window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Suzuki XL7 Facelift VS Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Menarik?

Herdi · 18 Jun, 2023 08:01

Suzuki XL7 Facelift VS Mitsubishi Xpander Cross, Mana Lebih Menarik? 01

Jika melihat wujud Suzuki XL7 Facelift, khususnya tipe Beta dan Alpha, maka tak ada salahnya kita bandingkan dengan kompetitor, Mitsubishi Xpander Cross yang sama-sama mampu menampung tujuh orang penumpang.

Maka dari itu, kali ini AutoFun akan mengulas Suzuki XL7 Facelift khususnya tipe Beta dan Alpha dengan Mitsubishi Xpander Cross yang sudah melakukan facelift tahun lalu.

Baca juga: Ini Perbedaan Fitur New Suzuki XL7 Hybrid di Varian Alpha, Beta dan Zeta

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Desain

Suzuki XL7 Facelift 

Tampang desain Suzuki XL7 Facelift

Tampang baru XL7 Facelift

Karena XL7 ini hanya mengalami penyegaran ringan atau facelift, tentu secara desain bentuknya tidak ada perubahan signifikan. 

Yang sangat terlihat dari bagian tampang depan, dimana awalnya grillnya chrome mengkilat, kini jadi lebih hitam sehingga memberikan kesan elegan tapi sporty. 

Baca juga: Beda Gak Sampai Rp2 Juta, Mending Pilih Suzuki XL7 Hybrid Alpha Vs Daihatsu Terios R Custom?

Bagian samping Suzuki XL7 Facelift

Bagian samping XL7 Facelift

Selain itu, jika grill model lama agak kekotak-kotakan, maka untuk yang saat ini lebih seperti hexagonal  

Untuk tampilan lampunya masih sama ada LED dan DRL, dimana sein dan foglamp menggunakan halogen.

Demikian juga pada bagian kaki-kakinya, dimana velg masih memiliki ukuran sama 16 inch, namun untuk tipe ALpha dan Beta warnanya kini jadi hitam. 

Agar tampil mirip mobil macho, ada juga aura crossover pada bagian samping dengan penggunaan lapisan hitam tepat di fender depan dan belakang, dan bawah panel berkelir silver.

Baca juga: Bikin Iri, Suzuki XL7 Hybrid 2023 Indonesia Fiturnya Kalah Lengkap dari Versi India

Desain belakang Suzuki XL7 Facelift

Desain belakang XL7 Facelift

Oia pada bagian samping dekat kap mesin ada side slide seperti di Grand Vitara dan Ignis.

Untuk varian Alpha ada pilihan body dual tone, dimana pada bagian atap, jendela dan spion hadir dengan balutan warna hitam. 

Sedangkan pada bagian belakang, Suzuki XL7 Facelift ini memiliki panel pintu berkelir hitam, serta ada beberapa aksen list chrome.

Untuk XL7 tipe Alpha terdapat Rear Spoiler serta opsi two tone, didukung Auto light with Guide Me Light LED, sedangkan lampu mundur, plat, sein masih halogen.

Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi Xpander Cross

Sementara untuk Mitsubishi Xpander Cross yang jadi pesaingnya seperti disebutkan di atas, desain bagian luar mobil ini memang tidak jauh berbeda dengan versi Xpander non Cross.

Akan tetapi, jika dijabarkan Xpander Cross ini mempertahankan desain khas Mitsubishi yakni Dynamic Shield.

Nah, bentuk eksterior Xpander Cross cukup menarik dan gagah, seperti T-Shape Headlamp hingga Fog Lamp LED, distinctive trapezoid grille, bumper depan dan belakang yang lebih berotot.

Tampak depan Mitsubishi Xpander Cross

Tampak depan Xpander Cross

Oia, desain distinctive trapezoid ini membuat grille nya jadi terlihat bergerigi dan bumpernya jadi lebih terkesan sangar

Untuk kaki-kakinya hadir dengan fender depan belakang yang menonjol mengikuti lekukan ban, ditambah velg Xpander Cross berukuran 17 inci two-tone dengan desain sporty. 

Mobil ini juga memiliki wheel arch moulding yang disempurnakan guna meminimalisir cipratan air pada kaca saat melewati genangan air. 

Tampak Samping  Mitsubishi Xpander Cross

Tampak Samping Xpander Cross

Dengan adanya teknologi ini pandangan pengemudi ke depan tidak akan terganggu saat menginjak genangan air.

Mobil ini memiliki kaca spion senada body dan juga dilengkapi dengan roof rail berwarna hitam gloss.

Pada bagian belakang, desainnya memiliki beberapa lekukan, lengkap dengan bumper belakangnya dibuat menarik.

Untuk lampu malam, belakang, rem, dan lampu parkir menggunakan LED, sedangkan seninnya masih halogen. 

Interior

Suzuki XL7 Facelift 

Bentuk dashboard Suzuki XL7 Facelift

Bentuk dashboard XL7 Facelift 

Pada bagian interior XL7 Facelift juga tidak terlalu banyak penyegaran, karena secara keseluruhan tampak sama seperti model sebelumnya. 

Hanya saja untuk dashboard yang masih sama termasuk ventilasi AC. Namun yang berbeda jika awalnya bergaya karbon, kini jadi lebih lebih mirip panel kayu, namun tetap berwarna hitam seperti bagian luar. 

Untuk head unitnya masih sama layar sentuh berukuran 8 inch, yang bisa terkoneksi menggunakan bluetooth dan connection smartphone termasuk Apple CarPlay atau Android Auto.

Desain dasboard panel kayu

Dasboard memiliki aksen panel kayu hitam

Agar audionya menggelegar mobil ini dilengkapi enam speaker dan dua twitter di bagian depan.

Mobil ini juga memiliki AC digital yang sudah ada heater dan juga cup holder alias untuk penyimpanan botol yang dilengkapi fitur pendingin di dekat tuas transmisi. 

Untuk stir dilengkapi Cruise Control, audio control, bluetooth control, dan lingkar luar dibalut lapisan kulit. Selain itu, pengaturan setir hanya ada tilt steering tanpa tombol kontrol audio.

Konfigurasi tujuh penumpang kabin Suzuki XL7

Konfigurasi tujuh penumpang kabin XL7 Facelift

Pada bagian jok tidak banyak ubahan masih fabric yang dikombinasikan dengan semi kulit warna hitam, sedangkan pada bagian platform jika awalnya berkelir beige, kini jadi warna abu-abu.

Oia tampilan instrument cluster MID sudah kombinasi manual dan digital, sehingga beberapa informasi pada mobil ini bisa ditampilkan lebih detail dan terlihat keren. 

Pada bagian depan mobil ini juga sudah dilengkapi dengan USB port atau aux input dan power outlet yang tentunya bisa digunakan untuk pengisian daya baterai smartphone. 

Mitsubishi Xpander Cross

Kabin Mitsubishi Xpander Cross

Kabin Xpander Cross

Bagian dalam Xpander Cross hadir dengan lapisan semi kulit dengan warna abu-abu dan beberapa aksen sliver di dalamnya, termasuk pada bagian panel pintu hingga dashboard. 

Sedangkan untuk bagian jok dilapisi bahan semi kulit berwarna biru tua yang terlihat mewah. Oia, interior Xpander Cross juga memiliki desain Horizontal Axis soft touch, termasuk pada Instrument Panel & Door Trim. 

Terasa lebih ergonomis, New Xpander Cross juga dilengkapi dengan berbagai macam tempat penyimpanan serbaguna. Terdapat juga pilihan konfigurasi kursi flexibel yang memberikan kemudahan dan utilitas secara maksimal.

Tampilan dashboard, head unit dan ac

Tampilan dashboard, head unit dan ac Mitsubishi Xpander Cross

Pada bagian dashboard dengan hadir juga head unit dengan layar sentuh berukuran 9 inci yang dilengkapi smartphone connection.

Beberapa hal yang bisa dinikmati pada head unit ini antara lain Radio AM/FM, Sambungan Bluetooth, Soket USB, Speaker depan, Speaker belakang dan Perintah Suara.

Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan meter cluster 8 inci dengan tiga mode tampilan layar digital, serta lingkar kemudi kepunyaan Pajero Sport. 

Kabin Mitsubishi Xpander Cross

Kabin Mitsubishi Xpander Cross

Supaya pengemudi terasa lebih mudah saat melakukan penyetingan, pada setirnya dilengkapi dengan beberapa tombol pengaturan. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan AC digital, USB Port di jumlah baris. 

Lingkar kemudi Xpander Cross yang bisa diatur tilt dan Telescopic, dilengkapi tombol Multi Fungsi, hingga Cruise control.

Fitur

Suzuki XL7 Facelift

n e-Mirror Touch Screen

e-Mirror Touch Screen salah satu fitur yang ada pada XL7 Facelift

Saat masuk ke dalam kabin, mobil ini sudah dilengkapi Keyless entry, alhasil saat masuk kunci cukup dimasukan ke kantong dan untuk menyalakannya mesin dengan cara menekan tombol start stop.

Yang bikin keren, kaca spion tengah sudah menggunakan e-Mirror Touch Screen, sehingga tak perlu khawatir untuk melihat arah belakang harus meminta penumpang belakang bergeser.

Namun menariknya kaca spion tengah ini ternyata bisa jadi dashcam, serta kamera depan sudut kemiringannya bisa diatur. 

Desain Lingkar kemudi Suzuki XL7

Desain Lingkar kemudi XL7

Untuk fitur keselamatan dilengkapi dual airbag di bagian depan, lalu ada juga SRS Front Dual Airbags, ISOFIX Child Seat Anchorages, Childproof Rear Door Lock, Side Impact Door Beams, ABS With EBD Function, hingga Reverse Parking Sensor.

Selain itu mobil ini juga dilengkapi dengan Immobilizer, LED High-Mounted Stop Lamp, AT-Shift Lock/Key Interlock (AT), dan Security Alarm. Untuk tipe Beta dan Alpha ada juga ESP dan juga LED Guide Me Light.

Mitsubishi Xpander Cross

Fitur Start stop engine Mitsubishi Xpander Cross

Fitur Start stop engine Xpander Cross

Xpander Cross sudah dilengkapi dengan Power Window Depan, Power Window-Belakang. Karena dilengkapi Keyless Entry, maka untuk menyalakan mobil ini bisa menggunakan engine Start Stop Button. 

Selain itu ada juga beberapa fitur lainnya seperti Adjustable Seats, kursi pengemudi dengan penyesuai ketinggian, On Board Computer, Spion Lipat Elektrik.

Mobil ini memiliki lampu pengingat, indikator jumlah Bahan Bakar, lampu baca, dan Armrest Konsol Tengah.

lingkar kemudi MItsubishi Xpander Cross

Lingkar kemudi Xpander Cross

Tak lupa untuk fitur keselamatannya dijejali Airbag pengemudi dan penumpang, Child Safety Locks, Anti Lock Braking System, Brake Assist, EBD (Electronic Brake Distribution), Vehicle Stability Control System, Sabuk Pengaman Belakang, Pengingat Pemakaian Sabuk Pengaman.

Selain itu ada juga spion tengah lipat, kamera belakang, Sensor Parkir, Crash Sensor, Engine Check Warning, Pelindung Benturan Depan, Pelindung Benturan Samping, Pengingat Pintu Terbuka, Kontrol Traksi dan Hill-Start Assist Control.

Performa Mesin

Suzuki XL7 Facelift

Suzuki XL7 Facelift dibenamkan mesin K15B, 4 silinder, berkapasitas 1,462 cc,

XL7 Facelift dibenamkan mesin K15B, 4 silinder, berkapasitas 1,462 cc,

XL7 Facelift dibenamkan mesin K15B, 4 silinder, berkapasitas 1,462 cc, yang menghasilkan daya 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm pada 4.400 rpm.

Perlu dicatat, untuk tipe hybrid dilengkapi teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) yang dipasangkan Integrated Starter Generator (ISG)+ Lithium-ion battery 10Ah Enable to do engine auto start-stop. 

Adapun untuk tenaga yang dihasilkan tersebut disalurkan melalui transmisi manual (MT) 5-speed atau otomatis (AT) 4-speed ke roda depan.

Mitsubishi Xpander Cross

Mesin Mitsubishi Xpander Cross

Mesin Mitsubishi Xpander Cross masih sama dengan Xpander biasa

Untuk jantung pacu, performa mobil ini di tenaga mesin 1499cc, 4-silinder, yang menghasilkan tenaga 104 hp dengan torsi 141 Nm. 

Oia, Mitsubishi Xpander Cross ini belum dilengkapi mesin hybrid. Adapun rencana mesin ganda tersebut baru akan dilakukan pada tahun 2024. 

Dilengkapi dengan pilihan transmisi Variable Speed CVT dan 5-Speed Manual, dan sistem penggerak depan. 

Harga

Perbandingan Harga
Model Tipe Harga
Suzuki XL7 Facelift Hybrid Beta Rp283.900.000
Hybrid Beta Rp294.900.000
Hybrid Alpha Rp293.900.000
Hybrid Alpha Rp304.900.000
Mitsubishi Xpander Cross MT Rp316.750.000
Premium CVT Rp342.650.000

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki XL7 Hybrid Beta MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil