 12 Sep, 2021 08:03

MG ZS Facelift 2021

MG Motor Indonesia suah secara resmi meluncurkan line up terbarunya, yakni MG ZS facelift 2021. Sebagai SUV kompak B-segmen rival utama Honda HR-V, ZS facelift kini hadir dengan tampilan yang lebih memukau. Hal ini terlihat dari wajahnya yang kini terkesan tambah eye-catching sekaligus atraktif.

Mengusung tema ‘Amazing Style of You’, MG ZS facelift juga menawarkan sejumlah pembaruan dari sisi interior yang semakin mempertegas kesan stylish.

Bicara tampilan luar, produk terbaru MG ini berhasil disematkan grill dengan tampilan heksagonal yang dipadukan bumper berpenampilan sporty serta adanya fog lamp dengan desain menyudut.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Selain itu, tampilan lampu utama MG ZS facelift juga turut berubah, dimana desain lampunya kini lebih tajam dan pipih yang mana sudah memperoleh LED bar berbentuk panah yang saling berhadapan. Perlu Anda ketahui juga, lampu utama dari mobil ini lebih modern karena telah menggunakan LED projector.

MG ZS Facelift 2021 Vs Honda HR-V, Apakah yang Mulai Terlihat Usang Sudah Saatnya Ditinggalkan? 01

Bagian belakang MG ZS facelift

Bergeser ke bagian samping, lekukan gaya desain yang diterima MG ZS facelift terlihat sama seperti generasi pre-facelift. Hanya saja pada lingkar rodanya kini menganut tomahawk alloy wheels berdimensi R16-17 inci (tergantung tipe). Untuk varian dengan velg R17 kini mendapatkan desain yang lebih sporty, dilabur dengan pewarnaan dual-tone.

Menengok buritannya, MG ZS 2021 menerima sedikit revisi tampilan yang terasa lebih udpate. Untuk stop lampnya saat ini hadir dengan lampu LED yang lebih dinamis. Bumper belakangnya pun turut mendapat rombakan untuk memberikan tampilan lebih sporty menyesuaikan dengan gaya lekukan pada fascianya.  

Bila melihat tampilan dalam, nuansa interior daripada mobil ini terasa semakin berkelas yang mana sudah mendapatkan balutan two-tone soft touch leather berkombinasi warna coklat-hitam pada dashboard, new front arm rest/konsol tengah, dan jok.

Mendapatkan ubahan yang semakin ‘up to date’, apakah spesifikasi MG ZS facelift ini terbilang lebih lengkap dan canggih dari Honda HR-V? Berikut perbandingan spesifikasi keduanya.

Baca juga : Wajib Tahu, Ini 10 Fokus Ubahan New MG ZS dengan Versi Lama

Dimensi MG ZS Facelift Lebih Besar dari Honda HR-V?

MG ZS Facelift 2021 Vs Honda HR-V, Apakah yang Mulai Terlihat Usang Sudah Saatnya Ditinggalkan? 02

Dimensi MG ZS lebih besar dari Honda HR-V

Secara data, MG ZS facelift memiliki panjang 4.323 mm, lebar 1.809 mm serta tinggi 1.653 mm. Untuk wheelbasenya tercatat 2.585 mm.

Perbandingan Dimensi
Dimensi MG ZS facelift 2021 Honda HR-V
Panjang 4.323 mm 4.294 mm
Lebar 1.809 mm 1.772 mm
Tinggi 1.653 mm 1.580 mm
Jarak sumbu roda 2.585 mm 2.610 mm

Bila melihat keduanya, secara dimensi MG ZS facelift sedikit lebih besar dibandingkan Honda HR-V dari sisi data secara keseluruhan.

Fitur Unggulan MG ZS Facelift Vs Honda HR-V Mana yang Lebih Lengkap?

MG ZS Facelift 2021 Vs Honda HR-V, Apakah yang Mulai Terlihat Usang Sudah Saatnya Ditinggalkan? 03

Tampilan interior MG ZS facelift

Mengetahui fitur unggulan yang dimiliki MG ZS facelift, mobil ini tersematkan Follow Me Home Light, Electric Adjustable Driver Seat, head unit 10.1 inci yang mendukung format Apple CarPlay & Android Auto, Bluetooth serta memiliki kemampuan screen mirroring smartphone,

Di mobil ini juga ada 2.5 Filter Air Purifying, 360 derajat omni directional camera, layar 7 inch digital instrument cluster, Electric I-MAX Panoramic Sunroof (Magnify), Power Retractable Door Mirror, Roof Rail, Push Start Button, Immobilizered Key & Security Alarm serta Multi Function Steering Wheel - Audio and Bluetooth Phone Control.

MG ZS Facelift 2021 Vs Honda HR-V, Apakah yang Mulai Terlihat Usang Sudah Saatnya Ditinggalkan? 04

Interior Honda HR-V

Melihat Honda HR-V, mobil ini memperoleh fitur unggulan berupa Auto A/C with smart touch, Sport Pedal Pad, Paddle Shift, Head unit 8 floating yang mendukung format Bluetooth connection serta Smartphone Connection, Auto Levelling, Power Retractable Door Mirror, Smart Entry System, Key Type, Auto Door Lock, Immobilizer dan Alarm System.

Untuk kalian ketahui, Honda HR-V bermesin 1.5 L belum dilengkapi dengan Panoramic Sunroof. Hanya varian Prestige yang punya fitur atap kaca ini.

Fitur Keselamatan MG ZS Facelift Lebih Mumpuni dari Honda HR-V

MG ZS Facelift 2021 Vs Honda HR-V, Apakah yang Mulai Terlihat Usang Sudah Saatnya Ditinggalkan? 05

Fitur keselamatan MG ZS facelift

Melihat fitur keselamatan yang ada pada MG ZS facelift, mobil ini sudah tersematkan teknologi canggih, diantaranya; Body Structure : FSF (Full Space Frame), Cruise Control, Electronic Parking Brake (EPB), Auto Vehicle Hold (AVH), EBA (Electronic Brake Assist), SCS (Stability Control System), CBC (Curve Brake Control), TCS (Traction Control System), HSA (Hill Start Assist System), HDC (Hill Descent Control System), ESS (Emergency Stop Signal), TPMS (Tire Pressure Monitor System), ASL (Active Speed Limit) dan ESS (Emergency Stop Signal).

Dan sebagai keselamatan standar, mobil ini juga dilengkapi 6 Points Airbags: Front, Side and Curtain Airbags, ABS (Anti-Lock Braking System) EBD (Electronic Brake Force Distribution), Front Seat Belt with Pretensioners and Load Limiters, sabuk pengaman dengan 3 Titik / 3 Points Rear Seat Belts; 3 Positions, Rear Parking Sensors, Rear View Camera, Ventilation Disc Brake pada roda depan, Disc Brake di roda belakang, dan ISOFIX.

Baca juga: SUV Kecil Honda Pesaing Toyota Raize Rilis Tahun Depan, Pakai Mesin City Hatchback

MG ZS Facelift 2021 Vs Honda HR-V, Apakah yang Mulai Terlihat Usang Sudah Saatnya Ditinggalkan? 06

Fitur keselamatan Honda HR-V

Bicara pesaingnya, faktor keselamatan pada Honda HR-V dilengkapi dengan Dual Airbags (6 titik Airbags tipe Prestige), G-CON + ACE With Side Impact Beam, Motion Adaptive EPS (Electronic Power Steering) + VSA (Vehicle Stability Assist), sabuk pengaman dengan 3 Titik / 3 Points Rear Seat Belts; 3 Positions, Seat Belt Reminder, HSA (Hill Start Assist System), ISOFIX + Tether, Emergency Stop Signal, Ventilation Disc Brake pada roda depan, Solid Disc di roda belakang dan terakhir Brake Override System.

Lainnya, Honda HR-V turut mendapatkan fitur keselamatan berupa; ABS + EBD + BA, Electric Parking Brake, Auto Brake Hold, dan Multi Angle Rear View Camera.

Soal Tenaga, Honda HR-V Lebih Unggul

MG ZS Facelift 2021 Vs Honda HR-V, Apakah yang Mulai Terlihat Usang Sudah Saatnya Ditinggalkan? 07

MG ZS facelift disematkan mesin 1.5L

Bermodalkan mesin 15S4C DOHC 4-silinder segaris 16 Valve VTi – TECH Multi - Point Fuel Injection 1.498 cc, MG ZS facelift mampu melecutkan tenaga 114 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal 150 Nm @4.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan kemudian diatur menggunakan transmisi otomatis CVT 8 percepatan yang menjanjikan kenyaman berkendara secara lebih baik.

Sebenarnya Honda HR-V mendapat dua pilihan mesin, 1.5L dan 1.8L. Namun agar lebih tepat, kami akan membandingkannya dengan varian 1.5L.

MG ZS Facelift 2021 Vs Honda HR-V, Apakah yang Mulai Terlihat Usang Sudah Saatnya Ditinggalkan? 08

Mesin 1.5L Honda HR-V menghasilkan tenaga yang lebih besar

Secara data di atas kertas, Honda HR-V 1.5L telah mengusung teknologi SOHC i-VTEC + DBW, 4-silinder segaris ini mampu menghasilkan tenaga hingga 120 PS @6.600 rpm serta torsi maksimalnya mencapai 145 Nm @4.600 rpm. Untuk perindahan giginya, mesin yang digunakan dikawinkan dengan transmisi CVT with Earth Dream Technology serta manual 6-percepatan.

Kesimpulan

Setelah membandingkan keduanya, dapat ditarik kesimpulan bahwa MG ZS facelift jauh lebih unggul dari Honda HR-V untuk dimensi, fitur unggulan, serta fitur keselamatan.

Tidak dengan performa, meski keduanya sama-sama menawarkan mesin berkubikasi 1.5L, diketahui bahwa tenaga yang diperoleh Honda HR-V jauh lebih unggul. Namun untuk torsi, MG ZS facelift juaranya.

Baca juga : Fitur Lebih Lengkap, Mending Kia Sonet Baru Daripada Honda HR-V Bekas 2019?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

MG ZS 1.5L Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru