window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

7 Mobil Baru dengan Platform DNGA di Indonesia, Mulai Dari Daihatsu Ayla Sampai Toyota Raize (Part 1)

Yongki Sanjaya · 16 Feb, 2023 09:30

7 Mobil Baru dengan Platform DNGA di Indonesia, Mulai Dari Daihatsu Ayla Sampai Toyota Raize (Part 1) 01

Daihatsu kini menjadi salah satu produsen kendaraan yang menggarap banyak lini model kendaraan compact di Indonesia. Dengan kolaborasi bersama Toyota, Daihatsu ditunjuk memproduksi atau menggarap basis mobil compact melalui platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Tak cuma dilabeli brand Daihatsu, mobil dengan platform DNGA ini juga tersedia dalam brand Toyota.

Baca juga: 

Banyak yang Gak Tau Kalau Buatan Daihatsu, Alasan Toyota Raize Lebih Laku dari Rocky

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

All New Toyota Veloz 2022 Buatan Karawang Akan Diekspor ke 16 Negara Mulai Tahun Depan

5 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Toyota Veloz Q CVT 2022

Platform ini sendiri mengusung konsep 1-1-1-1 dengan filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik. Hal tersebut mengartikan setiap pengembangan produk berbasis DNGA telah memperhitungkan segala aspek hingga kepada titik terdetailnya. Mulai dari sedan sampai dengan MPV telah memanfaatkan platform ciptaan Daihatsu ini.

Lantas apa saja model yang memakai platform tersebut? Berikut ini uraiannya.

1. Daihatsu Ayla 2023

7 Mobil Baru dengan Platform DNGA di Indonesia, Mulai Dari Daihatsu Ayla Sampai Toyota Raize (Part 1) 01

All New Astra Daihatsu Ayla kini dibekali dengan platform baru berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture), sehingga memiliki beragam keunggulan seperti: teknologi terkini, berkualitas tinggi, harga terjangkau, dan lebih efisien. All New Ayla juga menjadi model DNGA ketiga Daihatsu di Indonesia setelah Rocky, dan Xenia yang diluncurkan pada 2021 lalu.

All New Ayla juga tampil sporty dengan mode advance feeling memberikan sensasi berkendara yang human oriented dan fun to drive, ditambah area kabin dan bagasi yang lebih luas membuat aktivitas berkendara menjadi lebih nyaman. 

2. Toyota Agya Generasi Kedua

7 Mobil Baru dengan Platform DNGA di Indonesia, Mulai Dari Daihatsu Ayla Sampai Toyota Raize (Part 1) 02

Toyota mengembangkan mobil dengan meningkatkan quality, durability dan reliability pada Agya genetasi kedua. Lebih lanjut, Toyota juga menghadirkan styling eksterior yang agresif, high performance, dan peningkatan driving quality untuk membuat Agya menarik secara emosional. 

Penggunaan platform baru DNGA memberikan ruang untuk memperbesar dimensi kabin dengan menjaga bodi tetap kompak sebagai ciri khas sebuah city car yang andal untuk mobilitas perkotaan. Dimensi Agya 2023 memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, tinggi 1.505 mm dan wheelbase 2.525 mm. Daya angkut ditingkatkan dengan menambah panjang bagasi menjadi 610 mm.

Interior Toyota Agya 2023 mengusung konsep horizontal design. Penampilannya memperlihatkan kesan lebih canggih dan driver-oriented untuk menunjukkan interior yang sporty.  pengaturan desain dan posisi jok yang sanggup menopang tubuh secara optimal, termasuk rombakan pada desain dan layout pedal-pedal supaya pengemudi mendapatkan posisi duduk yang natural dan rileks. 

3. Daihatsu Xenia Gen 3, MPV dengan Basis Platform DNGA

7 Mobil Baru dengan Platform DNGA di Indonesia, Mulai Dari Daihatsu Ayla Sampai Toyota Raize (Part 1) 03

Daihatsu resmi meluncurkan All New Xenia di ajang GIIAS 2021. Mobil ini hadir dengan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang membuat semuanya serba baru dan canggih. Salah satu unsur DNGA ialah memakai penggerak roda depan alias FWD. Alasannya, karena front wheel drive ini membuat kabin atau interiornya lebih lapang meskipun ukurannya kompak. 

Konsep DNGA untuk Xenia ini membuat sang MPV jadi tampil maskulin ala SUV. Adanya lampu LED yang modern, serta polished alloy wheel yang sporty, membuat All New Xenia tampil futuristik. 

Dalam hal keselamatan, Xenia generasi ketiga juga dilengkapi fitur keamanan spesial tertinggi dan pertama di kelasnya, yaitu Daihatsu A.S.A (Advances Safety Assist). Tak hanya itu, Xenia 2022 juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan lainnya, seperti ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), dan Dual Airbag.

4. Toyota Vios, Sedan Compact dengan Platform DNGA

7 Mobil Baru dengan Platform DNGA di Indonesia, Mulai Dari Daihatsu Ayla Sampai Toyota Raize (Part 1) 04

Banyak hal baru yang terdapat pada Toyota Vios generasi keempat yang meluncur pada Oktober 2022 lalu. Sedan compact ini memakai platform milik Daihatsu yaitu platform DNGA-B. Bicara platform DNGA, sebenarnya sama mengembangkan produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, dan teknologi terkini.  

Platform yang dikembangkan oleh Daihatsu hadir untuk mobil di segmen A dan B, dimana kapasitas mesinnya 1.500 cc ke bawah. Beberapa mobil yang sudah menggunakan platform DNGA, seperti Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza, serta Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Ayla 1.0L 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil