Pakai Mesin Xenia, Ini Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu YRV
Enda · 4 Feb, 2025 18:02
0
0
Ada beberapa kelebihan dan kekurangan Daihatsu YRV yang patut dipertimbangkan sebelum kalian membeli mobil ini. Unitnya memang cukup langka tapi sejatinya mobil tersebut memiliki kesamaan dengan model Daihatsu lainnya.
Kalau melihat sedikit sejarahnya, sebelum hadir Sirion, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah lebih dulu menjual Daihatsu YRV di Tanah Air. Sosoknya berupa mobil perkotaan berbentuk hatchback lima pintu, namun dengan tubuh yang sedikit lebih panjang, mirip MPV.
YRV hadir pertama kali di Indonesia pada Februari 2001 atau empat bulan setelah debut pertama di negara asalnya. Kala itu mobil tersebut didatangkan secara utuh atau Completely Build Up (CBU) dari Jepang. Mobil yang memiliki akronim Young Recreational Vehicle (YRV) tersebut ditawarkan dalam dua varian, yakni DLX dan STD.
Sebagai infromasi, DLX sendiri merupakan varian teratas dengan fitur lebih lengkap yang telah menggunakan transmisi otomatis. Beda dengan STD, tipe ini hanya disediakan gearbox manual. Bicara mengenai populasinya, di Indonesia YRV terbilang cukup langka. Tapi bukan berarti mobil ini tidak bisa ditemui di pasaran.
Saat ini ADM memang sudah tak lagi menjual YRV terbaru. Dijual hingga 2003, tercatat ADM hanya mendistribusikan sebanyak 305 unit YRV. Punya bentuk yang unik, fitur lengkap, serta performa tinggi, kini tak sedikit para pecinta otomotif memburunya untuk sekedar koleksi maupun kendaraan sehari-hari.
Tampil sebagai mobil perkotaan yang atraktif, untuk harga bekasnya Daihatsu YRV kini dibandrol mulai dari Rp50 jutaan. Jika kalian tertarik membelinya, ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.
1. Bermodalkan Mesin Xenia, Daihatsu YRV Sanggup Dipacu Hingga 180 Km/jam
Pakai mesin Xenia 1.300 cc, Daihatsu YRV bisa melaju hingga 180 km/jam
Saat diluncurkan pertama kali, YRV ditawarkan dengan tiga pilihan mesin, yakni 1.000 cc NA, 1.300 cc NA dan 1.300 cc turbo. Namun untuk pasar Tanah Air, ADM hanya menjual YRV dengan mesin 1.300 cc NA.
Mengenai jantung pacunya, mesin yang dibenamkan pada city car ini sama persis seperti yang tersematkan di Xenia gen-1. Menurut data, mesin berkodekan K3-VE 1.298 cc 4-silinder segaris 16-valve DOHC DVVT (Dynamic Variable Valve Timing) atau yang saat ini lebih dikenal VVT-i.
Mesin tersebut mampu melecutkan tenaga hingga 87 PS pada 6.000 rpm dengan torsi sebesar 120 Nm di 3.200 rpm. Memiliki bobot kendaraan tidak sampai satu ton, dengan mudah YRV mampu digeber hingga 180 km/jam.
2. Transmisi Otomatis Dilengkapi dengan Teknologi ECT
Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, Daihatsu YRV ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yaitu manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan. Bicara transmisi maticnya, gearbox-nya telah menganut teknologi ECT.
Sebagai informasi, ECT merupakan transmisi otomatis yang memanfaatkan teknologi elektronik untuk mengontrol kerja dari transmisi. ECT ini memiliki beberapa komponen elektoronik seperti sensor, modul serta actuator didalamnya. Mengenai cara kerjanya sendiri sama seperti matic konvensional, dan yang membedakan hanya speed sensor.
Tidak sampai disitu, transmisi matic yang ada pada YRV juga terbilang canggih di zamannya. Bagaimana tidak, transmisinya sudah dibekali dengan tiptronic yang cara pengoperasiannya terbilang cukup mudah. Dimana pengguna hanya perlu memindahkan tuas shift knob ke posisi D4, kemudian menekan tombol (+) dan (-) pada setir untuk menaikan serta menurunkan tingkat percepatan.
3. Mungil di Luar, Kabin Daihatsu YRV Cukup Lega
Kabin Daihatsu YRV terasa lega
Mempunyai panjang 3.765 mm, lebar 1.620 mm dan tinggi 1.550 mm, banyak yang mengira bahwa ruang kabin Daihatsu YRV terasa sempit. Padahal jika kalian singgah didalamnya, mobil ini terasa nyaman dan lega berkat konsep double wedge shape yang dianutnya.
Terlebih bangku belakangnya mobil ini bisa diatur untuk jarak serta dapat direbahkan dan dilipat menyesuaikan keinginan penggunanya guna mendapatkan kapasitas daya angkut barang lebih maksimal. Demi memberikan kenyamanan sekaligus pandangan yang lebih baik, jok belakangnya telah menganut konsep stadium seating yang dibuat lebih tinggi 75 mm.
4. Fitur Cukup Lengkap pada Eranya
Fitur Daihatsu YRV cukup lengkap
Memiliki status CBU Jepang, di tahun segitu untuk fiturnya Daihatsu YRV terbilang lengkap. Seperti yang bisa dilihat, didalamnya mobil ini telah disematkan dengan AC, central lock, head unit single din, power window, electric mirror dan power steering.
Bicara fitur keselamatan standarnya sendiri mencakup ABS, EBD, dual airbag, side impact beam, seatbelt di semua titik, serta penguat pilar pada atap.
5. Daihatsu YRV Punya Handling yang Baik
Handling Daihatsu YRV terasa stabil
Mengenai peredam kejutnya, untuk bagian depan Daihatsu YRV menggunakan suspensi berjeniskan MacPhersons Strut with Coil Spring, serta semi Independent with Torsion Axle Beam di roda belakangnya. Tingkat reborn yang dihasilkan, mobil ini terasa stabil serta memiliki handling yang baik ketika melakukan manuver dalam kecepatan yang cukup tinggi.
Beberapa suku cadang Daihatsu YRV memang memiliki substitusi atau persamaan dengan Sirion dan Xenia. Namun jika bicara parts body, bagian ini mulai sulit didapatkan. Untuk memperolehnya kalian bisa melakukan import dari Malaysia atau Singapura sama seperti beberapa parts slow moving lainnya.
2. Kaki-kaki Depan Cukup Ringkih
Seperti kebanyakan mobil berpenggerak roda depan, Daihatsu YRV juga terbilang ringkih untuk kaki-kakinya. Dengan begitu ketika melewati jalan yang berkontur sebaiknya memperlambat laju kendaraan guna memperpanjang umur kaki-kaki.
Spesifikasi Daihatsu YRV 2001
Dimensi
Panjang
3.765 mm
Lebar
1.620 mm
Tinggi
1.550 mm
Jarak sumbu roda
2.355 mm
Jarak ke tanah
145 mm
Ukuran roda
175/50 R15
Kapasitas tangki BBM
40 liter
Mesin
Tipe mesin
K3-VE DVVT DOHC
Jumlah silinder
4
Kapasitas silinder
1.298 cc
Daya maksimum
87 PS @6.000 rpm
Torsi maksimum
120 Nm @3.200 rpm
Transmisi
Otomatis 4-percepatan with ECT
Sistem penggerak roda
Penggerak roda depan
Sasis
Suspensi depan
MacPhersons Strut with Coil Spring
Suspensi belakang
Semi Independent with Torsion Axle Beam
Rem depan
Ventilated Disc
Rem belakang
Drum
Kesimpulan
Memiliki performa tinggi, handling stabil, mudah dalam perawatan, serta fitur yang lengkap, menurut kami beberapa kelebihan dan kekurangan Daihatsu YRV tadi bisa menjadi opsi bagi kalian yang sedang mencari sebuah city car kompak berpenampilan hatchback dengan harga terjangkau.
Tak hanya itu, mobil ini juga bisa menjadi investasi kedepannya. Mengingat prediksi kami untuk harga bekasnya YRV akan terus stabil bahkan beranjak naik berkat status CBU Jepang serta populasinya yang semakin langka.
Daihatsu YRV merupakan hatchback lima pintu yang diluncurkan Daihatsu di Jepang pada tahun 2000. Mobil ini murni hasil pengembangan dan produksi Daihatsu yang selain dipasarkan di Indonesia juga dijual di Eropa.
Daihatsu YRV pakai mesin apa?
Pada versi Jepang, Daihatsu YRV ditawarkan dengan tiga pilihan mesin, yakni 1.000 cc NA, 1.300 cc NA dan 1.300 cc turbo. Namun untuk pasar Tanah Air, ADM hanya menjual YRV dengan mesin 1.300 cc NA. Mesin yang sama persis seperti yang tersematkan di Xenia gen-1 itu berkode K3-VE 1.298 cc 4-silinder segaris 16-valve DOHC DVVT (Dynamic Variable Valve Timing) atau yang saat ini lebih dikenal VVT-i.
Apakah Daihatsu punya Toyota?
Daihatsu dan Toyota adalah dua merek otomotif yang saling berkolaborasi. Daihatsu berdiri pada 1 Maret 1907 sedangkan Toyota baru ada 30 tahun kemudian. Namun kini Toyota juga memiliki sebagian besar saham Daihatsu.
Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.