Perbandingan Mazda CX-3 SPORT 1.5 dengan Honda HR-V, Siap Bertarung Jadi Crossover Terlaris Indonesia

Yongki Sanjaya · 29 Mar, 2021 20:00

Perbandingan Mazda CX-3 SPORT 1.5 dengan Honda HR-V, Siap Bertarung Jadi Crossover Terlaris Indonesia 01

Pertarungan di segmen crossover semakin sengit setelah Mazda CX-3 bermesin 1.5 liter hari ini, Senin (29/3) resmi meluncur di Indonesia. Kehadiran CX-3 tentu akan jadi rival berat dari Honda HR-V yang selama ini jadi merek Jepang yang paling populer di segmen crossover. Melihat perbandingan spesifikasi yang diusung, apakah Mazda CX-3 1.5 liter mampu jadi batu sandungan Honda HR-V?

New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L menggunakan mesin SKYACTIV-G 1.5 L yang berkapasitas 1.500cc. Mesin 4-silinder segaris dengan kubikasi 1.496 cc mampu memproduksi tenaga puncak sebesar 111 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 144 Nm pada 4.000 rpm. 

Baca juga:

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V Sebelum Beli

Inilah 5 Alasan Mengapa Banyak Orang Suka Dengan Honda HR-V

Makin Murah, Mazda CX-3 SPORT Kini Dapatkan Mesin 1.5 Liter, Harga Rp339,9 Juta!

Mazda tetap menggunakan transmisi otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-speed untuk mengantarkan daya ke roda depan, sebagaimana model-model sebelumnya. Kehadiran CX-3 ini pun jadi alternatif menarik sebelum Honda HR-V generasi terbaru masuk ke Indonesia. 

Sebelum lebih jauh melangkah, kita bandingkan dahulu harga Mazda CX-3 SPORT 1.5 L dengan Honda HR-V. Karena CX-3 1.5L ini diimpor langsung dari Jepang, maka tidak mendapat relaksasi PPNBM sebagaimana Honda HR-V. 

Mazda CX-3 SPORT 1.5 Liter Rp339.900.000,-

Perbandingan Mazda CX-3 SPORT 1.5 dengan Honda HR-V, Siap Bertarung Jadi Crossover Terlaris Indonesia 01

Berikut ini harga baru Honda HR-V dengan PPnBM nol persen:

  • HR-V 1.5L S M/T: Rp 284.200.000 - (Rp235.200.000 X 10%) = Rp260.680.000
  • HR-V 1.5L S CVT: Rp294.000.000 - (Rp243.600.000 X 10%) = Rp 269.640.000
  • HR-V 1.5L E CVT: Rp 316.900.000 - (Rp262.500.000 X 10%) = Rp290.650.000
  • HR-V 1.5L E CVT Special Edition: Rp333.600.000 - (Rp276.150.000 X 10%) = Rp305.985.000

Lantas, apakah Mazda CX-3 1.5 liter ini semenarik versi 2.0 liternya? Apakah ada downgrade fitur menyesuaikan kapasitas mesin yang 'diturunkan'? Supaya tidak makin penasaran, yuk kita ulas lebih jauh perbandingan Mazda CX-3 1.5 liter dan Honda HR-V. 

Mazda CX-3 1.5 Liter, Kualitas Eropa Rasa Asia

Perbandingan Mazda CX-3 SPORT 1.5 dengan Honda HR-V, Siap Bertarung Jadi Crossover Terlaris Indonesia 02

Mazda kini telah bertransformasi menjadi merek Jepang yang  premium dan mewah. Produk garapan Mazda kini punya build quality yang semakin baik dan tak kalah dengan produk Eropa. Namun demikian, rancangan desain maupun konsep mobilnya tetap khas cita rasa mobil Jepang. 

Mazda CX-3 1.5 Liter tetap memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan khas Mazda yang sporty. Crossover SUV yang diimpor utuh dari Jepang ini juga mendapatkan opsi jantung pacu baru. 

New Mazda CX-3 1.5 liter hadir dengan trim Sport, dan mendapatkan pilihan warna eksterior baru yaitu Polymetal Grey. Tak hanya itu, untuk memperkuat kesan sporty, pada velg 18 inci yang digunakan juga akan hadir dengan warna Gunmetal yang unik. 

Aksen Sporty di Mazda CX-3 1.5 Liter 

Perbandingan Mazda CX-3 SPORT 1.5 dengan Honda HR-V, Siap Bertarung Jadi Crossover Terlaris Indonesia 03

Varian baru Mazda CX-3 ini memang dipersiapkan sebagai crossover dengan nuansa sporty yang kental. Penggunaan font baru pada badge dan juga model kunci terbaru yang dikenal dengan 7-G key fob, juga diterapkan pada New Mazda CX-3 Sport 1.5 liter ini. 

Di bagian interior, New Mazda CX-3  1.5 liter mendapatkan paduan bahan kulit sintetis dan fabric yang membuatnya tampil lebih agresif. Selain itu, pada kursinya mendapatkan teknologi 7-G Mazda terbaru. Struktur kursi mampu menopang tubuh pengemudi dan penumpang dengan lebih baik untuk memberikan kenyamanan saat berkendara.

Fitur Hiburan dan Konektivitas di Mazda CX-3 1.5 Liter, Cukup Lengkap Tapi Bukan yang Istimewa 

Perbandingan Mazda CX-3 SPORT 1.5 dengan Honda HR-V, Siap Bertarung Jadi Crossover Terlaris Indonesia 04

Bicara sistem koneksi dan fitur infotainment, CX-3 kini juga telah mendapatkan kemampuan koneksi nirkabel dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Penggunaan fitur Head-Up Display merupakan satu-satunya dikelasnya, 

Masih ada lagi fitur Blind Spot Monitoring, menambah keamanan pada saat berkendara ketika kita hendak berpindah lajur. Tidak lupa juga fitur Parking Sensor yang memudahkan pengendara pada saat akan parkir.

Untuk perlindungan optimal pada saat terjadinya kecelakaan, New Mazda CX-3 1.5 telah dilengkapi dengan Side Airbag dan Curtain Airbag, melengkapi fitur Airbag Driver dan Penumpang yang telah ada. Keseluruhan jumlah Airbag sebanyak 6 titik pada New Mazda CX-3 SPORT 1.5 L menambah rasa aman ketika berkendara.

Honda HR-V, Crossover Terlaris yang Mulai Ketinggalan Zaman 

Perbandingan Mazda CX-3 SPORT 1.5 dengan Honda HR-V, Siap Bertarung Jadi Crossover Terlaris Indonesia 05

Keberhasilan Honda HR-V jadi crossover yang laris rupanya membuat banyak pabrikan mobil lainnya iri. Hal ini mendorong para kompetitornya berusaha menciptakan sebuah crossover yang lengkap namun harganya bersahabat. 

Dengan semakin banyaknya crossover sejenis yang meluncur dalam beberapa waktu terakhir, membuat sosok Honda HR-V jadi sedikit ketinggalan zaman. Memang sih, HR-V generasi ketiga sudah meluncur di Jepang, namun belum masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. 

Apakah dengan peluncuran Mazda CX-3 SPORT 1.5 L ini membuat HR-V semakin kuno? Belum tentu juga karena HR-V juga punya beberapa amunisi supaya tetap kece. 

Interior 'Mahal' di Honda HR-V, Simbol Status Kalangan Eksekutif Muda

Perbandingan Mazda CX-3 SPORT 1.5 dengan Honda HR-V, Siap Bertarung Jadi Crossover Terlaris Indonesia 06

Honda ini menjadi brand simbol status orang Indonesia. Istilahnya, kalau punya duit banyak sebaiknya beli Honda. Artinya, Honda HR-V ini berusaha tampil premium demi memikat konsumen dari kalangan eksekutif muda. 

Kabinnya sudah memakai balutan kulit berwarna hitam untuk pelapis kursi. Sementara layout dashboard bergaya elegan dengan pattern bersusun seperti pada Honda CR-V. 

Soal kelegaan kabin, HR-V jelas unggul daripada CX-3 karena punya rancangan dimensi bodi panjang 4.294 mm, lebar 1.772 mm dan tinggi 1.580 mm. Dimensi wheelbase-nya berada di angka 2.610 mm, terasa sangat lega untuk ukuran mobil SUV 5-Seater seperti Honda HR-V. Kompetitornya seperti Mazda CX-3, hanya memiliki dimensi Wheelbase 2.570 mm. 

Fitur Hiburan Honda HR-V, Modern dan Mewah

Perbandingan Mazda CX-3 SPORT 1.5 dengan Honda HR-V, Siap Bertarung Jadi Crossover Terlaris Indonesia 07

Bicara soal fitur Honda HR-V, mobil satu ini punya satu layar utama Advanced Floating Touchscreen berukuran 8 inci. Fitur ini sudah sangat mampu memberikan kenyamanan luar biasa bagi seluruh penumpang. 

Salah satunya adalah memberikan kenyamanan audio lewat berbagai format modern seperti Bluetooth, Smartphone Connection, USB, radio AM/FM, MP3/WA, iPod, iPhone dan AUX.

Head unit HR-V telah mendukung Handsfree Telephone yang mana bisa mengangkat telepon secara praktis, tanpa harus mengganggu konsentrasi saat menyetir. Tersedia pula fitur Multi Angle Rear View Camera, yang mana kondisi di luar mobil akan ditampilkan secara langsung pada layar utamanya. Hal ini akan memudahkan proses parkir Anda.

Kesimpulan

Bila membandingkan antara CX-3 dan HR-V ini seolah membuat HR-V seperti ketinggalan zaman. CX-3 SPORT 1.5 L tampil premium seperti halnya mobil Eropa dengan built quality jempolan. Wajar saja karena memang CX-3 ini diimpor langsung dari Jepang.

Namun jangan kesampingkan Honda HR-V yang ada di Indonesia. Walaupun rakitan lokal namun secara fitur tidak kalah menarik daripada CX-3. Selain itu, HR-V juga unggul soal keleluasaan kabin yang lebih lega khas Honda.

Tidak bisa dipungkiri kalau HR-V ini juga diterpa isu soal built quality yang kurang mantap dan desain yang mulai usang. Meskipun demikian, HR-V tetaplah crossover jempolan yang pasti masuk whistlist kalangan muda yang berburu mobil Rp300 jutaan.

 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda HRV 1.5L S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru