window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Perjuangan terakhir, Nissan Terrano SUV Legendaris Indonesia

Esther · 24 Nov, 2020 20:00

Nissan Terrano terkenal sebagai salah satu SUV legendaris yang pernah ada di Indonesia. Dengan tampilannya yang begitu gagah, tentunya banyak pembeli yang tertarik kepadanya. Lalu, bagaimanakah Nissan Terrano yang sebenarnya?

Perjuangan terakhir, Nissan Terrano SUV Legendaris Indonesia 01

Mobil Nissan Terrano ini sudah berumur puluhan tahun di Indonesia dan terkenal awet juga. Nah, mobil Nissan Terrano ini masih menggunakan mesin karburator yang membuat efisiensi bahan bakar mobil ini belum maksimal.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mesin karburator ini bisa dikatakan sebagai salah satu kekurangan dari Nissan Terrano, namun bisa saja menjadi kelebihan dari mobil Nissan ini.

Nissan Terrano terus berevolusi dari tahun ke tahun sesuai dengan perkembangan zaman dikarenakan semakin canggihnya teknologi. Keberadaan mobil buatan Nissan ini mulai diakui sejak tahun 90an dan berada di puncak keemasan pada tahun 2000an.

Kini Nissan Terrano tampak semakin elegan dan tangguh. Yuk, kita lihat bagaimana perubahan dari mobil Nissan Terrano keluaran pabrikan otomotif Nissan ini.

Nissan Terrano SLX, SGX, A/J Limited

Perjuangan terakhir, Nissan Terrano SUV Legendaris Indonesia 01

Pada tahun 1995, Nissan Terrano pertama kali diluncurkan di Indonesia, lebih tepatnya di kota Purwakarta. Pada pertama kali diluncurkan, Nissan menghadirkan 3 varian dari mobil Terrano, yakni tipe SLX, SGX dan A/J Limited. A/J Limited menjadi varian tertinggi dari ketiga varian yang diperkenalkan oleh Nissan.

Generasi pertaman ini ditandai dengan adanya 3 lubang segaris di kap mesin. Kelebihan generasi Nissan Terrano adalah ada transfer case yang dapat diubah menjadi penggerak 4x4. Sayangnya, aplikasi transfer case ini berpengaruh terhadap konsumsi BBM menjadi boros.

Yah, hal ini dikarenakan Nissan Terrano generasi pertama yang muncul di tahun 90-an ini memang belum dilakukan injeksi pada sistem bahan bakar. Ini berefek dengan sistem bahan bakar karburator yang membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros. Kemudian, fitur hiburan dan keamanan di dalam kabin juga masih sederhana.

Nissan Terrano Spirit, GrandRoad XT-R, KingsRoad F1

Perjuangan terakhir, Nissan Terrano SUV Legendaris Indonesia 02

Pada tahun 1997-2002, Nissan Terrano memasuki generasi anyar. Varian mobil Nissan Terrano pada generasi ada varian Spirit, GrandRoad XT-R, dan KingsRoad F1.

Pada generasi Nissan Terrano yang ini telah menghilangkan ciri khas generasi pertama, yakni tiga lubang segaris pada kap mesin dan juga transfer case. Sebagai gantinya, Nissan membekali sistem pengapian CDI pada generasi kedua Nissa Terrano ini.

Hal lain yang menjadi ciri khas generasi Terrano yang ini adalah tuas AC yang awalnya model geser diganti menjadi model putar. Kemudian pada varian tertinggi dalam generasi ini, yakni KingsRoad F1 dibekali dengan side moulding, over fender, tire hanger, jok kulit, bulbar, wood panel, kaca bagasi belakang yang dapat dibuka terpisah serta warna two tone.

Nissan Spirit (S1-S2-S3), GrandRoad (G1-G2-G3), KingsRoad

Perjuangan terakhir, Nissan Terrano SUV Legendaris Indonesia 03

Mobil Nissan Terrano mengalami facelift pada tahun 2003. Hal ini terlihat dari  lampu depan dan belakang kristal, bumper yang tadinya berbahan besi menjadi polyetheramine, grill berubah, dan perubahan pada desain velg.

Perubahan ini membuat Nissan Terrano menjadi lebih gagah. Pada generasi ini Nissan Terrano memiliki varian Nissan Terrano Spirit (S1-S2-S3), GrandRoad (G1-G2-G3), dan KingsRoad.

Hingga tahun 2006, mobil Nissan Terrano masih menggunakan karburator. Namun, perawatan Nissan Terrano sangatlah mudah dikarenakan spare part atau suku cadangnya juga mudah didapat dengan harga yang murah. Ini menjadi nilai plus tersendiri bagi mobil Nissan Terrano.

Nah, itu dia beberapa generasi awal dari Nissan Terrano dan masih menggunakan nama ‘Nissan Terrano’. Kemudian, Nissan Terrano berevolusi menjadi Nissan Terra pada tahun 2018. Nissan Terra menjadi salah satu varian yang diperkenalkan dalam ajang Peluncuran Nissan Terra Indonesia dengan kualitas yang epik.

Nissan Terrano dibekali dengan mesin berbahan bensin dengan sistem bahan bakar yang masih menggunakan karburator. Namun tenaga yang dihasilkan sangat garang dan handlingnya sangat bagus.

Mobil keluaran Nissan ini juga memiliki akselerasi yang sangat bagus. Hanya menginjak pedal gas dengan pelan, mobil Nissan Terrano akan segera meluncur dengan kencang. Namun, pengemudi ataupun penumpang mobil Nissan Terrano tidak perlu takut karena mobil ini dibekali dengan sistem pengereman yang sangat handal.

Yang lebih keren dari sistem pengereman mobil ini adalah mobil ini seakan mencengkram aspal dengan mantap tanpa ada goyangan. Jadi pengemudi tidak perlu takut tergelincir. Mobil tersebut benar-benar masih bawaan pabrik, tidak pernah dimodifikasi sama sekali.

Mesin Nissan Terrano

Perjuangan terakhir, Nissan Terrano SUV Legendaris Indonesia 04

Mobil Nissan Terrano dibekali dengan mesin berkapasitas 2.4L. Banyak yang mengatakan bahwa mobil keluaran Nissan ini sangat boros. Namun, perlu diketahui bahwa mobil yang berkapasitas 2.4L ini memiliki efisiensi seperti Hyundai Atoz yang memiliki kapasitas 1.0L. 

Apalagi jika dibandingkan dengan Avanza atau Xenia, mobil Nissan Terrano terbukti lebih hemat daripada kedua mobil tadi. Dengan kapasitas mesin ini, konsumsi bahan bakar Nissan Terrano hanya 40-50% lebih tinggi dibandingkan Xenia-Avanza. Tapi, kapasitas mesin mobil Nissan Terrano hampir dua kali lipat dari Xenia-Avanza.

Jadi, meski mobil Nissan Terrano masih menggunakan sistem bahan bakar karburator yang tergolong teknologi lama, tapi terbukti lebih irit. Tenaga yang dihasilkan jauh diatas Xenia-Avanza. Pengemudi dapat menggunakan Nissan Terrano melewati medan berbukit dan berkelok-kelok, lalu ganti pake Xenia dan Avanza atau mobil City car lainnya. 

Bandingkan rasa berkendara kedua mobil itu dan pengemudi akan merasa capek dan kesal karena tenaga dan handling mobil Xenia dan Avanza yang begitu besar daripada Nissan Terrano.

Dimensi Nissan Terrano

Perjuangan terakhir, Nissan Terrano SUV Legendaris Indonesia 05

Nissan Terrano memiliki dimensi yang terbilang besar dan dikatakan susah penyok karena kualitas cat yang sangat bagus. Jadi, inilah alasan mengapa kita masih bisa melihat generasi pertama dari Nissan Terrano yang sudah berumur 15 tahun, namun masih saja terlihat berkelas.

Mobil Nissan Terrano aman meski ditabrak motor dari belakang karena ground clearance yang tinggi. Meski disentuh Trooper, cat Trooper yang menempel di badan Terrano akan tertinggal di dalam kompleks, sedikit, dan bersih seperti sebelumnya.

Nissan Terrano memang paling baik dibawa keluar masuk hutan, naik turun gunung, atau digunakan untuk perjalanan jauh. Ruang kabin mobil Nissan Terrano terasa seperti sedan mewah, namun sudut pandangnya cukup tinggi dan lebar.

Konsumsi BBM Nissan Terrano

Konsumsi BBM Nissan Terrano dalam kota berkisar 6-9 Km / liter bensin. Sedangkan untuk jarak jauh atau luar kota jarang singgah berkisar 9-11 Km / liter.

Nissan Terrano yang dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1995 hingga 2006 ini termasuk salah satu produk keluaran Nissan yang laris. Terutama di Amerika, banyak yang meminati mobil Terrano atau disebut juga dengan sebutan Pathfinder.

Meskipun sudah tidak ada lagi generasi baru dari Nissan Terrano, namun mobil bekas Terrano masih memiliki desain yang bagus. Yah, sebagai salah satu SUV legendaris di Indonesia, tentu saja membuat Nissan Terrano tidak kalah dengan mobil SUV yang ada saat ini.

Harga Nissan Terrano bekas berkisar dari Rp 110 juta untuk tipe Spirit keluaran tahun 2006. Untuk harga Nissan Terrano bekas paling mahal hanya Rp 120 juta untuk Nissan Terrano tipe tertinggi KingsRoad tahun 2005.

Sebelum membeli mobil bekas Nissan Terrano ini, disarankan untuk melihat dengan seksama kondisi mobil tersebut. Hal ini tentu bermanfaat bagi yang ingin membeli mobil.

Inilah Nissan Terrano yang dikenal sebagai SUV legendaris di Indonesia. Wah, dengan pengalamannya yang demikian membuat mobil Terrano terasa sangat spesial. Meski merupakan mobil lama, namun masih saja diingat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Nissan Terra Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil