Tampilannya Sih Biasa Aja, Tapi Modifikasi Suzuki SX4 S-Cross Ini Punya Tenaga 200 Hp

Prasetyo · 21 Jul, 2021 19:00

Tampilannya Sih Biasa Aja, Tapi Modifikasi Suzuki SX4 S-Cross Ini Punya Tenaga 200 Hp 01

Suzuki SX4 S-Cross bukan mobil yang favorit untuk di modifikasi. Apalagi kalau ubahannya cukup ekstrim. Meskipun kalau ditelusuri juga sebenarnya tetap ada yang modifikasi Suzuki S-Cross yang terlihat manis.

Namun sentuhan sedikit berbeda kami temukan melalui laman Instagram @dr.naren09. Sepintas modifikasi Suzuki SX4 S-Cross ini tampak biasa saja. Perubahan visualnya cuma sekedar bodi yang diubah jadi tow tone kombinasi putih dengan hitam, serta velg yang sudah tak lagi standar.

Tapi ternyata, Dr Naren menganut aliran modifikasi sleeper. Dimana secara estetika perawakannya tidak terlalu mencolok. Padahal compact crossover ini diklaim punya tenaga 200 hp dengan torsi 420 nm!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Modifikasi Suzuki SX4 S-Cross -1

Bodinya sudah lebih ceper berkat lowering kit

Baca juga : Mengenal Suzuki Baleno dari Masa ke Masa

Mesin Dimodif Stage 3

Hal yang paling berbeda dari modifikasi Suzuki SX4 S-Cross ini adalah di bagian mesin. Sebab pria India ini ternyata sudah punya daftar modifikasi yang ekstensif.

Mesinnya kini sudah dipasang Wolf Motor Performance Stage 3 ECU Tune. Kemudian juga ada sistem force induction berupa upgrade sistem turbo dari Garrett. Lantas satu set saluran gas buang mulai dari downpipe hingga muffler juga sudah pakai komponen aftermarket.

Berbekal gearbox manual 6 percepatan, mobil ini sanggup menghasilkan tenaga puncak 200 hp dengan torsi 420 Nm. Akselerasi yang pernah dicoba untuk melesat hingga kecepatan 100 km/jam dari posisi diam hanya butuh kurang dari 6 detik.

Modifikasi Suzuki SX4 S-Cross -2

Setup suspensi kombinasi Eibach dan KYB

Bukan Sekedar Ganti Velg Suzuki SX4 S-Cross

Baca juga : Suzuki S-Cross 2022 Akan Lahir Tahun Depan, Berbagi Mesin Turbo dengan Swift Sport dan Jimny

Ubahan yang cukup radikal di sektor mesin tentu saja butuh kaki-kaki yang mumpuni. Kalau diluar mobil ini cuma terlihat menggunakan velg Lenso Jager Dyna 16 inci yang dibalut ban Michelin Primacy 4ST, maka dibelakang itu ternyata ada banyak performance part lainnya.

Misalnya per sudah pakai Eibach Progressive Lowering yang dikombinasikan damper dari KYB. Lalu sistem pengereman juga sudah pakai satu set Dixel EBC Yellowstuff di bagian depan, dan EBC Ultimax2 untuk bagian belakang.

Modifikasi Suzuki SX4 S-Cross -4

S-Cross pernah punya varian mesin 1.6-liter DDis

Basisnya Pakai Mesin Diesel 1.6 Multijet

Modifikasi Suzuki SX4 S-Cross ini menggunakan model S-Cross pra-facelift bermesin 1.6-liter diesel. Maruti memang sempat memasarkan S-Cross bermesin 1.6-liter diesel Multijet. Mesin ini terkenal punya torsi besar dan responsif dengan tenaga 120 PS dan torsi 320 Nm dalam keadaan standar. Sayangnya karena harganya jauh lebih tinggi dari varian lain, Maruti pun menghentikan penjualan tipe ini. Gantinya adalah mesin diesel 1.3-liter biasa.

Di Indonesia sendiri Suzuki hanya menawarkan SX4 S-Cross dengan mesin bensin 1.5-liter M15A DOHC VVT.  Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 109 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm di 4.400 rpm.

Baca juga : Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren!

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki SX4 S-Cross MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru