window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Review Pengguna Honda Brio

Kurnia Soemarno · 16 Jan, 2020 13:43

Review Pengguna Honda Brio 01

All New Honda Brio tampil menawan dengan desain yang baru dan semakin sporty, dimensi yang lebih besar, dan penambahan fitur-fitur lain, yang khusus didesain untuk konsumen di Indonesia.

Menurut Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran & Layanan Purnajual PT HPM (PT Honda Prospect Motor), selain desain yang lebih sporty dan ukuran body yang lebih besar, All New Honda Brio juga menawarkan nilai lebih bagi konsumen, dari harga yang sepadan, biaya pengoperasian dan perawatan yang rendah serta bantuan eksklusif saat terjadi gawat darurat di perjalanan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pernyataan yang disampaikan Jonfis Fandy tersebut sangat menjanjikan, tapi kami yakin Anda juga ingin mendengar opini langsung dari para pengguna Honda Brio setelah all new Honda Brio diluncurkan di Indonesia. Inilah kelebihan dan kekurangan yang diungkap oleh para pengguna di dalam negeri.

Kelebihan Mobil Honda Brio

Eksterior Honda Brio

Review Pengguna Honda Brio 01

Honda Brio menonjolkan desain mantap dan kabin berisi fitur-fitur yang sesuai zaman. Tak pelak lagi, dia pun menjadi mobil keluarga yang sempurna. Brio dirancang dengan sasis monokok, yang dipasang juga di model-model Honda lainnya, seperti Mobilio, BR-V dan Amaze.

Di bagian depan, terpasang grille radiator yang lebar dengan finishing chrome dan high-gloss warna hitam. Bumper depannya memamerkan saluran ventilasi udara yang besar, dengan jala yang mirip sarang lebah. Di bagian belakang, kesan stylish mobil ini diperkuat dengan lampu belakang dan spoiler di pintu bagasi yang diperbarui.

Power window, pintu, dan setirnya tetap kokoh dan tampak baru seperti waktu dibeli. Terasa sangat enteng dan halus dengan suara mesin yang sangat pelan, hampir tak terdengar, saat dikendarai. Dari bagian eksteriornya, mobil jenis hatchback ini kelihatan stylish dan sporty.

Interior Honda Brio

Bagian interior mobil Honda Brio tampil mewah dan premium. Fitur yang sama dengan Honda City – interior berwarna krem, dengan ruang yang cukup di depan dan belakang. Tempat duduknya nyaman dan dasbornya terlihat stylish. Setir dengan tiga jari-jari semakin memperkuat karakter dinamis mobil ini, sekaligus menimbulkan perasaan sporty bagi si pengendara.

Interior pun tak terlewat dari penyempurnaan, dengan facelift yang kian memperkuat posisi mobil Brio di mata para pesaingnya. Interior dengan dual tone yang benar-benar baru serta dasbor yang juga disempurnakan, kini tampil jauh lebih bagus, ventilasi AC persegi yang ciamik dengan selipan aluminium keren.

Sistem infotainment-nya diadopsi dari model BR-V yang dilengkapi konektivitas Bluetooth dan telepon. Juga dipercanggih dengan kontrol iklim, tombol-tombol kontrol di setir, sistem audio terpadu 2DIN dengan AM/FM.

Review Pengguna Honda Brio 02

Fitur

Karena saya masih kesengsem dengan Honda Brio compact ini, menurut dimensinya, leg room dan head roomnya cukup di bagian depan, tapi di belakangnya agak mengganggu untuk penumpang berpostur lebih dari 180 cm.

Di samping itu, terdapat kontrol-kontrol yang terpasang di setir, AC yang kuat, defogger belakang, fitur penting child lock di varian bawah (smt) yang menjadi nilai tambah. Daya mesin sebesar 88ps yang disemburkannya juga oke.

Tempat duduknya yang nyaman, yang ketinggiannya bisa disesuaikan untuk pengemudi, andal dan terlihat enak dipandang mata. Tapi, nilainya saya kurangi 1 bintang, karena leg room dan head room di belakang yang kurang untuk penumpang berbadan tinggi. Terima kasih.

Keselamatan

Untuk aspek keselamatan, Honda Brio menyediakan banyak fitur, antara lain dua airbag di depan, pengencang sabuk pengaman di depan yang dilengkapi pembatas beban, ABS dan EBD, defogger kaca belakang dan pengingat sabuk pengaman pengemudi.

Kekurangan Mobil Honda Brio

Efisiensi BBM

Review Pengguna Honda Brio 03

Honda Brio punya rmasalah serius dalam hal efisiensi bahan bakar. Saya punya empat mobil lain dan dan mobil-mobil itu sangat efisien bahan bakar. Tapi kantong saya terkuras kalau mengendarai mobil ini. Masalah efisiensi BBM menjadi masalah besar untuk mobil ini. Konsumsinya kurang dari 8km/liter di kondisi berkendara biasa di perkotaan.

Melihat hatchback keren yang juga dikendarai teman saya dalam 6 bulan terakhir, dia juga punya masalah yang sama terkait efisiensi BBM serta performa mesin, dan efisiensinya yang gagal juga menjadi kekhawatirannya. Walaupun dari segi estetika, mobil ini terlalu kecil, bahkan untuk keluarga kecil.

Setelah membeli dan mengendarai mobil selama 6 bulan terakhir, saya menyimpulkan bahwa mobil ini hampir tidak punya kekurangan, selain masalah ruang, dan juga legroom-nya yang sempit.

Pengalaman

Honda Brio setirnya mudah dikendalikan, walaupun kopling dan remnya terlalu berat dan kaku. 15 hari kemudian, karet atapnya copot. Honda menolak untuk bertanggung jawab. 4 minggu kemudian, businya mulai sulit dinyalakan, Honda lagi-lagi menyalahkan saya - saya dituduh memakai bensin oplosan, lalu dipaksa membayar 2100/- untuk penggantian busi. 6 minggu kemudian SETIR-nya rusak, ya rusak, mobil bergerak ke kiri dan ke kanan tanpa setir.

Review Pengguna Honda Brio 04

Jelas sekali HONDA menjadi mimpi buruk kalau ternyata mereka ada kekurangan yang disembunyikan di produk mereka, terus MENOLAK memenuhi garansi yang dijanjikan. Mereka jadi persis penjahat kalau pas diminta memenuhi garansi produknya. Cuma bilang tidak dan terang-terangan menolak mengganti/memperbaiki mobil yang bermasalah.

Keseluruhan

Brio memang mobil yang imut-imut dan sangat menarik. Honda sudah mendesainnya dengan sangat cerdas agar bisa memperbaiki segalanya di ruang sesempit itu. Singkatnya, ini mobil bertenaga dengan ukuran yang kecil. Dia dilengkapi fitur-fitur keselamatan sehingga stabilitasnya sangat baik dan menjadi mobil yang sangat andal. Tapi efisiensi BBM-nya tidak sebagus itu, rata-rata cuma 18,5 km/liter. Selain itu, tenaganya juga mantap kalau dibandingkan dengan ukurannya, yaitu 86,86 PS. Dengan semua fitur keselamatan dan kamera parkir mundurnya, dia menjadi mobil yang sangat andal.

Honda Brio dibanderol mulai harga Rp 147 Juta, Cek Promo terbaik hari ini, 15 Januari 2020, dengan DP mulai dari Rp 8 Juta, Angsuran Rp 4 Juta (60x).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil