Tanpa Relaksasi PPNBM, Daihatsu Ayla 2021 Tipe R DLX Jadi LCGC Paling Value For Money

Yongki Sanjaya · 4 Mar, 2021 13:00

Tanpa Relaksasi PPNBM, Daihatsu Ayla 2021 Tipe R DLX Jadi LCGC Paling Value For Money 01

Pemerintah telah memberikan stimulus pembelian mobil baru bagi masyarakat melalui relaksasi PPNBM. Namun demikian relaksasi ini tidak diberikan pada segmen LCGC, karena memang sejak lama bebas pajak barang mewah. Dari sekian banyak model, kami menyoroti Daihatsu Ayla 2021 Tipe R sebagai city car value for money. 

Saat peluncuran New Daihatsu Ayla di Maret tahun lalu memang tidak ada perbedaan yang sifatnya besar-besaran. Daihatsu cuma menambahkan fitur-fitur tambahan dan polesan pada segi eksterior. Upgrade ini membuatnya semakin kaya fitur. 

Sedangkan dari segi mesin, Ayla 2021 masih menggunakan teknologi mesin yang sama. Ada dua pilihan mesin 1.0L 3-silinder bertenaga 65 PS dan torsi puncak 86 Nm, serta mesin 1.2L 4-silinder dengan output 88 PS dan 108 Nm torsi maksimalnya. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga:

Punya Duit Rp 100 Jutaan, Pilih BMW Seri E46 Bekas atau Mobil Baru Daihatsu Ayla 2021?

Presiden RI Setujui Skema Pajak Nol Persen Mobil Baru, Harga Daihatsu Ayla 2021 Bisa Makin Murah?

Poin Ini Wajib Diketahui Ketika Ingin Membeli Daihatsu Ayla

Upgrade terlengkap pastinya hadir pada tipe tertinggi. Dengan pembaharuan ini, sosok Daihatsu Ayla semakin mewah dan berkelas, harga juga makin mahal. Apakah masih layak disebut sebagai LCGC? 

Transformasi Daihatsu Ayla 2021, Mobil Murah dengan Fitur Wah

Tanpa Relaksasi PPNBM, Daihatsu Ayla 2021 Tipe R DLX Jadi LCGC Paling Value For Money 01

Meskipun hadir sebagai mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC), ternyata membuat kita masih bisa berharap banyak pada Ayla supaya hadir dengan fitur yang semakin baik. Upgrade AC digital dan kamera parkir berikut head unit touchscreen dinilai cukup mengangkat value di mobil murah ini.

 

Cukup menarik karena pada versi penyegaran kedua ini Daihatsu Ayla 2021 mendapat sejumlah fitur baru. Kondisinya cukup kontras dengan versi awalnya, Ayla sangat minim fitur bahkan cenderung lebih layak disebut sangat sederhana. 

Dibanding kategori LCGC lainnya, Daihatsu Ayla 2021 bisa dibilang punya harga paling terjangkau. Bayangkan saja, rentang harganya berada di kisaran Rp103,3 jutaan hingga Rp161,05 jutaan. Bandingkan dengan Honda Brio Satya yang dijual mulai dari Rp149 juta sampai dengan Rp173,5 juta. 

Dengan harga yang diberikan, Daihatsu Ayla masih menjadi pilihan mobil perkotaan paling terjangkau dengan fitur tak kalah dari mobil yang lebih mahal. Facelift jilid dua menawarkan peningkatan yang membuat Ayla lebih aman dan nyaman ketika diajak berkendara bersama keluarga. 

Daihatsu Ayla, Pelopor LCGC dengan Fitur Makin Lengkap

Tanpa Relaksasi PPNBM, Daihatsu Ayla 2021 Tipe R DLX Jadi LCGC Paling Value For Money 02

Ayla meluncur pertama kali pada Indonesia International Motor Show tahun 2012 sebagai jawaban dari Daihatsu atas keinginan pemerintah Indonesia memasarkan mobil LCGC yang memiliki konsumsi bahan bakar yang irit namun dengan harga yang terjangkau. 

Melihat harganya, Ayla memang masih layak menyandang status sebagai mobil murah. Sebab, untuk facelift eksterior berlaku hampir menyeluruh di setiap tipe termasuk versi 1.0. Bahkan, fitur di Ayla tipe 1.2 R DLX sebagai tipe tertinggi paling lengkap di antara jajaran LCGC lainnya. 

Pada Daihatsu Ayla 2020 1.2 R DLX, Anda akan disuguhkan fitur kamera parkir. Nantinya, ketika Anda melakukan parkir, tampilan visual sekeliling bagian belakang akan dimunculkan pada layar 7 inci terbaru. Perlu diketahui pula, fitur ini masih belum dimiliki kompetitornya baik Toyota Agya serta Honda Brio Satya. 

Bahkan, jagoan terlaris dari Honda itu belum memakai head unit model layar LCD. Fitur ini memang tergolong sangat penting dan keren karena targetnya adalah generasi milenial. 

Sebagian dari mereka baru memahami cara menyetir mobil. Hadirnya fitur kamera parkir bisa memudahkan para newbie agar tidak terjadi tabrakan saat mundur. 

Pakai Fitur AC Digital, Bikin Daihatsu Ayla Harganya Tidak Seperti Rp160 Jutaan

Tanpa Relaksasi PPNBM, Daihatsu Ayla 2021 Tipe R DLX Jadi LCGC Paling Value For Money 03

Ubahan yang baru hadir ialah dari AC Digital yang ditanamkan pada dashboard Daihatsu Ayla. Ini memberikan kesan yang lebih stylish dan pengoperasian yang mudah ketika berada di dalam mobil. 

Memang sih, fitur ini sudah tidak lagi istimewa karena Honda Brio Satya tipe terendah juga sudah memakainya. Namun, memang fitur AC digital belum digunakan secara massal di mobil baru. 

Fitur yang Absen Dari Daihatsu Ayla Tipe R DLX, Bikin Harga Tetap Bersahabat

Tanpa Relaksasi PPNBM, Daihatsu Ayla 2021 Tipe R DLX Jadi LCGC Paling Value For Money 04

Namun tiada gading yang tak retak. Kelengkapan fitur tak sebanyak saudaranya Toyota Agya. Memang, absennya beberapa fitur ini lebih bertujuan supaya harganya tidak semakin mahal. 

Beberapa fitur memang masih belum terlihat pada mobil Ayla terbaru. Fitur tersebut seperti sistem start/stop engine guna membuat pengoperasian mobil semakin praktis serta pengaturan keyless entry yang lebih mewah.

Eksterior Sporty Daihatsu Ayla Tipe R DLX, Tidak Terkesan Murahan 

Tanpa Relaksasi PPNBM, Daihatsu Ayla 2021 Tipe R DLX Jadi LCGC Paling Value For Money 05

Dibandingkan edisi sebelumnya, tampilan eksterior Daihatsu Ayla bisa dibilang lebih maskulin dan sporty. Tentu saja, mengingat Ayla dan Agya memang dipasarkan untuk menggaet konsumen dari generasi muda.

Bisa dibilang Ayla mendapatkan desain grille yang lebih besar dengan finishing berwarna hitam yang terinspirasi dari Ayla Turbo, menawarkan tampang yang lebih agresif.

Interior Daihatsu Ayla Tipe Termurah dan Termahal Cuma Beda Tipis 

Tanpa Relaksasi PPNBM, Daihatsu Ayla 2021 Tipe R DLX Jadi LCGC Paling Value For Money 06

Ada perbedaan antara model varian tertinggi dengan varian entry level dalam fitur dari setir. Yaitu tombol kontrol audio yang dimaksudkan untuk mempermudah akses ke sistem hiburan. Sedangkan setir palang tiga yang diberikan pada varian entry level polos tanpa tombol.

Selain itu, tidak ada perubahan dari desain jok yang ditawarkan. Daihatsu menghadirkan jahitan warna merah di tengah interior berwarna hitam yang senada dengan tampilan interior. Kenyamanannya masih terasa, meski getaran di jalan terlalu menghilang.

Fitur Keselamatan di Daihatsu Ayla, Penuhi Standar Layak di Mobil Kekinian

Harga Daihatsu Ayla bisa dibilang lebih terjangkau apabila dibandingkan pesaingnya di segmen yang sama. Namun demikian Daihatsu tetap menawarkan berbagai daftar fitur keselamatan yang dipasangkan pada mobil ini terutama pada tipe tertinggi.

Pada varian 1.2R A/T, fitur keamanan juga dilengkapi dengan ABS (Anti-Lock Braking System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), untuk memberikan performa keamanan yang maksimal. Fitur dual airbag yang ditanamkan setelah facelift pertama masih dipertahankan tanpa banyak tambahan.

Kesimpulan

Untuk sekelas mobil perkotaan, ubahan terbaru dari facelift Daihatsu Ayla menawarkan tampilan yang lebih segar. Tak hanya pada tampilan luar dengan desain yang lebih sporty, kabin juga mendapatkan sedikit penyegaran dan dibuat lebih stylish.

Dua pilihan mesin serta berbagai warna yang ditawarkan memberikan banyak pilihan bagi generasi muda. Untuk ukuran mobil yang menawarkan kepraktisan berkendara sehari-hari, Ayla masih tetap memuaskan walaupun tidak istimewa.  

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Ayla 1.0L D MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru