window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik

Bent Aulia · 19 Apr, 2020 16:00

Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik 01

Honda Brio Satya 2020 menjadi salah satu mobil Low Cost Green Car (LCGC) terpopuler yang tersedia di pasar mobil bekas Tanah Air. Harganya yang terjangkau serta tampilannya yang sporty membuat mobil ini menjadi pilihan mobil pertama yang ramah lingkungan.

Di Indonesia, Honda Brio hadir dalam dua model, Honda Brio Satya dan Honda Brio RS. Dan kali ini kita akan melihat apa saja yang ditawarkan oleh Honda Brio Satya 2020 dibandingkan dengan Honda Brio RS yang memiliki harga yang lebih tinggi (mulai dari Rp184 jutaan).

Harga

Daftar Harga Mobil Honda Brio 2020
Tipe Harga
Honda Brio Satya E M/T Rp 146.000.000
Honda Brio Satya E CVT Rp 154.700.000
Honda Brio Satya S M/T Rp 170.100.000

Specs

Spesifikasi Mobil Honda Brio 2020
Mesin
Tipe L12 B 1.2L SOHC 4-silinder segaris i-VTEC + DBW
Isi Silinder 1.199 cc
Tenaga Maksimum 88.5 dk @ 6.000 rpm Nm
Torsi Maksimum 110 Nm @ 4.800 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan dan CVT otomatis
Sistem Penggerek Front-wheel-drive
Dimensi
P x L x T 3.185 x 1.680 x 1.485 mm
Jarak Poros Roda 2.405 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
Rem Depan/ Belakang Ventilated Disc/ Drum
Velg Allow 14 inci

Sejarah

Honda Brio bisa dibilang sebagai motor kesuksesan Honda selama beberapa tahun terakhir. Desainnya yang menawan ditambah harga yang terjangkau sebagai salah satu mobil LCGC membuat penjualannya tetap stabil selama beberapa tahun belakangan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Awalnya, Honda Brio pertama kali diperkenalkan pada Agustus 2012 untuk dipasarkan setahun setelahnya, kehadirannya menjawab kebutuhan konsumen Tanah Air yang menginginkan mobil murah dengan fitur yang tak murahan.

Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik 01

Generasi pertama Brio ditawarkan dengan 6 level trim, Satya A, Satya S, Satya E, S, dan E yang dibuat secara lokal dengan mesin 1.2L. Sedangkan Brio Sport diimpor langsung dari Thailand berbekal mesin 1.3L. Namun penjualannya dihentikan pada Desember 2013.

Brio di pasar Indonesia menerima facelift pada April 2016 di gelaran Indonesia International Motor Show. Ubahan terbaru mencakup fasia depan, lampu belakang, desain dashboard, transmisi CVT baru, serta trim Brio RS sebagai varian tertinggi.

Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik 02

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 menjadi tempat peluncuran generasi kedua mobil ini. Menggunakan platform yang sama dengan model generasi pertama, ubahan yang diberikan seperti grille, bagasi, serta tampilan baru lampu depan dan belakang.

Penjualannya terus meningkat, dengan 70.344 unit terjual tahun lalu. Saat ini, Brio menjadi satu diantara produksi Honda di Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Tercatat pemasaran Honda Brio di ASEAN, termasuk Vietnam dan Thailand dikirim dari Indonesia.

Eksterior

Secara umum, tidak ada perbedaan berarti pada eksterior Brio Satya dengan Brio RS. Desain luarnya juga sekilas memiliki kesamaan dengan Honda Mobilio generasi terakhir. Namun ada beberapa pengurangan aksen yang diberikan pada Brio Satya.

Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik 03

Contohnya saja Brio Satya S yang menjadi varian terendah hadir dengan wajah yang polos tanpa adanya lampu kabut. Namun tampilannya tetap sporty menggunakan desain grille solid wing face khas Honda dengan lampu depan DRL (Daytime Running Lights).

Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik 04

Perbedaan antara Brio Satya dan RS terletak pada tipe pelek. Satya S hanya ditawarkan dengan pelek berbahan kaleng, Desain pelek antara Satya E dan Satya S juga berbeda, dimana tipe E terlihat lebih menarik dengan desain aerodinamis untuk membantu mengurangi hambatan udara selama berkendara.

Beralih ke bagian belakang, tampilannya tetap menarik dengan antena shark fin walaupun pintu belakang tidak dilengkapi dengan wiper belakang. Ada pula body spoiler dengan LED mount stop lamp sampai rear combination lamp.

Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik 05

Sayang bagian bawah dari eksterior belakang Brio Satya E hanya dibuat polos mengikuti warna bodi. Berbeda dengan Brio RS yang sudah mendapatkan bumper garnish dengan aksen diffuser untuk tampilan yang lebih sporty.

Interior

Mendapatkan pembaruan pada 2018 silam, Brio Satya masih mendapatkan tampilan kabin yang hampir sama dengan Brio paska facelift yang dibawa tahun 2016. Walaupun material kabin sebagian besar didominasi oleh material plastik, tentu saja untuk menekan harga yang ditawarkan.

Tapi hal tersebut tak mengurangi desainnya yang menawan. Dashboard hadir dengan tema single tone berkelir hitam dihiasi aksen garis berwarna silver melintang. Tapi sedikit perbedaan terlihat ketika aksen silver dihilangkan pada Satya tipe E.

Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik 06

Ada head unit 2DIN dengan fitur USB port, radio, yang bisa terkoneksi dengan iPhone dan iPod serta hands free telephone. Untuk memudahkan Anda selama berkendara, Brio juga sudah mendapatkan sistem pendingin AC Digital.

Setir multi-fungsi untuk pengaturan audio dan telepon hand-free hanya tersedia pada Brio E yang lebih tinggi. Hanya saja kenyamanan berkendara berkurang dikarenakan Brio hanya memiliki pengaturan tilt, dan belum telescopic.

Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik 07

Dimensi Brio Satya memang dibuat kompak, tetapi tak membuat ruang kursi belakang terbilang sempit. Memang tak terlalu lapang, tetapi bisa menampung hingga tiga orang dengan cukup nyaman. Meskipun di atas kerta, Honda Brio memang dipasarkan untuk lima tempat duduk.

Konfigurasi dua baris tempat duduk dilapisi dengan bahan fabric serta dua headrest di kursi baris kedua. Ubahan yang baru diberikan dua tahun lalu yaitu head rest bisa diatur ketinggiannya sesuai selera.

Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik 08

Dibandingkan generasi sebelumnya, ada ruang yang bisa Anda dapatkan untuk menyimpan barang-barang di belakang dengan tambahan panjang 60 mm. Cukup untuk membawa tas maupun sepatu. Kalau memang tidak bisa dibandingkan dengan SUV maupun segmen MPV.

Sistem keselamatan

Sistem keselamatan yang diberikan memang tak selengkap mobil lainnya yang lebih mahal. Tetapi varian terendah Brio Satya S sudah mendapatkan Dual Front SRS Airbags dan struktur rangka bodi G-CON + ACE sebagai sistem keselamatan pertama selama berkendara.

Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik 09

Brio Satya juga sudah mendapatkan fitur keselamatan yang cukup mumpuni pada segmennya. Fitur keselamatan aktif yang bisa Anda dapatkan yaitu sistem pengereman Anti-Lock Braking System dengan Electronic Brake Distribution (EBD).

Baru pada Satya E M/T dan CVT Anda bisa mendapatkan door lock otomatis serta sistem alarm dan keyless entry. Anda juga mendapatkan seatbelt reminder untuk pengemudi dan pretensioner pada kursi baris kedua.

Mesin

Honda Brio memang dipasarkan sebagai mobil perkotaan. Karena itu mesin yang digunakan tak terlalu besar. Brio Satya masih menggunakan mesin 1.2L 4-silinder i-VTEC yang menawarkan bahan bakar yang irit serta pengalamanan berkendara yang menyenangkan khas Honda.

Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik 10

Performa juga cukup mumpuni, dengan keluaran tenaga maksimal mencapai 88.5 daya kuda serta torsi maksimal 110 Nm. Dipadukan dengan dua pilihan transmisi, yaitu 5-percepatan manual dan transmisi otomatis CVT untuk Brio E. Tenaga yang sama dengan yang digunakan pada Brio RS.

Performa dan handling

Dimensi yang lebih besar dari generasi sebelumnya membuat All New Brio Satya memiliki bobot yang lebih berat. Tetapi penambahan berat tersebut memiliki keuntungan sendiri bagi mobil ini: pengendara nya menjadi lebih stabil di jalanan.

Transmisi manual memang lebih murah. Tetapi kombinasi transmisi CVT dan mesin 4-silinder membuat tarikan bawahnya responsif walaupun tidak begitu bertenaga. Tapi Honda membatasi kecepatan tertingginya secara elektronik menjadi 145 km/jam.

Review: Honda Brio Satya, Mobil Perkotaan Terbaik 11

Menyempurnakan pengendalian yang menyenangkan, Anda akan mendapatkan sistem kemudi Electric Steering System (ESP), suspensi depan MacPherson Strut dan belakang H-Shaped Torsion Beam, ada pegas stabilizer yang lebih besar guna memberikan pengendaraan yang lebih stabil.

Jika melihat masalah handling, tak bisa disangkal bahwa Brios RS terbilang lebih presisi dibandingkan Brio Satya. Dimana RS mengandalkan ban Bridgestone Potenza yang lebih lebar dan lebih besar.

BBM

Menggunakan mesin dengan teknologi sistem bahan bakar fuel injection membuat Brio Satya memiliki konsumsi bahan bakar yang terbilang irit. Ditambah dengan standar emisi Euro IV yang menjadikannya lebih ramah lingkungan.

Walaupun memiliki akselerasi serta kekuatan yang tak besar dibandingkan segmen mobil lainnya, mesin 1.2L memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih hemat dengan bantuan teknologi i-VTEC dan DBW. Honda sendiri mengklaim perbandingan kompresi Brio mencapai 10,1:1.

Video

Dibandingkan Honda Brio RS, Brio Satya memiliki desain kompak namun tetap menawarkan desain sporty tersendiri. Ingin mengenal lebih dekat mobil ini? Ini dia video Honda Brio Satya 2020 yang saat ini dipasarkan di Indonesia.

Pros and Cons Honda Brio Satya

Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio 2020
Pros Cons
Tampilan mobil kompak beraura sporty Bagian bumper belakang tampak terlalu polos
Leg room di bangku belakang yang cukup lega Jok depan yang tak headrest-nya tak bisa adjustable
Mesin yang bandel dan irit bahan bakar Tidak ada banyak fitur lain kecuali sistem infotainment layar sentuh dan kontrol iklim otomatis

Kesimpulan

Honda Brio Satya memang menjadi salah satu mobil murah untuk masyarakat perkotaan yang dinamis. Mengingat desainnya yang kompak dan harga yang terjangkau namun masih menghadirkan fitur-fitur terbaru.

Efisiensi bahan bakar cukup maksimal dengan mesin 1.2L yang ditawarkan. Tentu saja dengan tenaga dan akselerasi yang tak begitu kuat. Karena jika Anda menginginkan mobil yang lebih bertenaga, segmen SUV dan MPV bisa menjadi pilihan Anda.

Tampilannya yang mungil memang berimbas pada ruang kepala dan ruang kaki yang tak terlalu lapang pada kursi baris kedua. Namun untuk Anda yang masih sendiri dan mencari mobil pertama untuk pemakaian sehari-hari, Honda Brio Satya 2020 patut jadi pertimbangan.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil