window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbandingan Harga Honda Brio 2020 dan Bekas di Indonesia

Bent Aulia · 25 Okt, 2020 15:00

Perbandingan Harga Honda Brio 2020 dan Bekas di Indonesia 01

Siapa yang tak ingin mobil perkotaan yang bandel dan harga yang terjangkau? Salah satu pilihannya tentu saja Honda Brio. Harga Honda Brio 2020 menjadi yang paling rendah dari daftar harga mobil Honda lainnya di Indonesia. Menawarkan mesin yang bandel dan tahan lama, harga Brio bekas juga masih tetap stabil hingga saat ini. Simak perbandingan harga Brio terbaru dan bekas di bawah ini.

Harga Honda Brio bekas

Melihat sejarah Honda Brio secara global, mobil ini sudah ada hampir 10 tahun lamanya. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2011, Brio langsung menjadi bagian dari kendaraan terpopuler Honda yang diminati oleh konsumen di seluruh dunia.

harga mobil Brio bekas

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kehadirannya pertama kali masuk sebagai kendaraan Low Cost Green Car (LCGC) guna memenuhi permintaan Pemerintah Indonesia akan kendaraan yang terjangkau dan irit bahan bakar. Untuk itu, Brio menambahkan model Satya sebagai kendaraan yang sesuai dengan peraturan LCGC Tanah Air.

Perkenalkan pertama kali di Indonesia yaitu pada Agustus 2012. Awalnya diproduksi dan diimpor dari Thailand, oleh karena itu generasi pertama Brio sebagian besar menggunakan spesifikasi Negeri Gajah Putih tersebut. Dengan pertumbuhan dan popularitasnya di Indonesia, Honda Prospect Motor mulai memproduksi Brio sejak Agustus 2013.

Honda Brio generasi pertama

Dengan umur mencapai 7 tahun, tentu saja harga yang ditawarkan oleh generasi pertama sudah cukup jatuh dibandingkan generasi yang datang setelahnya. Namun, tampilannya yang mengesankan serta tampilan yang sporty membuat mobil ini tetap diminati oleh pasar mobil bekas Tanah Air.

Honda Brio bekas

Desain luarnya terlihat modern. Ground clearance yang tak terlalu tinggi, membuatnya mudah dibawa di jalanan perkotaan. Ditambah dengan velg 14 inci yang menawan.

Sedangkan ketika masuk ke bagian dalam, ada dashboard berwarna hitam dan coklat dan jok berwarna beige. Generasi pertama sudah menggunakan knop AC maupun masih sederhana.

interior Honda Brio

Honda Brio Varian tipe E masih menawarkan head unit 2DIN untuk memutar CD dan MP3. Kepraktisannya terlihat dari 5 cup holder serta 4 speaker yang tersebar di dalam kabin.

Generasi pertama sudah mendapatkan dua pilihan mesin, dengan kode L12B dengan kapasitas 1.2L bertenaga 88 PS serta mesin L13A berkapasitas 1.3L dengan keluaran 100 PS.

mesin Honda Brio

Beberapa fitur keselamatan yang dipasangkan pada mobil ini termasuk diantaranya

  • Dual airbag
  • Sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD)
  • Sabuk pengaman dengan pretensioner
  • Rangka GCON + ACE dari Honda

Sejak September 2013, Honda Brio diperkenalkan dalam 6 trim level. Mulai dari Honda Brio Satya A, Satya S, Satya E, S, dan E yang dipasarkan dengan mesin 1.2L.

fitur Honda Brio 2016

Mesin yang ditawarkan merupakan salah satu mesin kebanggaan Honda. Sehingga membuat mesin Brio terlihat bandel untuk waktu yang lama. Asalkan perawatan dan cara pengemudian mobil tak terlalu gegabah.

Karena itu, banyak konsumen yang masih percaya dengan Honda Brio bekas keluaran generasi pertama. Selain karena mesin yang bandel dan tampilan yang tak terlalu kuno, harganya yang terjangkau juga menjadi alasannya.

Yang lainnya yaitu Honda Brio Sport yang diimpor langsung dari Thailand dan tersedia dalam mesin 1.3L. Varian ini juga menggunakan tranmisi manual dan otomatis. Tapi Honda menutup impor varian Sport sejak Desember 2013.

Honda Brio 2013

Meski sudah berumur cukup tua,tapi harga mobil Honda Brio bekas bisa dibilang masih tetap stabil hingga saat ini. Contohnya saja harga mobil Brio bekas tahun 2013 bisa didapatkan mulai dari Rp90 jutaan hingga Rp105 jutaan untuk model yang masih bagus.

Sedangkan versi facelift pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show di Jakarta. Perubahan yang ditawarkan bukan hanya berupa kosmetik, tetapi juga beberapa penambahan yang ditemukan pada perubahan pertama ini.

Honda Brio 2016

Ubahan di luar termasuk revisi pada grille depan yang membuatnya terasa lebih modern. Ditambah dengan penggantian desain lampu depan, meskipun masih menggunakan teknologi halogen.

Di dalam, beberapa peningkatan fitur tentu saja membuat tampilannya lebih segar. Dengan kenyamanan yang hampir sama seperti edisi sebelumnya dimana ruang kaki baris kedua tetap lapang bagi penumpang dewasa.

interior Honda Brio

Kelebihan mobil ini dibandingkan pesaingnya tentu saja penggunaan kontrol AC digital. Dimana pesaingnya seperti Daihatsu Ayla maupun Toyota Agya masih menggunakan knop putar yang terasa jadul.

setir Honda Brio

Peningkatan dalam hal mesin tak begitu banyak berubah. Masih mengeluarkan tenaga dan torsi yang sama seperti sebelumnya, hanya saja Honda memberikan peningkatan dalam hal teknologi yang ditawarkan. Sehingga Honda Brio bisa menghasilkan tenaga yang cukup baik namun tetap dengan konsumsi bahan bakar yang irit.

Beberapa fitur yang akhirnya dipasangkan pada mobil ini termasuk pada generasi kedua seperti,

  • Lampu depan halogen proyektor
  • Lampu kabut
  • Retractable mirror,
  • Head unit 6,1 inci
  • Control AC digital
  • Sistem pengereman ABS dan EBD,
  • Auto door lock, hingga
  • Audio Steering Switch.

transmisi Honda Brio

Brio edisi facelift juga dibanderol dengan harga lebih tinggi dibandingkan edisi sebelumnya. Harga Brio bekas tahun 2017 hingga 2018 berkisar antara Rp105 jutaan bahkan mencapai Rp150 jutaan.

Honda Brio generasi kedua

Dengan perkembangan hatchback yang cukup signifikan di Indonesia, PT Honda Prospect Motor memperkenalkan generasi kedua dengan tampilan yang lebih modern. Terlihat dari revisi menyeluruh pada tampilan depan mobil ini.

Grille depan mendapatkan ubahan dengan tampilan yang lebih membulat. Lampu depan dan grille baru memberikan lekukan pada fascia depan dan mengalir pada sisi samping. Desain eksterior dibuat lebih aerodinamis dan segar untuk menarik generasi muda.

harga Honda Brio 2020

Ada warna atap baru yang ditawarkan bagi konsumen. Pemilik mobil nantinya bisa memilih dua jenis desain atap yang ditawarkan, single tone maupun two tone yang lebih sporty. Selain itu ada teknologi electric untuk memudahkan membuka pintu belakang.

Di dalam, tampilannya lebih modern dengan berbagai penambahan teknologi yang ditawarkan. termasuk head unit layar sentuh 6,1 inci yang ditemukan pada Honda Brio RS. Sedangkan desain kursi masih dengan kapasitas yang lapang untuk penghuni baris kedua.

kursi Honda Brio

Beberapa fitur yang bisa didapatkan dari Honda Brio generasi kedua yang dipasarkan saat ini diantaranya,

Fitur hiburan:

  • Audio display Layar sentuh 6,1 inci
  • Port USB
  • Radio AM/FM
  • CD/DVD Player
  • Bluetooth
  • ECO Assist
  • Multi Information Display
  • Digital AC

AC Digital Honda Brio

Fitur Keselamatan:

  • Dual SRS Airbag
  • Sabuk pengaman dengan pretensioner dan load limiter
  • Seatbelt reminder
  • G-CON + ACE
  • Sistem pengereman ABS dan EBD.

airbag Honda Brio

Fitur keamanan:

  • Sistem alarm
  • Auto door lock by speed
  • Immobilizer
  • Electrical rear trunk opener
  • Keyless entry.

Selain itu, Honda Brio juga mendapatkan transmisi CVT yang menggantikan transmisi 5-percepatan otomatis yang sebelumnya digunakan pada generasi pertama. Kehadiran transmisi CVT tentu saja memberikan percepatan yang lebih mulus, apalagi ketika menghadapi kondisi jalan yang stop-and-go ketika terjadi kemacetan.

transmisi Honda Brio

Sedangkan mesin yang ditawarkan kali ini tak lagi menggunakan kapasitas 1.3L. Hanya ada mesin 1.2L SOHC 4-silinder segaris dengan teknologi i-VTEC dan DBW khas Honda. Selain itu Brio menawarkan sistem suplai bahan bakar PGM-FI dengan perbandingan kompresi 10.1:1.

mesin Honda Brio 2020

Maka dari itu keluaran tenaga yang diberikan tentu saja lebih besar dibandingkan sebelumnya. Kali ini pengguna Brio bisa mendapatkan daya maksimal 90 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 110 Nm pada putaran 4.800 rpm.

Harga Honda Brio 2020

Dari semua harga mobil Honda di Indonesia, harga Honda Brio bisa dibilang menjadi yang paling terjangkau. Dimensi yang kompak serta material interior yang tak terlalu premium cukup sukses mengurangi harga pada mobil ini.

interior Honda Brio 2020

Tapi jangan salah, meski harga mobil Brio merupakan yang paling terjangkau dari Honda, semua teknologi dan kenyamanan berkendara bersama mobil ini tak kalah dengan model di atasnya. Berikut daftar harga mobil Honda Brio 2020 saat ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini Honda belum memperkenalkan atau mengubah harga yang ditawarkan. Namun bisa saja harga Honda Brio 2021 akan lebih tinggi sesuai dengan inflasi yang terjadi di tahun depan.

Kredit Honda Brio

Bisa dibilang harga Honda Brio 2020 tak banyak berubah dibandingkan tahun sebelumnya. Harga yang ditawarkan hanya berubah mengikuti inflasi yang terjadi. Besar kemungkinan harga Honda Brio 2021 juga tak jauh berubah.

Dengan tiga varian yang ditawarkan, kredit Honda Brio bisa dibilang tak begitu banyak berbeda. Contohnya saja Honda Brio Satya sebagai pilihan mobil entry level dengan kredit per bulan mulai dari Rp4 Jutaan selama 5 tahun dan yang tertinggi mencapai Rp13 jutaan untuk tenor 12 bulan.

kredit Honda Brio

Bagi konsumen yang menginginkan Brio dengan semua kelengkapan teknologi yang ditawarkan tentu saja memiliki harga yang lebih tinggi. Dengan kredit Honda Brio RS mulai dari Rp4.5 jutaan untuk tenor 5 tahun atau Rp14 jutaan per bulan untuk tenor 12 bulan.

Beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan bagi konsumen yang ingin membeli dan melakukan kredit Honda Brio diantaranya sebagai berikut,

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi buku tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir
  • Slip gaji, dan
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Namun, setiap penyedia layanan kredit juga memiliki berbagai peraturan dan persyaratan tersendiri. Karena itu, jangan lupa untuk menanyakan semua kelengkapan persyaratan untuk kredit Honda Brio yang ingin dibeli.

harga Honda Brio 2021

Selain itu, ada pula kesempatan membeli Honda Brio baru dengan lebih murah. Mengingat banyak pabrikan maupun dealer yang memberikan promo menarik di akhir tahun. Dalam kredit Honda Brio, ada kemudahan berupa keringanan bunga dan DP yang lebih kecil.

Tapi tentu saja hal tersebut sesuai dengan dealer di masing-masing kota. Ada yang memberikan promo berupa hadiah, namun tak sedikit yang memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin kredit Honda Brio.

Kesimpulan

Sebagai salah satu model yang populer di kalangan konsumen perkotaan, harga Honda Brio 2020 yang masih terjangkau membuatnya tetap menjadi pilihan. Tapi dengan tampilannya yang tak lekang oleh zaman serta kenyamanan berkendara dan mengemudi mobil ini, Honda Brio bekas masih diminati. Apalagi harga mobil Honda Brio bekas yang masih stabil memberikan rasa aman tersendiri bagi yang ingin menjual mobil ini nantinya.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil