window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Sudah Terpasang Fitur APAR, Harga Mobil Daihatsu Tidak Naik Lagi

Yongki Sanjaya · 5 Feb, 2021 14:00

Sudah Terpasang Fitur APAR, Harga Mobil Daihatsu Tidak Naik Lagi 01

Kementerian Perhubungan pada tahun ini mewajibkan kepada seluruh pabrikan mobil untuk menyediakan fitur APAR. Adanya fitur tambahan ini secara otomatis membuat harganya melonjak. Lantas, seberapa besar kenaikan harga mobil Daihatsu setelah bertambahnya APAR? 

APAR atau alat pemadam api ringan untuk meminimalisir kebakaran tertuang dalam Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020, mengenai fasilitas tanggap darurat kendaraan bermotor, demi meningkatkan faktor keamanan sebuah kendaraan bagi penggunanya. Artinya, kini setiap brand yang memasarkan kendaraan di Indonesia wajib menyediakan APAR di mobil baru. 

Berdasarkan informasi dari pihak Daihatsu, kenaikan harga unit 2021 ini sudah terjadi tepat di awal tahun. Memang, setiap awal tahun Daihatsu maupun banyak merek lain telah menaikkan harga mobil baru untuk adjustment atau penyesuaian. Untuk kenaikan harga mobil Daihatsu di awal tahun berkisar antara Rp 1 sampai 2 juta. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kenaikan ini didorong oleh sejumlah faktor seperti pajak kendaraan baru, kenaikan harga material, gaji karyawan, serta cost lainnya, termasuk di dalamnya penambahan APAR. Apabila cuma untuk menambah APAR maka harganya bertambah antara Rp 600-700 ribu. 

Sudah Terpasang Fitur APAR, Harga Mobil Daihatsu Tidak Naik Lagi 01

Jadi, PT Astra Daihatsu Motor tidak lagi menaikkan harga mobil barunya dengan penambahan APAR. Tidak menutup kemungkinan kalau APAR ini juga disediakan sebagai aksesoris tambahan bagi pemilik mobil keluaran sebelum 2021. 

Posisi APAR Mobil Daihatsu Mudah Dijangkau 

Dalam menyimpan APAR ini perlu lokasi yang mudah dijangkau sehingga tidak merepotkan ketika dalam kondisi darurat. Daihatsu meletakkan APAR pada bracket di posisi bawah bangku penumpang depan. Posisi ini menjadi default atau standar pada seluruh jenis kendaraan Daihatsu baik untuk jenis kendaraan penumpang ataupun komersil.

Posisi peletakkan pada area ini dipertimbangkan karena mudah dijangkau oleh penumpang, maupun pengemudi, sehingga mudah digunakan ketika dibutuhkan. Karena posisinya tidak di dalam glove box akan memberikan kenyamanan bagi penumpang di depan saat buru-buru mengambilnya.

Sudah Terpasang Fitur APAR, Harga Mobil Daihatsu Tidak Naik Lagi 02

"Dengan adanya fasilitas APAR pada seluruh unit model dan varian Daihatsu, dapat memberikan perasaan yang lebih aman dan nyaman. Ini membuat pelanggan lebih tenang saat berkendara," ucap Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi. 

APAR yang disematkan juga telah bersertifikat SNI dan berisikan dry chemical powder yang dapat menutup permukaan yang terbakar api dengan cepat. Karena berupa serbuk maka tidak menimbulkan dampak terhadap sistem kelistrikan di area sekitarnya. Selain itu, APAR yang digunakan memiliki masa berlaku atau jangka waktu pakai hingga 8 tahun sebelum dibuka.

Model APAR yang digunakan ini dapat mengatasi berbagai macam kebakaran pada kendaraan, mulai dari kebakaran pada benda padat non logam seperti kertas, kain, plastik, dan kayu. APAR bisa mencegah meluasnya kebakaran baik pada cairan, gas, maupun uap yang mudah terbakar; serta kebakaran pada benda kelistrikan.

 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil