window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Nasib Suzuki Jimny 3 Pintu dan SUV Ford yang Bikin Penasaran

Prasetyo · 4 Mar, 2024 10:01

top 5 artikel autofun suzuki jimny

Kehadiran Suzuki Jimny 5 pintu sepertinya masih jadi bahan perbincangan di kalangan warganet Indonesia.

Bukan cuma soal harga gorengan yang dimainkan sejumlah okum sales dealer Suzuki untuk SUV offroad tersebut, tapi juga terkait beberapa hal lain.

Contohnya mengenai bagaimana nasib Suzuki Jimny 3 door pasca hadirnya varian 5 pintu ini, apakah penjualannya masih lanjut atau terhenti sama sekali.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ini pula yang rupanya terlihat dari Top 5 Artikel Autofun selama sepekan ke belakang, yang cukup banyak membicarakan bagaimana nasib Jimny 3 pintu di Indonesia.

suzuki jimny 5 door indonesia

Jimny 5 door resmi diluncurkan di IIMS 2024

Pasalnya, sebelum kehadiran versi 5 door, Jimny short wheelbase ini sempat mengalami inden yang cukup panjang, bahkan puncaknya mencapai masa tunggu hingga 4 tahun.

Lalu apakah mereka yang belum kebagian Jimny versi lama itu akan dialihkan ke model Suzuki Jimny 5 pintu dengan syarat dan ketentuan tertentu? Semuanya ada di artikel Autofun.

Kemudian daftar Top 5 Artikel Autofun periode 25 Februari 2024 hingga 3 Maret 2024 juga diisi beberapa model SUV Ford.

Seperti rencana bakal hadirnya Ford Terriroty yang akan menantang Honda CR-V atau Mazda CX-5, serta Ford EcoSport bekas yang masih menarik untuk dimiliki.

Namun karena Ford bukan brand Jepangan, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari EcoSport yang wajib kalian ketahui sebelum membeli SUV Compact Blue Oval tersebut dalam kondisi bekasnya.

Baca juga: Top 5 Artikel Autofun Sepekan: Komentar Pemilik Mitsubishi Xforce dan Harga Suzuki Jimny 5 Pintu yang Digoreng

Nah biar makin jelas apa saja Top 5 Artikel Autofun sepekan lalu, berikut rinciannya.

1. Nasib Jimny 3 Pintu Setelah Muncul Versi 5 Pintu, Masih Ada yang Pesan?

suzuki jimny 3 door

Jimny 3 pintu buatan Jepang masih banyak peminatnya

Kehadiran Suzuki Jimny 5 pintu di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 cukup menyita perhatian publik.

Bahkan dikabarkan, sebelum dan sesudah meluncur Suzuki Jimny 5 pintu, jumlah konsumen yang telah melakukan pemesanan tembus lebih dari 1.200 unit. 

Namun yang menjadi pertanyaan, bagaimana nasib dengan Jimny 3 pintu, apakah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) masih menjualnya?

Mengingat saat peluncurannya pada tahun 2019, pemesanan sang legenda harus antri lama dan kini tidak terdengar kabarnya.

Menanggapi hal tersebut, 4W Marketing Director PT SIS Harold Donnel menyatakan, bahwa hingga saat ini Suzuki Jimny 3 pintu masih dijual. 

"Sejak saat September-Oktober (2023) memang sudah menurun (permintaan Jimny 3 pintu), tapi begitu ada rencana Suzuki Jimny 5 pintu hadir, Jimny 3 pintu (permintaan) naik lagi," ungkap Harold.  

Lebih lanjut Harold menuturkan, permintaan Suzuki Jimny 3 pintu sudah tercatat mencapai 800 unit sebelum IIMS 2024 dimulai.

Hanya saja, meski permintaanya masih cukup tinggi, namun jatah Suzuki Jimny 3 pintu made in Jepang cuma tidak berubah, karena cuma sebanyak 50 unit per bulan.

"Jadi ya masih inden panjang, kalau 800 unit pemesanan dibagi 50 unit per bulan sekitar 16 bulan," ujar Harold. 

Harold mengatakan ....

Artikel lengkapnya >>>

2. Kelebihan dan Kekurangan Ford EcoSport Bekas, SUV Kompak Rp120 Jutaan

ford ecosport bekas

Masih menarik untuk jadi mobil harian

Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing mendengar nama Ford EcoSport. 

Yup, SUV kompak asal Negeri Paman Sam ini pertama kali meramaikan kancah otomotif Tanah Air pada tahun 2014. 

Bicara Ford EcoSport, pesaing dari Chevrolet Trax dan Honda HR-V ini untuk harga bekasnya terbilang menarik yaitu hanya Rp120 jutaan.

Di Indonesia, usia mobil ini terbilang singkat.

Tercatat EcoSport yang didatangkan secara utuh dari Thailand hanya mampu bertahan selama dua tahun berbarengan dengan angkat kakinya PT Ford Motor Indonesia (FMI) selaku APM Ford di Tanah Air saat itu.

Dengan pasaran harga bekas di angka segitu kalian bisa mendapatkan mobil yang cocok digunakan di dalam kota dan diajak berpetulang dengan fitur lengkap.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari mobil ini?

Artikel lengkapnya >>>

3. Ini Hebatnya Spesifikasi Ford Territory 2024 yang Siap Masuk Indonesia, Honda CR-V Turbo Bisa Dibuat Ciut

ford territory 2024 indonesia

Pakai mesin 1.5L Turbo

Pihak RMA Indonesia berniat membawa satu produk baru berjenis SUV yang kabarnya punya dimensi sedikit lebih kecil dari Ford Everest.

Informasi ini dibocorkan langsung oleh Dr. Steven Beteng selaku Direktur Sales dan Marketing RMA Indonesia.

Menurutnya, tahun depan pihak RMA Indonesia selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Ford di Indonesia tengah mempersiapkan produk baru.

"Tahun depan kita ada produk yang benar-benar baru. Yang pasti produknya bagus, sudah rilis di beberapa negara. Saat ini ada yang setir kiri, nanti kita bawa yang sudah setir kanan," kata Steven saat ditemui di Jakarta, Senin (26/02/2024).

Dirinya juga menyebut, kalau produk ini akan punya dimensi lebih kecil dari Everest.

"Modelnya benar-benar baru, tetap SUV tapi ukurannya lebih kecl dari Everest," jelasnya.

Awalnya ia masih menutup rapat tentang informasi mobil baru Ford yang akan didatangkan ke Indonesia itu, namun setelah di desak apakah model yang dimaksud Ford Bronco, ia akhirnya menjawab.

"Bukan Bronco, kita bawa Territory," jelasnya singkat.

Jika memang Ford Territory, maka ini cukup sesuai dengan apa yang ia bocorkan, seperti mobil ini sudah diluncurkan di beberapa negara lain di Asia, termasuk di Philipina dimana mobil-mobil Ford yang ada di Indonesia saat ini seperti Everest dan Ranger juga dijual di negara tersebut.

Kemudian, pasar SUV medium juga cukup ramai pemainnya di Indonesia, antara lain ada Honda CR-V Turbo, Mazda CX-5, atau Toyota Corolla Cross.

Dibanding Bronco yang lebih menyasar sebagai mobil hobi atau koleksi, Territory memang punya potensi untuk menciptakan pasar Ford yang lebih baik di Indonesia, terlebih jika harganya setara dengan rival-rival Jepang tersebut.

Lalu seperti apa spesifikasi Ford Territory 2024?

Artikel lengkapnya >>>

4. 5 Mobil Termahal Sejagat, Kalau Dibelikan Toyota Fortuner Bisa Dapat 700 Unit!

mobil termahal di dunia

Mobil termahal di dunia bukan cuma Ferrari atau Lamborghini

Jika Anda hanya tahu harga mobil termahal di dunia cuma Ferrari atau Lamborghini memang tidaklah salah.

Tapi sejatinya masih ada yang lebih mahal dari kedua mobil tersebut. 

Ya, sejumlah pabrikan otomotif terus mengupdate produk mobil terbaru dengan menyematkan berbagai teknologi dan fitur paling anyar. 

Hal ini pula yang membuat setiap tahun muncul mobil-mobil terbaru dengan harga yang sangat mahal.

Nah, kali ini Autofun akan merangkum 5 mobil yang harganya sangat fantastis, namun paling mengejutkan, ternyata tidak ada Ferrari atau Lamborghini. 

Daftar mobil termahal ini bahkan diisi mobil jadul, apa itu?

Artikel lengkapnya >>>

5. New Mazda CX-3 2024 Resmi Meluncur di Indonesia, Spesifikasinya Bisa Patahkan Dominasi Honda HR-V

new mazda cx-3 2024

Ada varian 1.5 Sport dan 2.0 Pro

New Mazda CX-3 2024 secara resmi hadir di Indonesia diboyong oleh PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) dari kendaraan Mazda di Tanah Air.

Menempati segmen Compact SUV, Mazda CX-3 terbaru ini siap melawan dominasi Honda HR-V, Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross, Wuling Alvez, sampai Chery Omoda 5.

Sebagai model baru, tentunya ada sederet perubahan yang dialami New Mazda CX-3 2024 ketimbang pendahulunya, baik dari sisi eksterior, interior, maupun kelengkapan fitur.

Hadir dalam dua varian, yakni 1.5 Sport dan 2.0 Pro, selain mengalami update di tampilan fisik, New CX-3 juga tetap konsisten menyajikan pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi para pemiliknya.

CX-3 varian 1.5 Sport menggunakan mesin SKYACTIV-G 1.5L yang mampu memberikan tenaga maksimum sebesar 111 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 144 Nm di 4.000 rpm. 

Sementara tipe 2.0 Pro hadir dengan mesin yang lebih powerful, yaitu SKYACTIV-G 2.0 dengan letupan tenaga mencapai 149 PS di 6.000 rpm dan torsinya 195 Nm mulai dari 2.800 rpm.

Kedua tipe CX-3 ini menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan yang disalurkan ke roda depan (FWD).

Dengan harga Mazda CX-3 2024 1.5 Sport mencapai Rp399.900.000 dan varian CX-3 2.0 Pro Rp495.500.000, apa saja keunggulan SUV Compact ini?

Artikel lengkapnya >>>

@autofun.indonesia Gimana menurut kalian si Mazda CX-3 ini, bungkus? #mazda #mobilbaru #mazdacx3 #reviewmobil ♬ Disco-style 21 in the 70 '~ 80's - New Air

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Suzuki Jimny MT Single Tone 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil