window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Punya 4 Trim, Ketahui Perbedaan Masing-masing Tipe Honda HR-V 2022

Enda · 29 Mar, 2022 13:00

Tipe Honda HR-V 2022

Perbedaan tipe Honda HR-V 2022

Kancah otomotif Tanah Air di segmen SUV kompak 5-seater semakin ramai setelah PT Honda Prospect Motor meluncurkan generasi kedua HR-V beberapa waktu lalu. Berbeda jauh dengan generasi sebelumnya, Honda HR-V 2022 memiliki ubahan bentuk yang sangat radikal pada sektor eksterior, interior, fitur, serta jantung pacunya.

Bicara akan variannya, All New Honda HR-V dihadirkan dalam 4 tipe, yakni; S, E, SE dan RS yang dibandrol mulai dari Rp355,9 juta sampai dengan Rp499,9 juta. Memiliki harga baru yang bervariatif, apa saja perbedaan tiap tipe Honda HR-V 2022 untuk pasar Indonesia? Berikut ulasannya.

Baca juga: Membandingkan Dimensi Honda HR-V 2022, Toyota Corolla Cross, Toyota C-HR, Hyundai Creta, dan Kia Seltos, Mana yang Paling Praktis?

Tampilan Honda HR-V 2022

Tipe Honda HR-V 2022

Tampilan Honda HR-V 2022

Secara bentuk, Honda HR-V 2022 tampil lebih stylish, atraktif dan sporty. Dengan mengusung tema “Exceptionally Impressive”, fasadnya kini berubah total dibanding model sebelumnya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Terlihat pada tampilannya, All New Honda HR-V disematkan bentuk yang lebih mengesankan dengan grill baru yang tak lagi menggunakan konsep solid wing. Melainkan memakai bentuk heksagonal dan melebar dengan garis horizontal yang berdekatan. Oh iya, grill untuk tipe RS nya bukan cuma terlihat sporty tapi juga mewah berkat adanya potongan-potongan bentuk yang dilapisi krom.

Lampunya utamanya didesain ulang yang menghasilkan bentuk lebih pipih dan terlihat begitu atraktif dengan Full LED Headlight. Khusus tipe SE dan RS telah dilengkapi LED Fog Light dan Sequential LED Turning Signal. Tampilan lainnya, pesaing Mazda CX-3 dan KIA Selos ini terlihat begitu revolusioner berkat perubahan desain dimana banyak menyematkan garis-garis tajam.

Tipe Honda HR-V 2022

Tampilan samping dan belakang Honda HR-V 2022

Untuk lingkar rodanya, semua tipe juga memiliki bentuk yang berbeda. Mengenai ukurannya, tipe S dan E disematkan velg R17 yang diselimuti ban berprofil 215/60, sedangkan dua tipe diatasnya diaplikasikan velg R18 dengan ban 225/50.

Pada tipe RS memperoleh Aero Kit RS yang stylish dan aksen garis merah pada bumper bawah sesuai dengan konsep desain “Amp up your life” yang dianutnya. Guna memperkuat karakter yang tangguh dan sporty, di belakangnya tersematkan Dual Exhaust Pipe Finisher stop lamp LED, serta untuk kabinnya didominasi warna hitam, jok kulit aksen merah serta Door Upper Soft Pad.

Perbedaan Fitur Tipe S, E, SE, dan RS Honda HR-V 2022

Tipe S

Tipe Honda HR-V 2022

Tipe S Honda HR-V 2022

Sebagai varian terendah, Honda HR-V 1.5L S telah dibenamkan layar 4.2” Interactive TFT Meter Cluster, Air Diffusion Outlet, Auto A/C, Driver Auto Power Window, Driver Seat Height Adjuster, Walk-Away Auto Lock, Smart Entry System, Hands-Free Telephone & Audio Steering Switches, LED Map Light, Fabric Seat, Dual Rear USB Charger, 4 Speaker dan 7” Capacitive Touchscreen Display Audio, AM/FM Radio, Bluetooth, Hands-Free Telephone, Voice Command Switch, USB Player, Smartphone Connection dengan tambahan kabel untuk keperluan mirroring.

Tipe E

Tipe Honda HR-V 2022

Tipe E Honda HR-V 2022

Satu tingkat diatasnya, tipe E memiliki tambahan fitur yang tentunya dapat memberikan tingakat kenyamanan berkendara lebih baik. Seperti yang bisa kalian lihat, di tipe ini mendapat tambahan berupa grille yang dilabur sewarna dengan dengan bodi, Remote Engine Start, Painted Fog & Bumper Garnish, Auto Foldable Door Mirror with LED Turning Signal, Leather-Fabric Combi Seat, Paddle Shift, Leather-Wrapped Steering Wheel & Shift Knob, Rear A/C Ventilation dan Rear Seat Armrest with Cup Holder.

Tipe SE

Tipe Honda HR-V 2022

Tipe SE Honda HR-V 2022

Mempunyai semua fitur yang ada di tipe S dan E, varian SE All New Honda HR-V dibekali Panoramic Glass Roof, Piano Black Power Window Panel, Vanity Mirror with Lamp, Honda LaneWatch, Electrostatic Touch LED Map Light, Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan 3 tampilan: Normal View, Wide View, dan Top View untuk membantu pengendara saat memarkirkan mobilnya.

Untuk sistem hiburannya sendiri menggunakan head unit 8” Capacitive Touchscreen Display Audio, USB Port, Bluetooth, Hands-Free Telephone, AM/FM Radio, MP3/WMA, Smartphone Connection, WebLink dengan tambahan kabel untuk mirroring.

Tipe RS

Tipe Honda HR-V 2022

Tipe RS Honda HR-V 2022

Sebagai varian paling atas, tentunya tipe ini memiliki fitur paling lengkap. Dimana fitur seperti Stylish Black Interior and Leather-Trimmed Seat with Red Stitches, Leather-Wrapped Steering Wheel, 7” Interactive TFT Meter Cluster, 4-Speakers + 2 Tweeters, 3-Mode Drive System (Sport, Normal, ECON), Hands-Free Access Power Tailgate + Walk-Away Close bisa kalian jumpai dan rasakan ketika sedang menggunakannya.

Baca juga: Punya Dana Rp500 Juta daripada Beli Honda HR-V RS Turbo 2022, 5 Mobil Ini Juga Tenaganya Gak Kalah Besar

Fitur Keselamatan Tiap Tipenya

Tipe Honda HR-V 2022

Perbedaan fitur keselamatan Honda HR-V 2022 disetiap tipenya

Bicara fitur keselamatannya, semua varian Honda HR-V 2022 memperoleh struktur rangka G-CON + ACE dengan Side Impact Beam, ABS + EBD + BA, Hill Start Assist (HSA), Hill Descent Control (HDC), Vehicle Stability Assist (VSA), Electric Parking Brake (EPB), Auto Brake Hold (ABH), dan Emergency Stop Signal (ESS), parking sensor, rem cakram di semua roda, seatbelt reminder untuk setiap baris kursi, serta APAR.

Untuk mengurangi cedera saat mengalami benturan, varian S, E dan SE dilengkapi 4 Airbags. Khusus untuk tipe RS nya memperoleh 6 Airbags guna memberikan perlindungan lebih baik terhadap penggunanya. Oh iya, semua varian Honda HR-V mendapatkan fitur keselamatan pintar berupa Honda SENSING yang mencakup; Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN).

Menyoal fitur keamanannya, semua tipe dilengkapi smart key, auto door lock by speed, immobilizer dan alarm system.

Khusus Varian RS Honda HR-V 2022 Memperoleh Mesin Turbo

Tipe Honda HR-V 2022

Mesin 1.5 Turbo khusus di varian RS Honda HR-V 2022

Tak hanya hadir dengan tampilan sporty, khusus varian RS daripada All New Honda HR-V hadir dengan mesin 1.5L Turbo DOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup VTEC + DBW PGM-FI dengan perolehan tenaga 177 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm pada 1.700-4.500 rpm.

Sedangkan tipe S, E dan ES disematkan jantung pacu 1.5L NA DOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW PGM-FI yang menurut data mampu memeras tenaga hingga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi hingga 145 Nm pada 4.300 rpm. Mengenai tingkat percepatannya, semua varian Honda HR-V 2022 yang dijajakan hanya ditawarkan pilihan transmisi CVT yang kemudian diarahkan ke penggerak roda depan.

Warna Ignite Red Metallic Hanya Bisa Dijumpai di Varian RS

Tipe Honda HR-V 2022

Warna Ignite Red Metallic hanya tersedia di tipe RS

Semua varian Honda HR-V 2022 ditawarkan pilihan warna Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic dan Platinum White Pearl. Namun untuk warna Sand Khaki Pearl sendiri hanya tersedia di varian E, SE & RS. Lainnya ada pilihan warna Ignite Red Metallic namun hanya khusus untuk model RS.

Baca juga: FAQ Honda HR-V 2022: Bentuk Lebih Keren, Harga Makin Mahal, Apa Fitur Makin Komplit?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda HR-V 1.5L S 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil