window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun: Calon Penantang Toyota Alphard dari GWM dan Hyundai IONIQ 5 Facelift

Prasetyo · 11 Mar, 2024 15:01

top 5 artikel autofun

Hadirnya mobil-mobil baru di Indonesia ternyata menyedot cukup banyak perhatian pembaca Autofun.

Ini terlihat dari sejumlah artikel mengenai kehadiran Suzuki Jimny 5 pintu, Chery Tiggo 5X, dan mobil-mobil baru dari Great Wall Motors (GWM) menjadi Top 5 Artikel Autofun selama sepekan ke belakang.

Begitu juga diluncurkannya mobil baru di dunia yang modelnya kebetulan sudah ada di Tanah Air, juga mengundang rasa penasaran para warganet dalam negeri.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Misalnya debut Hyundai IONIQ 5 facelift yang menggunakan baterai dengan kapasitas lebih besar.

Lantas pengalaman tim kami saat berkunjung ke markas GWM di Baoding, China dan menguji beberapa mobil mereka seperti WEY Gaoshan yang punya nama lain High Mountain, rupanya juga mengundang penasaran para pembaca.

Nah biar lebih jelas apa saja Top 5 Artikel Autofun selama periode 4-10 Maret 2024, berikut highlightsnya.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Nasib Suzuki Jimny 3 Pintu dan SUV Ford yang Bikin Penasaran

1. 20 Mobil Baru di Indonesia Periode Februari 2024, Ada Suzuki Jimny 5 Pintu, Chery Tiggo 5X, sampai yang Terbaru dari Wuling

top 5 artikel autofun suzuki jimny 5 pintu

Masih banyak warganet yang masih penasaran dengan Jimny 5 pintu

Ada banyak sekali mobil baru di Indonesia periode Februari 2024, terlebih di bulan tersebut diselenggarakan IIMS (Indonesia International Motor Show) 2024.

Seperti halnya IIMS di tahun-tahun sebelumnya, pameran yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 15-25 Februari ini juga menjadi momentum untuk para Agen Pemegang Merek (APM) merilis mobil baru di Indonesia.

Menariknya lagi, sebagian besar mobil baru tersebut hadir dalam wujud kendaraan elektrifikasi, baik dalam tipe Hybrid Electric Vehicle (HEV) atau Battery Electric Vehicle (BEV).

Contohnya ada BMW yang merilis mobil listrik iX1 eDrive20 M Sport dan iX xDrive50 Sport, lalu kemunculan perdana BYD Denza D9 MPV, Chery Tiggo 5X yang resmi menantang Toyota Raize atau Daihatsu Rocky, Mazda CX-3 facelift, Suzuki Ertiga Cruise, dan debut Wuling Cloud EV.

Kalau penasaran seperti apa keunggulan dari mobil-mobil baru tersebut, baca artikelnya di sini.

2. Berkenalan dengan WEY Gaoshan MPV, Spesifikasinya Lebih Mewah dari Alphard dan Vellfire

wey gaoshan mpv high mountain top 5 artikel autofun

Punya nama lain WEY High Mountain MPV

Great Wall Motor (GWM) bukan cuma punya TANK 500 tapi juga WEY Gaoshan MPV, sebuah mobil keluarga dengan tampilan premium luar dalam.

Kalau kalian belum familiar dengan GWM kami jelaskan sedikit.

Ini adalah brand otomotif dari China yang bukan saja memproduksi kendaraan penumpang tapi juga sebagai perusahaan teknologi dan inovasi, serta memiliki pabrik baterai elektrifikasi sendiri bernama SVOLT.

GWM saat ini membawahi beberapa merek mobil, yaitu WEY, TANK, HAVAL, ORA, dan Poer, yang semuanya menyajikan teknologi elektrifikasi, baik Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), maupun Battery Electric Vehicle (BEV).

Balik lagi soal WEY Gaoshan MPV, ini adalah produk berjenis Luxury MPV yang diluncurkan pada pameran Guangzhou Auto Show 2023 yang berlangsung November tahun lalu di Guangzhou, China.

Gaoshan sendiri berasal dari bahasa Tiongkok yang berarti "High Mountain" alias gunung tinggi, serta menjadi bagian dari seri "Mountain" dari WEY seperti WEY Lanshan.

WEY merupakan brand yang diperkenalkan GWM sejak 2016 dan saat ini sudah mempunyai lini produk SUV serta MPV, dan semuanya menyasar segmen premium.

Adapun WEY Gaoshan merupakan versi produksi dari WEY-X Concept dengan menyasar para keluarga mapan yang membutuhkan kendaraan dengan kabin lebih lapang.

Di China sendiri, WEY MPV ini berhadapan dengan Denza D9 dari BYD dan juga Buick GL8 dengan kisaran harga yang mirip serta sama-sama berjenis kendaraan elektrifikasi.

Mengingat pasar Indonesia yang besar di segmen MPV termasuk juga kelas premium, rasanya bukan tidak mungkin GWM Indonesia akan memboyong MPV Lux dari WEY ini ke dalam negeri.

Jika dia datang, maka bakal langsung berhadapan dengan duet MPV mewah milik Toyota yakni Alphard serta Vellfire yang sama-sama pula bertipe bodi boxy serta menggunakan sistem mesin hybrid.

Apa saja keunggulan WEY High Mountain MPV ini? Baca di sini artikel lengkapnya!

3. Hyundai IONIQ 5 Facelift 2024 dengan Baterai Lebih Besar Resmi Diluncurkan

hyundai ioniq 5 2025 top 5 artikel autofun

Tampilan IONIQ 5 facelift

Hyundai IONIQ 5 facelift 2024 rupanya telah resmi diluncurkan secara global dengan membawa serangkaian upgrade teknologi, termasuk pada sisi baterai.

Mobil listrik Hyundai paling sukses ini juga hadir dalam varian N Line yang lebih sporty dan tentu saja performanya lebih tinggi dibanding IONIQ 5 biasa.

Sedikit kilas balik, Hyundai tercatat pertama kali memperkenalkan IONIQ 5 di dunia pada Februari 2021.

Setahun kemudian mobil listrik ini pun tiba di Indonesia, bahkan IONIQ 5 yang dipasarkan di dalam negeri adalah buatan pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.

Tak cuma itu, mulai April 2024, kabarnya Hyundai juga akan memproduksi sendiri sel baterai untuk IONIQ 5 yang akan dikerjakan melalui fasilitas manufaktur di kawasan Karawang, Jawa Barat.

Mungkin langkah ini adalah persiapan dari Hyundai Indonesia dalam menyambut Hyundai IONIQ 5 2024 yang juga telah mengalami pembaruan dari sisi kapasitas baterai.

IONIQ 5 facelift ini hadir sebagai model year 2025 yang mendapatkan cukup banyak ubahan dibanding pendahulunya.

Meskipun secara visual, garis besar desainnya masih tak terlalu berubah drastis, namun tampilannya dibuat lebih agresif dan sporty.

Model yang diperkenalkan ini adalah versi untuk pasar Korea Selatan (Korsel) yang mulai masuk ke showroom resmi Hyundai di bulan ini, namun diprediksi spesifikasi teknisnya tidak akan jauh berbeda saat dipasarkan untuk global.

Lantas apa saja yang berubah dari IONIQ 5 facelift tersebut? Cek di sini untuk lengkapnya.

4. Begini Caranya Kalau Mau Pasang Klakson Suara Bulat Tapi Lantang Ala Mobil Eropa

klakson autovision top 5 artikel autofun

Klakson mobil Dual Horn dari Autovision

Klakson mobil menjadi salah satu komponen dari kendaraan yang wajib diketahui oleh sang pemilik. 

Bukan sekedar aksesoris, klakson juga sebenarnya memiliki peran penting dalam mendukung keselamatan berkendara. 

Seperti yang terdapat pada pasal 48 ayat 1 UU no. 22 tahun 2009 yang menyebut bahwa klakson merupakan komponen yang wajib dimiliki oleh setiap kendaraan. 

Klakson memiliki fungsi utama yakni untuk berkomunikasi dengan pengendara lain atau pengguna jalan lain bahwa Anda sedang berada di dekat antar pengemudi lainnya. 

"Terdapat persamaan fungsi komunikasi antara lampu belok atau sein dan lampu rem dalam bentuk cahaya pada kendaraan. Klakson pun memiliki fungsi utama untuk komunikasi dalam bentuk suara antar pengemudi ketika berkendara dalam berlalu lintas," buka Lily Hernawan sebagai Direktur Sampurna Part Niaga (SPN) selaku pemegang resmi brand Autovision.

Lily menambahkan inilah mengapa klakson bisa dikatakan salah satu komponen wajib yang harus dimiliki oleh setiap kendaraan.

Tapi ia juga berpesan, suara yang dihasilkan sebuah klakson mobil sebenarnya bukan hanya sekedar kencang dan memekikkan telinga.

Namun memasang klakson dengan suara yang empuk, tentunya akan membuat kendaraan Anda jadi lebih berakrakter daripada sekedar nyaring.

Lebih lanjut Lily menyebutkan jika karakter nada suara dan warna suara dari klakson menjadi salah satu brand identity dari sebuah merek kendaraan.

Sehingga suara klakson akan memiliki ciri khas khusus bagi masing-masing brand kendaraan.

Misalnya klakson dengan bunyi lebih bulat umumnya dimiliki kendaraan-kendaraan produksi Eropa, sementara klakson yang bunyinya nada tinggi relatif dipakai pabrikan Jepang.

Lily juga memberikan tips bagaimana memodifikasi klakson mobil biar suaranya empuk tapi lantang ala mobil Eropa, seperti ini.

5. Cuma Ada 100 Unit, Kia Sonet Night Edition Terlihat Lebih Ganteng Ketimbang Honda WR-V dkk

kia sonet night edition top 5 artikel autofun

Night Edition yang cuma 100 unit

Kia Sonet Night Edition secara resmi diluncurkan oleh PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen pemegang merek Kia di Indonesia dalam acara exhibition bertajuk ‘Movement to Discover – Unfold The Silent Power of Kia’ di The Forum, Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (5/3/2024).

Varian special edition dari Kia Sonet ini disediakan secara terbatas berdasarkan jawaban dari masukan para konsumen yang menginginkan sesuatu yang berbeda dan fresh dari Kia Sonet.

Hadir dengan tampilan serba hitam, Sonet Night Edition membawa aura sporty sekaligus garang.

Karena special edition, Sonet Night Edition hanya tersedia sebanyak 100 unit.

Sebagai SUV sub kompak, Kia Sonet Night Edition dibangun berdasarkan Sonet varian Premiere atau tipe paling teratas, serta dibandrol dengan harga Rp349.550.000 On The Road Jakarta.

Penasaran dengan Kia Sonet edisi yang satu ini? Klik di sini untuk lengkapnya.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil