window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Bodi Mungil, Honda Monkey Aman Terabas Banjir?

Nussa · 2 Jan, 2021 22:00

Bodi Mungil, Honda Monkey Aman Terabas Banjir? 01

Honda Monkey memiliki bodi yang ukurannya mungil. Motor dengan desain yang khas ini memiliki panjang 1.710 mm, lebar 755 mm, dan tinggi 1.029 mm. Tinggi tempat duduknya hanya 776 mm dan jarak terendah ke tanah 160 mm. Tak sedikit yang meragukan apakah Honda Monkey aman untuk dipakai menerabas genangan air yang tinggi atau banjir.

Apalagi, akhir tahun biasanya diwarnai dengan curah hujan yang cukup tinggi di beberapa daerah. Di sebagian wilayah, bahkan mengalami hujan cukup deras hingga mengakibatkan banjir.

Bodi Mungil, Honda Monkey Aman Terabas Banjir? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Saat dihadapkan dengan banjir, sebagian orang memilih untuk memutar balik untuk mencari rute yang lebih aman. Tapi, ada juga sebagian orang yang lebih memilih untuk menerjang banjir tersebut.

Perlu diketahui, tiap motor memiliki batas aman jika terpaksa harus menerjang genangan air. Tapi, tidak semua motor memiliki batas aman yang sama.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, jika terpaksa untuk melintasi genangan air, maka pastikan ketinggian air masih di bawah knalpot.

“Selama ketinggian air masih di bawah ujung knalpot, sepeda motor masih aman saat melintas di lokasi yang banjir. Tinggi banjir yang aman untuk motor bisa dilihat dari bisa tidaknya banjir itu dilewati oleh motor,” kata Endro, dikutip dari Kompas.com.

Bodi Mungil, Honda Monkey Aman Terabas Banjir? 01

Namun, batas aman tersebut sepertinya tidak berlaku bagi Honda Monkey. Sebab, motor ini menggunakan model knalpot scrambler yang letaknya ada di atas. Jadi, sangat tidak disarankan untuk menerabas banjir yang cukup tinggi.

Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Dicipta Motora (DAM), main dealer Honda di Jawa Barat mengatakan, saat motor melewati genangan air atau banjir, ada risiko mengalami water hammer.

Water hammer adalah kondisi di mana air masuk ke dalam ruang bakar. Air yang masuk ini tidak dapat berkurang volumenya ketika dikompresikan. Sehingga, setang piston atau connecting rod akan kalah hingga berakibat bengkok. Jika sudah seperti itu, maka mesin akan mengalami kerusakan dan mogok. Perlu turun mesin untuk memperbaiki kerusakannya.

Bodi Mungil, Honda Monkey Aman Terabas Banjir? 02

Untuk itu, Ade mengingatkan, jangan sampai genangan air melewati jalur pernapasan mesin. Ada tiga hal yang harus dihindari saat Honda Monkey terpaksa harus melewati genangan air yang tinggi

Ketiga hal tersebut, antara lain pernapasan mesin, lubang knalpot, dan lubang saringan udara. Ketiga lubang ini harus bebas dari air agar terhindar dari risiko mesin mogok.

"Jika tidak yakin akan ketinggian air, sebaiknya mmengambil rute lain yang lebih aman," ujar Wahyudi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });