window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Berkenalan dengan WEY Gaoshan MPV, Spesifikasinya Lebih Mewah dari Alphard dan Vellfire

Prasetyo · 8 Mar, 2024 12:02

wey gaoshan mpv

Great Wall Motor (GWM) bukan cuma punya TANK 500 tapi juga WEY Gaoshan MPV, sebuah mobil keluarga dengan tampilan premium luar dalam.

Kalau kalian belum familiar dengan GWM kami jelaskan sedikit.

Ini adalah brand otomotif dari China yang bukan saja memproduksi kendaraan penumpang tapi juga sebagai perusahaan teknologi dan inovasi, serta memiliki pabrik baterai elektrifikasi sendiri bernama SVOLT.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

GWM saat ini membawahi beberapa merek mobil, yaitu WEY, TANK, HAVAL, ORA, dan Poer, yang semuanya menyajikan teknologi elektrifikasi, baik Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), maupun Battery Electric Vehicle (BEV).

mpv wey gaoshan

WEY merupakan brand otomotif di bawah Great Wall Motor

Balik lagi soal WEY Gaoshan MPV, ini adalah produk berjenis Luxury MPV yang diluncurkan pada pameran Guangzhou Auto Show 2023 yang berlangsung November tahun lalu di Guangzhou, China.

Gaoshan sendiri berasal dari bahasa Tiongkok yang berarti "High Mountain" alias gunung tinggi, serta menjadi bagian dari seri "Mountain" dari WEY seperti WEY Lanshan.

WEY merupakan brand yang diperkenalkan GWM sejak 2016 dan saat ini sudah mempunyai lini produk SUV serta MPV, dan semuanya menyasar segmen premium.

Adapun WEY Gaoshan merupakan versi produksi dari WEY-X Concept dengan menyasar para keluarga mapan yang membutuhkan kendaraan dengan kabin lebih lapang.

byd denza d9

BYD Denza D9 saat tampil di IIMS 2024

Di China sendiri, WEY MPV ini berhadapan dengan Denza D9 dari BYD dan juga Buick GL8 dengan kisaran harga yang mirip serta sama-sama berjenis kendaraan elektrifikasi.

Mengingat pasar Indonesia yang besar di segmen MPV termasuk juga kelas premium, rasanya bukan tidak mungkin GWM Indonesia akan memboyong MPV Lux dari WEY ini ke dalam negeri.

Jika dia datang, maka bakal langsung berhadapan dengan duet MPV mewah milik Toyota yakni Alphard serta Vellfire yang sama-sama pula bertipe bodi boxy serta menggunakan sistem mesin hybrid.

Lantas apa keunggulan spesifikasi WEY Gaoshan MPV ini? Kami sedikit mencicipinya saat diundang ke markas Great Wall Motor di Baoding, China, 7-8 Maret 2024.

Baca juga: Haval H6 HEV dan Tank 500 HEV Resmi Diluncurkan di Indonesia, Harga dan Spesifikasinya Bikin CR-V Hybrid Menciut

Eksterior WEY Gaoshan MPV

wey gaoshan mpv

Desain boxy-nya mengingatkan pada Alphard dan Vellfire

Tidak bisa dipungkiri, saat melihat sosok Gaoshan, kami langsung teringan pada tampilan Toyota Alphard atau Vellfire.

Namun gril depan berlapis chrome dengan bilah-bilah tegaknya langsung menarik perhatian fasad dari mobil tersebut.

Disatu sisi, mobil memang terlihat jadi stand out, namun untuk sebagian orang yang suka desain kalem, mungkin tampilan seperti ini terlalu mencolok, tentu saja semua balik ke selera masing-masing.

Aksen chrome ini juga bukan hanya hadir di grill depan, namun merambah ke bagian samping kiri dan dan kanan bemper dan juga list bawah bemper depan.

wey gaoshan mpv

Gril krom yang besar cukup menyita perhatian

Lampu utamanya berdesain pipih dan sudah model full LED lengkap dengan Daytime Running Light (DRL) seperti alis mata  

Beranjak ke samping, lagi-lagi aksen chrome ditambahkan oleh pihak pabrikan, seperti pada lis kaca jendela, handle pintu luar, dan di bagian bawah pintu depan dan baris kedua, tak ketinggalan velg ring 18 inci model jari-jari juga diberi finishing krom.

Kalau dari sisi belakang, mobil ini bukan saja memancarkan aura mewah, namun juga sisi futuristik dari GWM yang merupakan perusahaan teknologi dan inovasi.

Misalnya tampak pada model rear lamp yang menggunakan full LED membentuk tiga garis vertikal yang tegas, serta di bagian atasnya juga diberi LED bar memanjang sehingga menyatu antara lampu kiri dan kanan.

wey gaoshan mpv

Lampu belakangnya pakai teknologi Chrystal Lighting System

Perusahaan menamakan teknologi ini dengan sebutan Crystal Lighting System, yang rasanya tidak ada di Alphard maupun Vellfire.

Secara dimensi, WEY MPV punya panjang hingga 5.405 mm, lebarnya 1.960 mm, tinggi 1.890 mm, dan jarak sumbu roda 3.275 mm.

WEY menyediakan versi jok dengan konfigurasi 2+2+3 dan 2+2+2.

Bila dibandingkan dengan Toyota Vellfire, Gaoshan lebih panjang 395 mm serta lebih lebar 110 mm.

Perbandingan Dimensi
  WEY Gaoshan MPV Toyota Vellfire
Panjang 5.405 mm 5.010 mm
Lebar 1.960 mm 1.850 mm
Tinggi 1.890 mm 1.945 mm
Jarak sumbu roda 3.275 mm 3.000 mm

Baca juga: Seberapa Hebat Mobil China Great Wall Motor yang Siap Masuk Indonesia?

Interior Tak Kalah Mewah dari Toyota Vellfire

wey gaoshan mpv

Jok depannya

Kalau kalian anggap Vellfire adalah MPV paling mewah, coba lihat dulu baik-baik kabin dari MPV merek WEY ini.

Perusahaan mendesain interior mobil tersebut bukan hanya mewah, tapi juga nyaman, serta memberikan visibilitas terbaik bagi setiap penumpang di dalamnya.

Buat pengemudi dan penumpang depan, pada area dasbor sudah tertanam monitor 27 inch dengan format memanjang yang terintegrasi antara meter cluster aserta infotainment display.

Monitor full digital ini sudah dibekali sistem operasi dan juga Xiao Wei voice control, serta tersambung dengan 16 premium speakers dari Harman Kardon.

wey gaoshan mpv

Monitor lebar dan dasbor bertema biru

Di bagian konsol tengah ini tidak ada tuas transmisi, melainkan sebuah refrigerator berukuran 12,5 liter untuk menyimpan berbagai macam botol minuman.

Transmisi dipindahkan pada tuas yang lokasinya ada di sebelah kanan di balik setir, sementara pada setir juga ada beberapa tombol pengoperasian fitur lain seperti Cruise Control dan voice command di sebelah kiri, dan tombol untuk mengakses menu meter cluster pada sisi kanan.

Pengaturan posisi duduk pengemudi dan penumpang semuanya sudah elektrik, bahkan pengemudi juga bisa mengatur lipatan jok belakang dari tombol dekat pintu.

Untuk konsol tengah, selain sebagai ruang penyimpanan, ada juga kotak untuk Wireless Charger, dan juga slot USB dan Lighter di bagian bawahnya.

wey gaoshan mpv

Kenyamanan penumpang belakang

Sistem pemanja penumpang belakang juga jangan ditanya soal kemewahan dan kenyamanannya.

Antara lain jok baris kedua sudah dilengkapi penahan kaki yang bisa diatur posisinya secara elektrik, lalu ada Sunshade untuk kaca jendela penumpang baris kedua dan ketiga, serta ada meja lipat yang menyatu dengan sandaran punggung jok baris depan.

Mobil ini juga sudah disediakan Dual Sunroof dan Panoramic roof, yang saat penutupnya diaktifkan,  maka akan terpancar lampu-lampu kecil yang terlihat seperti butiran-butiran bintang di langit.

Baca juga: Tawaran Spesifikasi Haval H6 HEV Bisa Bikin Mumet Honda CR-V dan Wuling Almaz

Dibekali Mesin Turbo PHEV

wey gaoshan mpv interior

Tampilan meter clusternya

Urusan sumber tenaga, WEY Gaoshan MPV dibekali mesin 1.5-liter turbocharged dengan sistem Plug-in Hybrid P4.

Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 485 PS dengan torsi 762 Nm, serta meski bodinya cukup besar, tetapi kemampuan akselerasinya diklaim hanya 5,7 detik untuk jarak 100 km/jam dari posisi diam.

Menggunakan baterai berkapasitas 37,96 kWh, mobil ini juga sanggup melaju dengan mode full EV sampai 170 km pada pengetesan WLTC.

Harganya Separuh Toyota Vellfire

wey gaoshan mpv

Bisik-bisiknya mau masuk Indonesia juga

Di China, mobil ini sudah dijual sejak akhir tahun 2023 dengan harga mulai dari 335.800 Yuan untuk varian jok 2+2+3 dan 405.800 Yuan untuk tipe jok 2+2+2.

Harga ini kira-kira dengan kurs per Maret 2024 adalah Rp728 jutaan untuk tipe terendah, dan Rp880 jutaan untuk yang tipe flagship.

Bandingkan dengan harga Toyota Alphard yang mencapai Rp1,685 miliar sementara banderol untuk Vellfire menyentuh Rp1,818 miliar.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Vellfire 2.5 G A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia