window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Seken Cuma Rp60 Jutaan, Apa Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sirion Gen-1?

Enda · 27 Apr, 2022 18:00

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Siron gen-1

Setelah dua tahun hadir di Negeri Jiran dengan nama Perodua Myvi, pada 2007 PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkenalkan Daihatsu Sirion di Tanah Air yang didatangkan langsung dari Malaysia dalam bentuk Completely Built Up (CBU).

Sebagai city car 5-seater, generasi pertama Sirion ini tampil dengan bentuk yang atraktif sekaligus proper layaknya hatchback kompak modern. Hal ini bisa dilihat dari bentuknya dimana Sirion gen-1 memiliki desain yang membulat di beberapa sisinya termasuk pada bumper serta sistem pencahayaannya.

Dapat diterima dengan baik oleh konsumen di Indonesia, tiga tahun setelah kemunculan pertamanya ADM memberikan penyegaran secara minor terhadap pesaing Suzuki Splash ini meliputi grill, bumper serta penambahan beberapa fitur.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Saat itu juga Sirion ditawarkan dalam dua varian, Femme dan Drift. Untuk Femme sendiri difokusnya menyasar segmen wanita muda dengan tampilan feminim berwarna merah muda. Beda halnya Drift, tipe ini terkesan lebih sporty berkat mendapat tambahan jok kulit hitam, body kit, velg 16 inci, body moulding, chrome muffler cutter dan spoiler di belakang.

Meski sudah tak lagi muda, Daihatsu Sirion gen-1 hingga kini masih cocok digunakan sebagai mobil keluarga yang memiliki jumlah anggota tidak lebih dari lima orang. Untuk harga bekasnya sendiri, pasarannya kini dibandrol Rp60 jutaan.

Apabila kalian tertarik membeli Daihatsu Sirion gen-1 dalam waktu dekat untuk digunakan sebagai mobil keluarga atau kegiatan lainnya, sebaiknya simak dulu kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Baca juga : FAQ Daihatsu Sirion 2021, Hatchback Termurah Apakah Fiturnya Melimpah?

Kelebihan Daihatsu Sirion Gen-1

1. Punya Banyak Ruang Penyimpanan

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Siron gen-1

Ruang penyimpanan cukup banyak

Diciptakan sebagai mobil perkotaan yang mampu mendukung segala bentuk aktifitas sehari-hari, generasi pertama Sirion ini mempunyai tempat ruang penyimpanan yang terbilang cukup banyak. Seperti yang bisa dilihat, didalamnya kalian bisa menjumpai adanya fitur seperti; glove box, cup holder di consol tengah, tempat koin, laci penyimpanan sandal di bawah jok penumpang depan, card holder, shopping hook, door trim pocket, serta tissue pocket.

2. Kabin Lega

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Siron gen-1

Ruang kabin Daihatsu Sirion gen-1 cukup lega

Meski terlihat mungil, untuk ruang kabinnya Daihatsu Sirion gen-1 terasa lega. Seperti yang bisa dilihat didalamnya, baris pertamanya dashboardnya dibuat menggantung, sehingga masih menyisakan ruang kaki di depan cup holder yang bisa dimanfatkan pengemudi atau penumpang depan.

Begitupun di baris kedua, gundukan lantainya dibuat tidak terlalu tinggi, sehingga membuat pijakan kaki penumpang di belakang bisa lebih leluasa saat bergerak.

3. Tarikan Mesin 1.300 Cc Cukup Responsif

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Siron gen-1

Mesin K3-VE 1.300 cc sama seperti yang digunakan Xenia

Bicara jantung pacunya, Daihatsu Sirion gen-1 dibenamkan mesin Xenia 1.300 cc. Menurut data di atas kertas, mesin berkubikasi 1.298 cc K3-VE, DOHC, VVTi 4-silinder segaris yang digunakan dapat memeras tenaga hingga 92 PS @6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 116 Nm @4.000 rpm. Untuk tingkat percepatannya sendiri, mobil ini dikawinkan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan ECT.

Mengenai akselerasinya, perpaduan antara mesin 1.3L bertenaga 92 PS dengan bobot kendaraan yang hanya sebesar 1,3 ton, mobil ini cukup responsif. Bahkan di jalan bebas hambatan mobil ini mampu melesat hingga 150 km/jam tanpa menimbulkan kesan limbung.

4. Perawatan Mudah dan Murah

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Siron gen-1

Perawatan gampang

Kelebihan Daihatsu Sirion gen-1 selanjutnya ada pada perawatannya. Menggunakan mesin Xenia, untuk perawatannya terbilang sangat mudah. Dimana kalian hanya cukup mengganti oli secara teratur, mengecek kondisi busi, membersihkan throttle body, serta mengganti filter udara dan filter oli. Untuk harga parts atau suku cadangnya pun sangat ramah di kantong.

5. Handling Terasa Baik

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Siron gen-1

Daihatsu Sirion gen-1 punya handling yang baik

Menggunakan suspensi Mac Pherson Struts yang di lengkapi dengan per keong di tambah teknologi Stabilizer di bagian depan, dan Torsion Beam dengan per keong di roda belakang, untuk handlingnya generasi pertama Sirion terasa stabil ketika melakukan manuver dalam kecepatan cukup tinggi. Bahkan setirnya ini mampu dikendalikan dengan baik berikat teknologi Electric Power Steering yang dianutnya.

Baca juga : Apakah Keunggulan Honda Brio RS Urbanite Edition Bikin Pede Hadapi Daihatsu Sirion?

Kekurangan Daihatsu Sirion Gen-1

1. Minim Fitur

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Siron gen-1

Fitur terbatas

Membandingkan dengan pesaingnya, Daihatsu Sirion gen-1 ini untuk fiturnya terbilang masih minim. Pada sistem hiburannya sendiri mendukung format radio, cd, mp3, AUX model tanam yang terasa sulit ketika ingin melakuan upgrade. Dari segi keselamatannya mengandalkan seatbelt serta airbag di varian teratasnya.

Meski demikian, mobil ini telah dilangkapi dengan fitur berupa power window dan electric mirror untuk memudahkan penggunanya dalam menaikan dan menurunkan kaca, serta mengatur posisi spion.

2. Bantingan yang Keras

Memiliki handling yang rigid dan baik ketika melakukan manuver, untuk bantingan yang dihasilkan mobil ini terasa cukup keras disaat melewati jalan yang keriting.

3.  Part Body Sulit Didapat

Kelebihan dan kekurangan Daihatsu Siron gen-1

Part body sulit didapat

Saat ini untuk part body Daihatsu Sirion gen-1 dipasaran sudah mulai jarang. Jika pun ada, harga yang ditawarkan terbilang cukup mahal.

4. Peredam Kabin Tipis

Untuk kekedapan kabin, mobil ini tidak bisa dibilang baik. Karenanya kalian masih bisa mendengar dengan jelas suara dari luar mobil meski kaca telah ditutup rapat-rapat.

Kesimpulan

Harga bekasnya dibandrol Rp60 jutaan, generasi pertama Daihatsu Sirion saat ini masih layak untuk dibeli jika kalian sedang mencari city car harga terjangkau serta mudah dalam perawatan.

Namun yang perlu diperhatikan kedepannya apabila setelah meminang mobil ini adalah part slow moving serta body part yang kini mulai sulit didapatkan.

Baca juga: Daihatsu Sirion Semakin Bertampang Keren, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil