window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Punya Fitur Setara MPV Premium, Ini Deretan Fakta dan Keunggulan Wuling Cortez

Prasetyo · 18 Feb, 2022 10:06

Punya Fitur Setara MPV Premium, Ini Deretan Fakta dan Keunggulan Wuling Cortez 01

  • Wuling Cortez masuk di segmen yang sama dengan Toyota Kijang Innova.
  • Tapi harga Wuling Cortez tak sampai Rp300 juta.
  • Fitur Wuling Cortez melebihi kompetitornya.

Tanpa disadari, Wuling Cortez ternyata sudah 4 tahun hadir di Indonesia. Inilah MPV kedua yang diperkenalkan Wuling Motors (Wuling) setelah sukses mengebrak dengan Confero Series. Wuling pun terlihat membagikan momen peringatan ulang tahun ini melalui media sosial Instagram @wulingmotorsid

Bukan Wuling namanya kalau tidak menghadirkan sesuatu yang menarik disetiap lini produknya. Termasuk juga melalui Cortez yang punya segudang nilai plus. Antara lain dari segi kelengkapan fitur dan tekologi mesin, Cortez sanggup setingkat lebih unggul dibanding pesaing lain di segmen Medium MPV.

Bahkan dengan banderol yang nyaris setara LMPV, Cortez mampu menyajikan apa yang kompetitornya tidak suguhkan selama ini. Buat Anda yang lagi cari mobil keluarga budget minim tapi gak mau mobil kaleng-kaleng, coba simak dulu deh beberapa keunggulan Wuling Cortez Series berikut ini yang mungkin luput dari perhatian Anda.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

1. Arti Nama Cortez

Punya Fitur Setara MPV Premium, Ini Deretan Fakta dan Keunggulan Wuling Cortez 01

Model Cortez yang pertama kali masuk Indonesia

Cortez merupakan MPV ukuran medium yang diproduksi oleh perusahaan join venture Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) - General Motors (GM) - Liuzhou Wuling Motor Co (Wuling). Sebenarnya mobil ini sudah dipasarkan sejak 2017 di Tiongkok, namun pakai nama Baojun 730. 

Baru setahun kemudian tepatnya 8 Februari 2018 Wuling Motors Indonesia memasarkannya di Tanah Air tapi namanya berganti jadi Wuling Cortez. Kata "Cortez" sendiri terinspirasi dari bahasa Spanyol yang kebetulan pelafalannya mirip dengan bahasa Inggris "Corteous", yang berarti "Berwibawa".

Baca juga : Mari Kenalan dengan Batra, Mobil Konsep Sebelum Toyota Avanza - Daihatsu Xenia Lahir

2. Sudah Pakai Sunroof dan Fitur Keselamatan Terlengkap

Punya Fitur Setara MPV Premium, Ini Deretan Fakta dan Keunggulan Wuling Cortez 02

Tipe tertinggi sudah dilengkapi sunroof

Ketika pertama kali diba di Tanah Air, keunggulan Wuling Cortez yang utama ada pada fiturnya. Antara lain inilah MPV Medium berharga Rp200 jutaan satu-satunya di Indonesia yang sudah dibekali fitur Sunroof.

Kemudian sederet perangkat keamanan dan keselamatan yang biasanya cuma ditemui di MPV premium juga sudah tersematkan. Antara lain Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Front & Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, sampai Hill Hold Control (HHC) dan Automatic Vehicle Holding (AVH) untuk mencegah mobil merosot saat start di posisi jalan menanjak.

3. Menggunakan Mesin Turbo dan Pilihan Transmisi CVT

Punya Fitur Setara MPV Premium, Ini Deretan Fakta dan Keunggulan Wuling Cortez 03

MPV Rp200 jutaan bermesin turbo satu-satunya di Indonesia

Ketika pertama kali diluncurkan, Wuling Cortez menggendong mesin bensin berkapasitas 1.798 c 4 silinder DOHC berteknologi VVT-i. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 129 PS pada 5.600 rpm dengan torsi puncak 174 Nm pada rentang 3.600-4.600 rpm. Performa tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi i-AMT. Selain itu, ia juga dilengkapi mode berkendara Eco (E) dan Sport (S).

Kemudian pada tahun 2019, Wuling mengaplikasikan mesin bensin turbo 1.5L yang berkompeten memproduksi tenaga 140 HP dengan torsi 250 Nm pada Cortez dan tersedia dengan pilihan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) serta Manual 6-percepatan. Untuk mode berkendara Eco dan Sport juga tetap tersedia. Inilah yang menjadikan Cortez sebagai MPV medium bermesin bensin turbo pertama di Indonesia.

4. Tambah Varian Lagi yang Lebih Terjangkau

Punya Fitur Setara MPV Premium, Ini Deretan Fakta dan Keunggulan Wuling Cortez 04

Cortez Tipe S yang harganya setara LMPV

Di 2020, Wuling Motors menambah satu lagi varian dari Cortez CT, yakni Cortez CT tipe S. Itu artinya Wuling Cortez CT sekarang hadir dalam varian S, C, dan L. Dan kemunculan ini juga menandakan Cortez bermesin 1.8L non turbo sudah tak lagi dipasarkan.

Sama seperti tipe C dan L, Cortez CT S ini tetap pakai mesin 1.500 cc Turbo dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan atau opsi CVT. Namun ada beberapa fitur yang absen di tipe terendah ini. Yang menarik, harga yang dipatok cukup menggiurkan karena kala itu Cortez CT tipe S banderolnya mulai dari Rp217,5 juta on the road Jakarta dengan subsidi PPnBM khusus dari Wuling.

Baca juga : Wuling Almaz Jadi Mobil Cina Terlaris di 2021, DFSK dan MG Ketinggalan Jauh

5. Kabin Lapang, Jok Belakang Captain Seat

Punya Fitur Setara MPV Premium, Ini Deretan Fakta dan Keunggulan Wuling Cortez 05

Kabin lapang dan terkesan mewah

Secara dimensi, Cortez punya panjang 4.780 mm, lebar 1.816 mm, dengan tinggi 1.755 mm. Sementara jarak sumbu rodanya 2.750 mm. Ukuran ini memang tidak compact tapi berimbas pada kelapangan kabin yang bisa dinikmati penumpang di dalamnya.

Terlebih lagi pada jok baris kedua, Cortez CT menawarkan sistem captain seat yang biasanya ada di MPV premium. Bahkan model jok seperti ini diterapkan hingga Cortez CT tipe S yang jadi varian terendah.

6. Harganya Diberi Subsidi Diskon PPnBM

Punya Fitur Setara MPV Premium, Ini Deretan Fakta dan Keunggulan Wuling Cortez 06

Tak dapat insentif PPnBM tapi diganjar subsidi diskon dari Wuling

Terakhir tapi hal yang paling menarik dari sejumlah keunggulan Wuling Cortez adalah perihal banderol. Bagaimana tidak, sejatinya harga Wuling Cortez CT sudah cukup bersaing dibanding kompetitor. Bahkan boleh dibilang banderol yang dipatok Wuling untuk Cortez malah mirip harga dari LMPV terbaru saat ini.

Namun Wuling menawarkan lagi kemudahan bagi Anda yang ingin memboyong Cortez. Pasalnya ada subsidi diskon PPnBM dari Wuling yang diterapkan.

Berikut harga Wuling Cortez CT per Februari 2022:

Harga Wuling Cortez OTR Jakarta
Tipe Harga
Cortez S MT Rp217.500.000
Cortez S CVT Rp241.200.000
Cortez C MT Rp238.200.000
Cortez C CVT Rp255.300.000
Cortez L CVT Rp290.650.000

Perlu diketahui, harga subsidi PPnBM 100% diberikan untuk Cortez dengan VIN 2021. Sementara jika kendarana tercatat dengan VIN 2022, maka subsidi diskonnya 50%.

Baca juga : Wuling Uji Coba Mobil Listrik Kecil Baru Berkode E230, Inikah GSEV 2022 yang Siap Masuk Indonesia?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Wuling Cortez CE 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil