Low SUV Terlaris Maret 2021, Prestasi Mitsubishi Xpander Cross Tak Segemilang Toyota Rush!

Enda · 27 Apr, 2021 07:00

Low SUV Terlaris Maret 2021, Prestasi Mitsubishi Xpander Cross Tak Segemilang Toyota Rush! 01

Toyota Rush sebagai LSUV terlaris pertama selama Maret 2021 yang kemudian disusul Mitsubishi Xpander Cross pada urutan kedua

Tidak hanya LMPV, Kendaraan roda empat di segmen Low SUV juga turut merasakan peningkatan penjualan selama Maret 2021. Kenaikan ini yang mana sebagai bulan pertama pelaksanaan Relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar nol persen.

Menurut data angka penjualan secara wholesales (pabrik ke dealer) yang dihimpun dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), pada kuartal pertama di bulan terakhir tahun ini, total penjualan keseluruhan model LSUV mencapai 13.422 unit.

Berbicara mengenai persentase, total penjualan di bulan yang sama meningkat menjadi 212 persen, bila dibandingkan angka penjualan bulan sebelumnya yang hanya tercatat sebanyak 4.296 unit.

Selama satu bulan setelah relaksasi PPnBM diberlakukan, penjualan terlaris diraih oleh Toyota Rush. LSUV ini menempati urutan pertama yang kemudian disusul dengan beberapa rival terdekatnya.

Penasaran dengan apa saja model LSUV terlaris lainnya? Berikut datanya.

Baca juga: Honda Brio Terdepak Duet Astra, Ini Deretan LCGC Terlaris Selama Maret 2021

1. Toyota Rush

Low SUV Terlaris Maret 2021, Prestasi Mitsubishi Xpander Cross Tak Segemilang Toyota Rush! 02

Toyota Rush

Keberadaan Toyota Rush dari tahun ke tahun selalu diminiati masyarakat Tanah Air. Hal ini dibuktikan dengan total angka penjualan yang diraihnya membuat mobil ini mampu bertengger diurutan pertama selama Maret tahun ini.

Menurut data wholesales yang dilansir dari GAIKINDO, saudara kembar Terios ini berhasil mencatat total keseluruhan kendaraan yang dikirimkan dari pabrik ke dealer sebanyak 6.930 unit.

Hal yang membuat Rush terus diminati masyarakat Indonesia karena ketangguhan, mudah perawatan, serta memiliki sistem penggerak Rear Wheel Drive (RWD) yang dapat membuat mobil dengan mudahnya melahap berbagai trek jalan berkontur. Selain itu, faktor purna jual yang cenderung stabil membuat mobil ini terus diminati hingga kini.

Toyota Rush sendiri dibenamkan mesin berkode 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i 1.496 cc yang dapat merilis tenaga hingga 104 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal 136 Nm @4.200 rpm.

2. Mitsubishi Xpander Cross

Low SUV Terlaris Maret 2021, Prestasi Mitsubishi Xpander Cross Tak Segemilang Toyota Rush! 03

Mitsubishi Xpander Cross

Sebagai kompetitor utama Rush, Mitsubishi Xpander Cross saat ini memposisikan dirinya di urutan kedua sebagai penjualan terlaris periode ini. Secara data, LSUV andalan tiga berlian ini berhasil mencatat total angka penjualan sebanyak 2.492 unit.

Xpander Cross diketahui memiliki tampilan yang terlihat lebih atraktif, dinamis, dan mewah untuk urusan eksterior dan interiornya dibandingkan Rush. Alasan lain Xpander Cross diminati karena adanya fitur menarik seperti Brake Assist, Dual SRS Airbags, Active Stability Control (ASC), Traction Control (TCL), Hill Start Assist (HSA) Immobilizer hingga Cruise Control.

Bicara mesin, mobil ini dibenamkan jantung pacu 1.5L berteknologi MIVEC DOHC 16 Valve dengan volume silinder 1.499 cc yang dapat memuntahkan tenaga 105 PS @6.000 rpm serta torsi 141 Nm @4.000 rpm.

Ditanamkan dengan struktur transverse (melintang) sebagai ciri khas mobil penggerak roda depan, mesin yang digunakan dilengkapi katup peredam guncangan, sehingga mampu memberikan kenyamanan berkendara di berbagai medan. Disisi lain, mobil ini dianggap mempunyai tarikan lebih spontan dan lebih irit bahan bakar.

3. Daihatsu Terios

Low SUV Terlaris Maret 2021, Prestasi Mitsubishi Xpander Cross Tak Segemilang Toyota Rush! 04

Daihatsu Terios

Sebagai saudara kembar Rush, Daihatsu Terios juga memiliki daya tarik di hati masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan atas prestasi yang diraihnya selama Maret 2021, dimana LSUV pabrikan Daihatsu ini berhasil terjual sebanyak 1.947 unit.

Berada diposisi ketiga sebagai mobil terlaris berdasarkan segmentasi, Daihatsu Terios memiliki keunggulan yang tidak dimiliki saudaranya. Pasalnya, mobi ini sudah dilengkapi fitur Auto on Headlamp.

Fitur ini secara otomatis dapat menyalakan lampu utama dalam kondisi yang gelap. Dengan begitu, visibilitas pengemudi akan sangat terbantu berkat adanya fitur ini. Pada Toyota Rush, kalian tidak bisa menemukan fitur yang sama.

Begitupun fitur keselmatan, Daihatsu Terios berhasil disematkan dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS).

Bicara jantung pacu, mesin yang digunakan Terios sama persis seperti yang ada pada Toyota Rush.

Baca juga: Deretan LMPV Terlaris Maret 2021, Avanza Terlaris dan Honda Mobilio Menjatuhkan Daihatsu Xenia

4. Suzuki XL7

Low SUV Terlaris Maret 2021, Prestasi Mitsubishi Xpander Cross Tak Segemilang Toyota Rush! 05

Suzuki XL7

Diluncurkan pada 2020 kemarin, Suzuki XL7 selama bulan terakhir di kuartal pertama tahun ini, Suzuki berhasil membukukan angka penjualan sejumlah 1.596 unit. Pencapaian yang diraihnya ini tak semata adanya program relaksasi dari pemerintah.

Mengingat XL7 juga menawarkan kenyamanan berkendara yang mana sudah dilengkapi dengan AC digital, Smart E-Mirror, Engine Start/Stop Button, Ventilated AC with Cup Holder, Stunning Audio 8 inci, Stunning MID Display, Steering Wheel with Bluetooth Phone Connection dan 3 buah power outlet.

Secara keselamatan, mobil ini menggunakan struktur rangka dengan Platform Heartect, Hill Hold Control (HHC), dual airbag, EBD, ABS, Electronic Stability Programe (ESP), sensor mundur serta Tect Body yang dapat meredam dan menyebarkan energi benturan akibat tabrakan.

Mesinnya sendiri menggunakan K15B Multipoint Injection dengan kubikasi 1.462 cc yang dapat menghasilkan tenaga 104,7 PS @6.000 rpm serta torsi 138 Nm @4.400 rpm.

5. Honda BR-V

Low SUV Terlaris Maret 2021, Prestasi Mitsubishi Xpander Cross Tak Segemilang Toyota Rush! 06

Honda BR-V

LSUV berlogokan ‘H’ tegak jenama Jepang, Honda BR-V menempati urutan kelima sebagai kendaraan SUV terjangkau dengan penjualan terlaris selama Maret 2021. Dimana menurut catatan GAIKNDO, salah satu produk flagship Honda ini berhasil terjual sebanyak 367 unit.

BR-V sendiri mendapatkan ABS + EBD, Vehicle Start Assist (VSA), Traction Control serta Hill Start Assist (HSA) dan dua buah airbag didepannya. Mengenai fitur hiburan, mobil ini disematkan head unit 8" Floating Touchscreen Display Audio AM/FM Radio + USB Port + HDMI Port + Aux Input + Bluetooth Connection + Made for iPod/iPhone & Andoid + Phone Mirroring.

Dalam urusan jantung mekanis, BR-V terbilang lebih unggul dari beberapa kompetitornya. Dimana mesin 1.5 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC + DBW berteknologi PGM-FI ini mampu menghasilkan tenaga 120PS @6.600 rpm serta torsi 145Nm @4.600 rpm yang disalurkan melalui dua roda didepannya.

6. DFSK Glory 560

Low SUV Terlaris Maret 2021, Prestasi Mitsubishi Xpander Cross Tak Segemilang Toyota Rush! 07

DFSK Glory 560

Sebagai satu-satunya LSUV asal China yang masuk dalam kategori kendaraan terlaris menurut segmentasinya, DFSK Glory 560 berhasil masuk urutan keenam dengan angka total penjualan mencapai 90 unit.

Meski buatan Tiongkok, DFSK Glory 560 ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana tidak LSUV ini berhasil dibenamkan mesin dengan dorongan turbo yang mana bila melihat data di atas kertas, tenaga yang dihasilkan mencapai 150 PS @5.600 rpm dengan torsi 230 Nm @1.800-4.000 rpm. Meski disalurkan melalui penggerak roda depan, transmisi manualnya dapat diatur mencapai 6 tingkat percepatan.

Baca juga: Daftar Medium SUV Terlaris Selama Maret 2021, Wuling Almaz Kembali Menggeser Kejayaan Honda CR-V

Komentar

Mobil Terbaru