window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Cukup Modal Rp 220 Ribu, Jok Yamaha XMAX Jadi Bisa Terbuka Otomatis

Fariz · 10 Mar, 2022 12:30

Cukup Modal Rp 220 Ribu, Jok Yamaha XMAX Jadi Bisa Terbuka Otomatis 01

Yamaha XMAX dilengkapi jok yang besar dan cukup berat
  • Jok XMAX tidak langsung terbuka ketika tombol seat ditekan
  • Perlu bantuan pegas khusus agar jok terbuka dengan sendirinya

Yamaha XMAX dibekali fitur smart key, sehingga untuk membuka jok hanya perlu memposisikan kenop kontak pada posisi open, lalu tekan tombol seat maka jok besarnya bisa dibuka.

Sayang joknya tidak langsung terangkat setelah tombol seat ditekan, jadi pengendara harus mengangkat joknya sendiri. Padahal jika dilihat lebih dekat pada sisi depan jok XMAX, sudah dilengkapi dengan pegas hydraulic. Tapi ternyata tugasnya bukan untuk mengangkat jok layaknya pintu bagasi mobil.

“Pegas itu hanya berfungsi buat menahan agar jok tidak jatuh atau menutup saat posisinya sudah terangkat. Pegas itu tidak kuat mendorong jok ke atas untuk terbuka. Perlu diangkat sampai setengah terbuka dulu baru mendorong.” 

“Sering saya alami kalau sedang bawa barang banyak, udah pencet tombol seat ternyata belum kebuka. Harus taruh barang dulu lalu ulangi pencet sambil tangan angkat jok,” buka Michael Harris Pribadi pengguna XMAX yang mengalami hal ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga: Yamaha Xmax 250 2022 Kini Punya Warna Hijau Doff, Harga Tetap Rp 62 Juta

Tentunya momen tersebut akan sangat repot dan menyebalkan, karena tangan yang penuh memegang barang juga harus mengangkat jok ketika ingin memasukan barang ke dalam bagasi. Jadi gak praktis!

Cukup Modal Rp 220 Ribu, Jok Yamaha XMAX Jadi Bisa Terbuka Otomatis 01

Menggunakan pelat dan baut dibuat dari stainless steel dikombinasi per khusus serta teflon di bagian ujungnya

Auto Up Seat

Oleh karena itu Harris coba mencari ide agar jok XMAX dapat langsung terbuka ketika tombol seat pada kunci kontaknya ditekan, tentunya tanpa harus mengangkat jok secara manual. 

“Pas bongkar motor, saya penasaran lihat ada lubang di rangka, memang dari pabrikan sudah ada. Saya coba ilustrasikan pakai bekas per depan ternyata gagal kurang kuat. Lalu saya buatkan per khusus yang ukuran sesuai dengan kekuatan joknya, kalau terlalu kuat takut lengan pengangan jok patah,” rinci pria ramah ini.

Trial & Error

Meski tidak langsung berhasil saat percobaan pertama, namun akhirnya di percobaan-percobaan berikutnya perhasil setelah dengan beberapa kali trial and error, “Pelat dan bautnya pakai stainless steel, lalu per custom dengan teflon di bagian ujungnya.” 

Baca juga: Update Harga Matic 250 Cc, Yamaha Xmax Rp 62 Juta Honda Forza Tembus Rp 84 Jutaan

Cukup Modal Rp 220 Ribu, Jok Yamaha XMAX Jadi Bisa Terbuka Otomatis 02

Sudah ada lubang di bagian rangka yang tidak berfungsi sebagai apapun

“Pada batch 1 masih ada kekurangan yaitu pelat jadi bergeser karena terdorong mundur. Lalu batch 2 sudah saya beri baut yang dilas paten tujuannya buat stopper agar dudukan per tidak bergeser,” lanjut pria yang senang oprek motor ini.

Setelah seluruh perangkat Auto Up Seat terpasang sempurna, momen membuka jok jadi lebih mudah dan menyenangkan! Itu karena tidak perlu lagi mengangkat jok sesaat setelah menekan tombol seat.

Jok akan langsung terbuka penuh dan memasukan barang juga lebih mudah walau dalam kondisi tangan memegang barang. Karena sudah berhasil dengan barang buatannya, Harris coba menjual produk tersebut.

Seperangkat Auto Up Seat ini dibanderol dengan harga Rp 220 ribu, belum termasuk dengan jasa pasang. Namun pemasangannya yang mudah, bukan tidak mungkin kalau pemasangannya bisa dilakukan sendiri.

Baca juga: Jangan Sembarangan Pilih Oli, Ini Spesifikasi Yang Pas Untuk Yamaha Nmax dan Xmax

Cukup Modal Rp 220 Ribu, Jok Yamaha XMAX Jadi Bisa Terbuka Otomatis 03

Ini konstruksi pegas yang dibuat Harris, mendorong arm pada jok agar langsung terbuka

Meski cukup mempermudah pemilik Yamaha XMAX, tapi ternyata Auto Up Seat buatan Harris ini belum bisa digunakan oleh semua XMAX. Maksudnya part ini baru bisa digunakan bagi XMAX yang masih menggunakan jok standar.

Pasalnya tidak jarang beberapa pemilik XMAX mengganti seperangkat joknya menggunakan jok aksesoris resmi atau comfort seat atau yang biasa disebut juga jok eropa. Jok ini lebih empuk dengan desain jok yang lebih keren.

“Karena memang kontruksi antara jok standar dan jok eropa beda dan lebih berat. Ada yang bisa membuka, ada yang tidak bisa membuka, dan ada juga yang hanya separuh terbuka. Jadi saya fokus di pengguna jok original saja dulu,” tutupnya.

Sekali pencet langsung terangkat deh! 

Mike’s Auto: 0813-9309-5059

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });