window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Niat Beli Mitsubishi Xpander, Pertimbangkan Hal Ini Dulu

Samuel Tito · 24 Agu, 2020 20:00

Niat Beli Mitsubishi Xpander, Pertimbangkan Hal Ini Dulu 01

Sejak diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Show 2017, Mitsubishi Xpander langsung populer. Penjualan Mitsubishi Xpander juga mampu menyalip juara bertahan Toyota Avanza. Dengan harga yang relatif irit, Mitsubishi Xpander bisa menjadi pilihan lain bagi konsumen MPV Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Honda BR-V, dan Wuling Cortez.

Mobil Mitsubishi Xpander memiliki total 8 tipe dengan mobil Mitsubishi Xpander GLX sebagai varian terendah. Harga Mitsubshi Xpander 2020 berkisar dari Rp 243 juta hingga Rp 275 jutaan. Harga mobil Xpander ini tidak beda jauh dengan charga expander 2019.

Mitsubishi menangkap kebutuhan dan karakteristik pasar Indonesia melalui mobil Xpander. Mitsubishi Xpander merupakan MPV yang menjaga kenyamanan dan relaksasi kabin dengan tetap mengadopsi ciri khas SUV yaitu desain yang sporty dan juga ketangguhan berkendara.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dari segi tampilan eksterior, Mitsubishi Xpander mobil ini mudah menarik perhatian karena desainnya yang garang dan segar. Desain Dynamic Shield pada bagian muka, dengan garis-garis bodi yang modern mengesankan karakter SUV yang kokoh dan ditunjang velg berukuran 16 inci terbesar di kelasnya.

Interior kabin yang lapang membuat Mitsubishi Xpander mampu menampung tujuh orang dengan susunan jok tiga baris yang bisa diatur secara fleksibel. Sebagai mobil yang dipersiapkan untuk penggunaan sehari-hari, Xpander memiliki banyak ruang penyimpanan multifungsi di setiap sisinya serta soket listrik di baris depan, tengah dan ketiga (khusus untuk tipe Ultimate Sport dan Exceed).

Semakin besar akses pintu dan ketinggian pintu belakang yang disesuaikan dengan ketinggian rata-rata orang Indonesia juga mengurangi resiko tabrakan. Dari segi spesifikasi, mobil Mitsubishi Xpander dengan panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm dan tinggi 1.695 mm (varian GLS & GLX) dan 1.700 mm (varian Ultimate, Sport dan Exceed) ini mengusung mesin 1.500cc.

Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga sebesar 104dk / 6000rpm dan torsi 141 Nm / 4000 rpm yang disalurkan melalui dua pilihan transmisi, manual dan otomatis. Mobil ini juga memiliki ground clearance 205 mm, sehingga bisa diandalkan untuk melibas jalanan di Indonesia.

Kenyamanan berkendara Mitsubishi Xpander di berbagai medan juga dijamin melalui performa tangguh kombinasi mesin 1.5 L MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System) yang mengatur bukaan katup (valve) untuk menyemprotkan bahan bakar dan udara sesuai kebutuhan.

Dilengkapi dengan katup peredam kejut baik di bagian depan maupun di belakang, suspensi mobil X pander akan terasa lebih stabil dan nyaman. Kenyamanan juga akan ditingkatkan dengan fitur KOS (Keyless Operation System) dimana pengemudi dapat membuka pintu dan menyalakan mesin tanpa harus melepas kunci.

5 Alasan Pendorong Beli Mitsubishi Xpander

1. Tampilan luarnya gagah bahkan seperti Pajero Sport. Dari segi desain, ini merupakan MPV yang cukup menarik di kelasnya. Desain eksterior mobil Xpander juga menawan, dengan perisai dinamis yang unik dengan tata letak lampu yang tidak biasa.

Niat Beli Mitsubishi Xpander, Pertimbangkan Hal Ini Dulu 01

2. Dimensi terbesar dikelasnya, lebih panjang 28,5 cm dan lebih lebar 9 cm dari Avanza.

Niat Beli Mitsubishi Xpander, Pertimbangkan Hal Ini Dulu 02

3. Ground Clearance Xpander tertinggi di kelasnya, yaitu 205 mm, apalagi tidak ada tonjolan gardan dibagian bawah, membuat daya jelajahnya lebih baik dari Avanza.

4. AC Double Blower di semua tipe. Berbeda dengan Xenia dan Ertiga yang tidak dilengkapi AC double blower pada varian terbawahnya.

Niat Beli Mitsubishi Xpander, Pertimbangkan Hal Ini Dulu 03

5. Fitur keamanan cukup lengkap. Untuk rem saja (kecuali varian terendah), fitur rem mobil Mitsubishi Xpander dibekali ABS + EBD + BA, sedangkan Avanza hanya ABS, Ertiga dan Mobilio hanya ABS + EBD. Kemudian fitur Hill Start Assist Control (HSA / HAC) - Mencegah mobil mundur saat harus berhenti menanjak. Fitur ini tidak umum pada low MPVs, tetapi masih pada mobil mewah seperti Honda HR-V, CR-V, dan Toyota Sienta.

5 Alasan Tidak Membeli Mitsubishi Xpander

Selain memiliki banyak kelebihan, Mitsubishi Xpander mobil juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan mobil ini antara lain.

1. Varian tertinggi akan semakin kompetitif di kelas SUV rendah, sehingga tidak terjangkau konsumen low MPV. Nah buat kamu yang cuma punya 200 jutaan aja bisa gigit jari melihat kemewahan dan gagahnya varian mobil Xpander tertinggi.

Harganya berkisar Rp.217,8 paling rendah, sedangkan yang tertinggi Rp275,1 juta.

Niat Beli Mitsubishi Xpander, Pertimbangkan Hal Ini Dulu 04

2. Bodi Mitsubishi Xpander banyak dinilai oleh konsumen otomotif Indonesia tergolong tipis, kualitas bodi dinilai kurang memadai.

3. Mengenai suku cadang pada Mitsubishi Xpander, ketersediaan komponen untuk mobil eXpander dinilai sulit untuk ditemukan.

Niat Beli Mitsubishi Xpander, Pertimbangkan Hal Ini Dulu 05

4. Kekurangan lainnya juga terdapat pada sisi transmisi. Dimana umumnya transmisi matik yang disematkan hanya berlaku pada varian mobil Xpander tertinggi.

Dengan tingkat akselerasi yang hanya menyentuh angka 4 dari jumlah mobil MPV yang saat ini menggunakan 6 percepatan untuk transmisi matik.

Niat Beli Mitsubishi Xpander, Pertimbangkan Hal Ini Dulu 06

5. Tidak dapat dipungkiri bahwa material interior Mitsubishi Xpander masih terkesan murahan. Misalnya dari sisi AC, kami masih menggunakan model rotari, bukan digital. Pesaing seperti Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, dan Daihatsu Xenia sudah menggunakan AC dengan panel digital. Tentunya hal ini membuat kabin semakin mewah dan modern.

Kesimpulan

Kehadiran Mitsubishi Xpander cukup memberikan warna baru pada segmen low multi purpose vehicle (LMPV) di Indonesia. Bagaimana tidak, desain yang revolusioner menjadi daya tarik dari mobil keluarga andalan Mitsubishi ini.

Produk yang berbagi platform dengan Nissan Livina terbaru memiliki desain yang dinamis dan modern. Hal ini mungkin membuat banyak orang menjauh dari Avanza-Xenia yang sudah lama mendominasi pasar LMPV.

Mobil yang harganya selalu naik dan sampai saat ini belum ada diskon pun tak luput dari sejumlah kekurangan. Meski kekurangan ini diatasi dengan sejumlah kelebihan yang dibawanya. Dari penjelasan di atas semoga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi anda sebelum membeli Mitsubishi Xpander.

Samuel Tito

Automotive writer who cover in-depth reports in an easy-to-understand for the readers

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Xpander Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil