Simak Review Nissan Livina 2020, LMPV Pengusung Front Wheel Drive Pertama!

Anissa · 30 Nov, 2020 14:00

Bicara soal segmen LMPV di Indonesia, ada salah satu merek mobil yang cukup legendaris, yakni Nissan Livina. Mobil Nissan Livina ini memang sudah lama ada di Indonesia dan berhasil menggebrak pasar ketika pertama kali mobil ini diluncurkan.

Nissan Livina sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 silam. Mobil ini merupakan mobil LMPV pertama yang menggunakan sistem penggerak Front Wheel Drive. Pada saat itu, pasar LMPV memang dirajai oleh Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang menggunakan sistem penggerak Rear Wheel Drive.

Nissan Livina hadir menggebrak pasar dengan sistem penggerak Front Wheel Drive-nya. Selain itu, pada awal kemunculannya, Nissan Livina ini juga menawarkan kenyamanan dan kemewahan LMPV, dimana rivalnya, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia lebih menekankan kelebihan pada kekuatan dan kehematan dari sebuah LMPV.

Di Tanah Air, model Nissan Livina yang pertama kali diluncurkan adalah Nissan Grand Livina. Nissan Grand Livina ini mengadopsi model mobil dengan kapasitas penumpang sebanyak 7 orang, sehingga bersaing langsung dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pada masa itu.

Tetapi tentu bukan hal tersebut saja yang kita perlu ketahui dari Nissan Livina. Kali ini, kita akan bahas secara keseluruhan tentang Nissan Livina, mulai dari sejarahnya, hingga spesifikasi Nissan Livina yang beredar saat ini. Yuk, disimak!

Sejarah Singkat Nissan Livina

1. Nissan Livina L10 (2007-2013)

Nissan Livina generasi pertama memiliki kode bodi L10. Nissan Livina yang pertama ini dipasarkan dalam dua model, yakni Nissan Livina berbodi pendek dengan kapasitas penumpang 5 orang, dan Nissan Livina berbodi panjang dengan kapasitas penumpang 7 orang yang disebut dengan nama Nissan Grand Livina.

Nissan Livina berkapasitas 5 orang penumpang memiliki 2 varian yang bisa dipilih oleh para konsumennya, yakni varian XR dan X-Gear. Kedua varian ini memiliki mesin yang sama, yaitu mesin  4 silinder HR15DE dengan kapasitas 1.500 cc.

Sementara itu, untuk model Nissan Grand Livina terdiri atas 3 varian berbeda, yakni tipe SV, XV dan Ultimate. Kemudian pada akhir tahun 2010, ditambahkan varian Highway Star. Nissan Grand Livina ini memiliki dua pilihan mesin, yakni mesin 4 silinder HR15DE 1.500 cc dan 4 silinder HR18DE 1.800 cc. Varian mesin 1.800 cc ini hanya tersedia pada Nissan Livina XV dan Nissan Livina Ultimate.

Berbeda dengan para kompetitornya yang saat itu lebih menonjolkan ketangguhan dan kehematan dari sebuah LMPV, Nissan Livina justru hadir dengan mengunggulkan kenyamanan dan kemewahan, serta handling yang stabil layaknya sebuah mobil sedan. Hal ini tentu menjadi sebuah gebrakan tersendiri dari Nissan Livina.

2. Nissan Livina L11 (2013-2019)

Pada tahun 2013, Nissan Livina akhirnya mendapatkan perubahan total. Generasi kedua dari Nissan Livina ini memiliki bodi dengan kode L11. Desain yang diusungnya pun berubah total, menjadi lebih dinamis dan sporty. Tidak hanya itu, Nissan Livina juga mendapatkan pilihan transmisi CVT untuk menggantikan transmisi torque converter yang dihadirkan pada Nissan Livina generasi pertama.

Pilihan mesin dengan kapasitas 1.800 cc sempat dipasarkan, tetapi kemudian dihentikan penjualannya karena konsumsi BBM dan harganya yang relatif tinggi sehingga kurang diminati. Pada generasi keduanya ini pula, Nissan Livina berbodi pendek dihentikan penjualannya, sehingga model yang ada di pasaran hanyalah Nissan Grand Livina.

3. Nissan Livina ND (2019-Sekarang)

Setelah Nissan Livina menggebrak pasar dengan menghadirkan model LMPV dengan sistem penggerak Front Wheel Drive, banyak LMPV dari brand kompetitor yang juga menghadirkan kelebihan yang sama, seperti Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan Mitsubishi Xpander. Alhasil, kehadiran kompetitor ini membuat persaingan semakin ketat bagi Nissan Livina.

Karena alasan tersebut, pihak Nissan akhirnya melakukan kerjasama dengan pihak Mitsubishi. Kerjasama antara kedua perusahaan otomotif Jepang ini melahirkan Nissan Livina generasi terbaru yang merupakan hasil rebadge dari Mitsubishi Xpander yang sempat merajai pasar LMPV di Indonesia.

Bodi Nissan Livina pun berubah total, menggunakan kode bodi ND. Dilihat dari tampilan, Nissan Livina generasi terbaru ini memang memiliki tampilan yang agak berbeda dengan Mitsubishi Xpander. Tetapi soal teknologi, mesin, dan transmisinya, Nissan Livina ini sama persis dengan Mitsubishi Xpander.

Kedua mobil ini menggunakan mesin dari Mitsubishi, yakni mesin 4A91 MIVEC berkapasitas 1.500 cc dengan pilihan transmisi manual 5 Percepatan dan Otomatis Torque Converter 4 Percepatan. Nissan Livina dengan kode bodi ND ini dianggap sebagai alternatif dari “versi yang lebih murah” dari Mitsubishi Xpander.

Seperti Apa Spesifikasi Nissan Livina 2020?

Sekarang mari kita bicara soal spesifikasi Nissan Livina generasi terbaru ini. Untuk lebih rincinya, mari kita lihat tabel spesifikasi dari Nissan Livina 2020 terlebih dahulu.

Dimensi Nissan Livina 2020

Panjang

4.510 mm

Lebar

1.750 mm

Tinggi

1.695 mm

Wheelbase

2.775 mm

Mesin Nissan Livina 2020

Tipe Mesin

1.5 L 4 Cylinder inline, 16 valve, DOHC and twin VTC (Variable-valve Timing Control)

Power Output

104 PS / 6.000 rpm

Torsi

141 Nm / 4.000 rpm

Transmisi

Manual 5 Percepatan / Otomatis 4 Percepatan

Sistem Penggerak

Front Wheel Drive

Bahan Bakar

Bensin

Kaki-kaki Nissan Livina 2020

Ukuran Ban

205/55 R16

Material Velg

Alloy Wheels

Suspensi dan Rem Nissan Livina 2020

Suspensi Depan

MacPherson Strut with Stabilizer

Suspensi Belakang

Torsion Beam with Stabilizer

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Drum/Tromol

Nissan Livina 2020 memiliki panjang dimensi 4.510 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sedangkan wheelbase-nya adalah 2.775 mm.

Mobil Nissan Livina 2020 ini mengandalkan mesin 4 Cylinder inline, 16 valve, DOHC and twin VTC (Variable-valve Timing Control) dengan kapasitas 1,5 liter, atau lebih tepatnya 1.499 cc. Mesin ini kemudian dipadukan dengan dua pilihan sistem transmisi, yakni transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Dengan konfigurasi mesinnya, Nissan Livina 2020 ini bisa menghasilkan keluaran tenaga dan torsi yang cukup baik. Mesin Nissan Livina 2020 ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara untuk torsinya sendiri mencapai 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Performa mesin Nissan Livina 2020 ini didukung dengan penggunaan sistem suspensi dan pengereman yang mumpuni. Suspensi depan dan belakangnya menggunakan MacPherson Strut with Stabilizer dan Torsion Beam with Stabilizer. Sementara itu, rem depan dan belakangnya menggunakan rem Ventilated Disc dan Drum/Tromol.

Seperti Apa Eksterior dan Interior Nissan Livina 2020?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Nissan Livina 2020 ini menggunakan platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander, sehingga dari sektor bodinya memang memiliki kemiripan. Tetapi, tampilan Nissan Livina 2020 tetap memiliki ciri khasnya sendiri. Hal ini terlihat dari penggunaan grille V-Motion khas Nissan, dipadukan dengan lampu dual-line LED, serta Daytime Running Lights.

Kemudian pada bagian belakang, pada Nissan Livina 2020 ini disematkan lampu LED kombinasi yang tidak hanya membuat tampilan belakangnya lebih modern, tetapi juga memberikan pencahayaan yang lebih optimal. Pada bagian belakangnya juga sudah disematkan fitur rearview camera dan sensor parkir, serta pelindung bagian bawah bumper.

Sayangnya, bagian headlamp Nissan Livina 2020 ini justru masih menggunakan lampu halogen berteknologi Auto Off. Tetapi pada generasi terbaru dari Nissan Livina ini, ground clearance yang dimilikinya memang lebih tinggi, yakni 205 mm, sehingga membuat Nissan Livina 2020 ini andal dibawa berkendara di jalanan bergelombang sekalipun.

Pada bagian interiornya, desain Nissan Livina 2020 ini sangat mirip dengan Mitsubishi Xpander. Tetapi khusus pada varian Nissan Livina VL, joknya sudah menggunakan material kulit sehingga terlihat lebih mewah. Nissan Livina 2020 ini juga menawarkan banyak ruang penyimpanan dan power outlet sehingga meningkatkan kenyamanan bagi para konsumennya.

Dalam kabinnya, Nissan Livina 2020 dilengkapi dengan fitur Intelligent Key dan tombol Start/Stop Engine, serta Smart Connectivity Audio dengan head unit touch screen berukuran 7 inci yang dilengkapi dengan fitur konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Ada pula fitur lain seperti Intelligent Hill Start Assist dan lampu Welcome & Coming Home yang mempermudah pengendaraan.

Pada generasi terbaru Nissan Livina ini juga, pengaturan kursinya diubah sehingga kabinnya terasa lebih leluasa. Kekedapan suara di dalam kabunnya ini juga sudah meningkat lebih baik berkat kaca depan yang dilapisi dengan sound insulation film.

Pengemudi dipermudah dengan kehadiran panel instrumen yang informatif yang berada di belakang setir. Nissan Livina dibekali MID dengan ECO Indicator. Setirnya pun sudah memiliki teknologi Tilt and Telescopic sehingga posisinya bisa diatur sesuai dengan postur tubuh pengemudi.

Nissan Livina 2020 ini juga dibekali dengan fitur yang disebut Traction Control System. fitur yang satu ini membuat pengemudi tetap nyaman dan aman saat bermanuver di tikungan. Fitur ini juga meningkatkan kemampuan handling dan mencegah slip. Di barisan depannya, Nissan Livina juga sudah dilengkapi dengan fitur armrest untuk meningkatkan kenyamanan.

Sekarang kita beralih ke fitur keselamatannya. Untuk fitur keselamatan aktifnya, mobil ini dilengkapi dengan sistem pengereman Anti lock Braking System, Electronic Brake Distributioon, dan Brake Assist. Selain itu, ada pula fitur standar lainnya seperti Uphill & Downhill Assist Control, Vehicle Stability Control System, Sensor Parkir, serta Rearview Camera.

Lalu untuk fitur keselamatan pasifnya, Nissan Livina 2020 ini memiliki Dual SRS Airbags untuk barisan depannya. Dan untuk menjamin keselamatan penumpang anak-anak, mobil ini juga dilengkapi dengan pengaturan kursi ISOFIX. Sementara untuk fitur keamannya, mobil ini sudah dilengkapi dengan Engine Immobilizer.

Harga dan Varian Nissan Livina 2020

Di Indonesia sendiri, ada enam varian Nissan Livina 2020 yang dipasarkan. Keenam model mobil Nissan Livina 2020 ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp208,3 jutaan untuk varian terendahnya, hingga Rp272,1 jutaan untuk varian tertingginya. Berikut adalah rincian harga Nissan Livina 2020 untuk setiap variannya.

Varian

Harga

Nissan Livina 1.5 E M/T

Rp208.300.000

Nissan Livina 1.5 EL M/T

Rp231.800.000

Nissan Livina 1.5 EL A/T

Rp242.800.000

Nissan Livina 1.5 VE A/T

Rp259.400.000

Nissan Livina 1.5 VL A/T

Rp272.100.000

Nissan Livina Sporty Package

Rp265.400.000

 

Komentar