Sabar Ya! Inden Honda Brio Hingga 2 Bulan Gara-Gara Krisis Chip Global

Evan · 10 Okt, 2021 09:00

Sabar Ya! Inden Honda Brio Hingga 2 Bulan Gara-Gara Krisis Chip Global 01

Sebagai salah satu mobil terlaris di Indonesia , Brio sudah tentu jadi tulang punggung penjualan Honda. Tapi rupanya city car satu ini tak luput dari krisis komponen semikonduktor yang sedang melanda secara global, sehingga menggangu jadwal produksi pada pabrik Honda di Karawang. 

Hal ini langsung disampaikan oleh Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, dalam acara Brio Virtual Drift Challenge 2 (BVDC). 

Baca juga: Honda HR-V 2022 Sudah Masuk Thailand, Pertanda Indonesia Tak Lama Lagi

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Brio Sampai Harus Inden Dua Bulan, Honda Minta Maaf

Sabar Ya! Inden Honda Brio Hingga 2 Bulan Gara-Gara Krisis Chip Global 01

Efek yang ditimbulkan dari keterbatasan komponen ini ternyata sangat masif, membuat penurunan produksi mencapai lebih dari setengah, khususnya pada lini Brio di bulan September yang paling terdampak. 

"Terus terang di bulan September kami mengalami kendala limitasi parts, jadi kami mengalami penurunan yang sangat signifikan. Biasa produksi 10.000 unit, September kemarin hanya 3.000an unit," ujar Yusak Billy.

Sabar Ya! Inden Honda Brio Hingga 2 Bulan Gara-Gara Krisis Chip Global 02

Billy sendiri enggan mengungkapkan jenis komponen dan juga pemasok, tetapi mau sedikit memberikan clue mengenai negara asal pemasok, yang masih berada di Kawasan Asia Tenggara.

"Normalnya kami bisa jual hingga 5.000 unit lebih, tapi September kemarin kami hanya menjual 1.000 unit. Jadi saat ini harus inden sekitar satu hingga dua bulan. Kami mohon maaf kepada konsumen karena harus menunggu," lanjutnya. 

Baca juga: Dikasih Mesin Turbo, Jadi Segini Harga Honda HR-V 1.5T RS CVT

November 2021 Diperkirakan Sudah Mulai Membaik

Sabar Ya! Inden Honda Brio Hingga 2 Bulan Gara-Gara Krisis Chip Global 03

Bergerak cepat untuk mengatasi kelangkaan komponen, HPM bekerja sama dengan pemasok untuk menambah produksi komponen tersebut. Pihak pemasok juga sudah mulai berusaha mengejar ketertinggalan agar produksi bisa kembali berjalan normal.

Diharapakan pada November 2021, produksi sudah kembali stabil. Tentunya Honda sendiri akan berusaha memenuhi permintaan konsumen yang tinggi.

Sabar Ya! Inden Honda Brio Hingga 2 Bulan Gara-Gara Krisis Chip Global 04

“Pemasok kami sudah berusaha me-recovery secepat-cepatnya, dan bulan ini sudah mengalami kenaikan dari sebelumnya. Bulan November kami harapkan kembali normal sehingga konsumen bisa mendapatkan kendaraan itu secepatanya,” tukas Billy.

Honda Brio Masuk ke Daftar 20 Mobil Terlaris 2021

Sabar Ya! Inden Honda Brio Hingga 2 Bulan Gara-Gara Krisis Chip Global 05

Catatan penjualan Brio memang gemilang di tahun ini. Meski dilanda pandemik yang berkepanjangan, penjualan Brio tetap perkasa hingga termasuk salah satu mobil terlaris di tanah air.

Dari data Wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), Brio berada di urutan ke-12 dengan mencatatkan penjualan sebanyak 2.369 unit. Jauh meninggalkan pesaingnya.

Sabar Ya! Inden Honda Brio Hingga 2 Bulan Gara-Gara Krisis Chip Global 06

Tercatat tipe paling banyak laku adalah Brio Satya E AT sebesar 819 unit, disusul tipe Brio RS CVT sebanyak 769 unit, sisanya diisi tipe Satya E MT 601 unit, RS MT 119 unit, dan Satya S MT 61 unit. 

Selain untuk pasar domestrik, PT HPM juga mengekspor Honda Brio untuk pasar Filipina dan Vietnam, mencapai angka rata-rata 800 unit.

Baca juga: Bocoran Civic Type R 2022, Lebih Kalem dari Generasi Sebelumnya Tapi Masih Pakai Transmisi Manual

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru