window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perbedaan Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia, Nggak Cuma Beda 4x4 dan 4x2

Yongki Sanjaya · 27 Jun, 2022 15:30

Perbedaan Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia, Nggak Cuma Beda 4x4 dan 4x2 01

Sosok Suzuki Katana menjadi salah satu SUV atau jip yang cukup populer di era 90-an. Populasinya cukup laris karena harganya yang relatif terjangkau dan cukup tangguh di jalan off road. Dengan desain yang mirip, apa sih perbedaan Suzuki Katana dan Jimny yang ada di Indonesia?

Suzuki Katana merupakan SUV kompak yang dijual secara resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sejak tahun 1986 sampai 2005. Mobil ini sejatinya adalah Jimny tapi versi 4x2, sedangkan Jimny yang otentik berpenggerak 4x4. Oleh sebagian orang, Katana pun disebut sebagai Jimny banci. 

Tak cuma itu saja perbedaan antara Jimny dan Katana. Karena masih ada beberapa hal lain yang membuat Katana bisa tampil beda tanpa harus membawa identitas Jimny yang menjadi basisnya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas, apa saja perbedaan tersebut? Berikut ini ulasan mendalam dari kami. 

Awal Mula Pemisahan Suzuki Katana dan Jimny di Indonesia

Perbedaan Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia, Nggak Cuma Beda 4x4 dan 4x2 01

Suzuki Jimny SJ410 generasi kedua meluncur di Indonesia pada 1981. Desainnya ikonik, dimana Jimny SJ410 atapnya rata. Model Jimny generasi awal ini fiturnya begitu sederhana, belum memiliki penyejuk udara. 

Suzuki Katana merupakan versi 4x2 dari Jimny generasi kedua. Adapun Suzuki Jimny generasi kedua memulai produksinya pada 1981. Kemudian pada 1986 PT Suzuki Indomobil menamai versi 4X2 Jimny menjadi Katana.

Alasan menghadirkan versi 4x2 tak lain karena saat itu mobil 4x4 pajaknya sangat mahal. Ini membuat Suzuki Katana sukses menjadi salah satu produk unggulan dari Suzuki Indonesia. 
Jimny dan Katana pada tahun produksi 1986 memiliki model eksterior dan interior yang tidak berbeda.

Perbedaan Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia, Nggak Cuma Beda 4x4 dan 4x2 02

Secara fisik, kita bisa dengan mudah membedakan antara Suzuki Katana dan Jimny dari bagian atap. Untuk Suzuki Katana 
facelift punya atap tinggi seperti kubah atau punuk. Konsep memakai atap tinggi ini supaya penumpang punya headroom yang tinggi dan buat kabin terasa luas.

Sebagai informasi, Suzuki Jimny SJ410 hadir tahun 1981 dengan penggerak roda 4X4. Jimny kala itu tersedia dua tipe sasis yaitu, Short Wheel Base (SWB) dan Long Wheel Base (LWB).

Jimny LWB punya wheelbase 2.375 mm, dan versi SWB-nya 2.030 mm. Akibat wheelbase yang pendek, tentu dimensinya juga mungil. Kalau versi LWB panjangnya 3.890 mm, sedangkan versi SWB hanya 3.785 mm.

Perbedaan Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia, Nggak Cuma Beda 4x4 dan 4x2 03

Suzuki Jimny dan Katana generasi awal jelas sangat jauh berbeda dari Katana facelift generasi terakhir yang sudah dilengkapi AC. Mesinnya sama dengan Suzuki Carry 1.000 cc yang banyak dijadikan angkot di Bogor terkenal bandel dan tidak rewel. Suku cadangnya juga murah dan masih gampang dicari.

Kiprah Jimny SJ410 harus berakhir tahun 1998, karena datangnya Jimny SJ413 (Sierra) yang dijual PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam jumlah terbatas.

Perbedaan Fisik dan Spesifikasi Suzuki Jimny dan Katana

Perbedaan Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia, Nggak Cuma Beda 4x4 dan 4x2 04

Suzuki Katana ini bisa kita kenali dari bentuk atap mobil yang menggembung, sedangkan Jimny atapnya rata. Suzuki Indomobil melakukan facelift Katana di tahun 1989 yang bisa kita kenali dari desain headlamp kotak, memiliki tachometer, dan didukung transmisi manual 5-percepatan.

Atapnya pun lebih menggembung dengan bentuk seperti punuk, sehingga headroom kabin lebih lega.Terdapat dua pilihan tambahan yakni model Short Wheelbase dan Long Wheelbase, dengan tipe DX, DX Blitz, GX serta GX Blitz.

Perbedaan Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia, Nggak Cuma Beda 4x4 dan 4x2 05

Basis desain generasi kedua kemudian diperbaharui lagi pada 1993 sebagai Suzuki Katana generasi ketiga. Desain atapnya tetap berpunuk seperti generasi kedua dan lebih tinggi, namun pada generasi ketiga ini headlamp kembali berbentuk bulat khas jip. Nuansa klasik juga hadir pada lampu sein berwarna oranye yang dipasangkan di dua ujung bempernya. 

Varian Katana generasi ketiga pun juga dipersempit yang hanya menawarkan tipe DX dan GX saja. Nah, sejak 1993 ini Katana hampir tidak pernah berganti model lagi sampai akhir produksi di tahun 2006. 

Fitur Suzuki Katana Lebih Modern

Suzuki Katana ini fiturnya lebih modern karena telah didukung AC dengan pengaturan sliding, radio tape, dan laci penyimpanan berukuran kecil yang cukup berfungsi untuk menaruh handphone atau e-money. Meskipun biasa saja, namun brand fitur yang digunakan cukup ternama. Suzuki Katana GX dibekali sebuah Head Unit 1DIN Kenwood dan juga AC Denso.

Spesifikasi Suzuki Jimny SJ410 Cukup Sederhana

Perbedaan Suzuki Jimny dan Katana di Indonesia, Nggak Cuma Beda 4x4 dan 4x2 06

Sementara itu, Jimny SJ410 masih setia dengan desain atap trepes alias rata, dengan lampu depan bulat. Sudutnya juga masih kaku dengan style boxy atau kotak-kotak. 

Transmisi yang digunakan juga berbeda, pada Jimny tahun 1981 masih menggunakan 4 percepatan sedangkan pada Katana terutama generasi ketiga memiliki transmisi manual 5 percepatan. Untuk mesin, sejak tahun 1981 keduanya tetap menggunakan mesin 1.000 cc 4 silinder dengan kode mesin F10A.

Secara spesifikasi, Jimny tidak memiliki power steering dan semua remnya masih tromol. Sedangkan pada Katana, sudah diperbaharui dengan dilengkapi power steering dan rem cakram pada kedua roda depan. 

Perbedaan karakter per daun dari tipe per-nya, dimana Jimny hard type dan Katana soft type. 

Kesimpulan

Untuk membedakan antara Katana generasi awal dengan Jimny ini agak susah, karena secara fisiknya mirip. Kita perlu masuk atau mengintip ke dalamnya untuk melihat apakah mobil tersebut ada tuas transfercase atau tidak.

Dengan usianya yang sudah lumayan tua, agak sulit mencari unit Jimny atau Katana generasi awal yang kondisinya masih otentik. Banyak juga pemilik Katana generasi pertama yang sudah memodifikasi jadi 4x4. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Suzuki Jimny MT Single Tone 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil