window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Debut Global di Indonesia, Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022 Bakal Diekspor?

Adit · 19 Jan, 2022 19:00

Debut Global di Indonesia, Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022 Bakal Diekspor? 01

Yamaha Fazzio punya fitur koneksi dengan gawai serupa Vespa maupun Kymco yang mendunia.
  • Peluang Yamaha Fazzio diekspor besar
  • Yamaha Indonesia tinggal tunggu perintah prinsipal
  • Yamaha Fazzio punya fitur koneksi gawai yang setara skuter lain secara global

Yamaha Fazzio Hybrid Connected menjadi motor baru yang diproduksi pabrik Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Senin, 17 Januari 2022 kemarin adalah momen debut perdananya. Bukan cuma di tanah air, melainkan dunia. Fazzio belum pernah hadir di negara lain. 

Bentuknya mengusung model skuter matic bergaya Italia yang berkarakter retro-modern. Tampilannya beda dengan skutik sejenis seperti Yamaha Fino, Yamaha Grand Filano Hybrid yang ada di Thailand, maupun Yamaha Grande dan Latte di Vietnam.

Debut Global di Indonesia, Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022 Bakal Diekspor? 02

Yamaha Fazzio varian Lux menggunakan warna matte.

Baca Juga: Yamaha Fazzio 2022 Meluncur, Motor Hybrid 125 Cc Pertama di Indonesia Cuma Rp 20 Jutaan!

Bila dilihat seksama, bagian tengah ke belakang Yamaha Fazzio Hybrid Connected memiliki lekuk bodi persegi panjang serupa Yamaha QBix. Lampu buritannya juga didesain vertikal, baik lampu rem maupun seinnya yang terpisah. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Secara kelengkapan fitur, produk yang satu ini ternyata lebih lengkap dibandingkan saudara-saudaranya tadi. Terutama dengan adanya fitur Yamaha Connect, yang memungkinkan ponsel pintar pengguna terhubung ke motor. 

Debut Global di Indonesia, Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022 Bakal Diekspor? 01

Desain motor matic Yamaha Fazzio.

Nilai tambah ini menyerupai Vespa terbaru, maupun skutik Kymco yang dijual di beberapa negara. Dengan fitur ini bisa memudahkan pengguna memantau kondisi motor melalui sentuhan di gawainya. Oleh karena itu menarik apabila Yamaha Fazzio Hybrid Connected buatan Indonesia juga bisa bersaing secara global. 

Peluang Ekspor Yamaha Fazzio

Lalu bagaimana peluang motor baru ini bisa diekspor ke negara lain? Apakah sudah ada negara potensial yang menginginkannya sehingga bisa menemani Yamaha Nmax, Xmax, LExi, Aerox, R25, MX-King, MT-25, MT-03, maupun R3 melanglang buana? 

Debut Global di Indonesia, Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022 Bakal Diekspor? 02

Pilihan warna Yamaha Fazzio Hybrid Connected.

Soal ini, Manager Public Relations, YRS & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro mengatakan besar peluangnya Yamaha Fazzio bisa dikapalkan ke negara lain. Hanya saja karena baru meluncur, targetnya pada tahap awal ini pemenuhan konsumen dalam negeri dulu.

"Untuk saat ini kami fokus untuk memenuhi market domestik. Tapi sebagai global company, kami punya sumber daya untuk ekspor kalau dibutuhkan negara lain dan ada permintaan negara lain, serta diizinkan prinsipal, kami siap untuk lakukan ekspor," katanya saat ditemui di Jakarta, Senin (17/1). 

Debut Global di Indonesia, Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022 Bakal Diekspor? 03

Fitur akomodasi di Yamaha Fazzio Hybrid Connected.

Baca Juga: Daftar Fitur Unggulan Yamaha Fazzio 2022 yang Tak Dimiliki Honda Scoopy 2022

Anton menjelaskan, sejak meluncur motor baru Yamaha Fazzio sudah dipasarkan. Jadi buat konsumen yang menginginkannya sudah bisa memesan di dealer terdekat. Adapun distribusi unitnya dilakukan dalam waktu dekat untuk meminimalisir waktu tunggu atau inden.  

"Saat ini respons hari ini cukup positif, dari konsumen yang menonton (tayangan peluncuran virtual), dan dari dealer. Kami optimis dengan produksi ini bisa diterima dan kami akan suplai secepatnya," ungkapnya. 

Yamaha Fazzio Beda dari Yamaha Fino

Masih dijelaskan Anton, Yamaha Fazzio mengisi segmen yang berbeda dari Yamaha Fino. Pabrikan menamainya sebagai Classy Yamaha. Nanti ke depannya bukan cuma Fazzio, melainkan bakal ada produk baru lain yang bakal meramaikan Classy Yamaha, layaknya Maxi Yamaha dengan model Nmax, Xmax, Aerox, dan Lexi.

Debut Global di Indonesia, Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022 Bakal Diekspor? 04

Yamaha Fazzio punya fitu power charger, mesin hybrid, hingga bagasi luas 17,8 liter.

Oleh karena itu Yamaha Fino masih tetap diproduksi dan dijual. Keduanya juga menyasar segmentasi berbeda. Diharapkan dua model ini saling melengkapi pasar. Ini juga terbukti dari perbedaan harga jual, dimana Fino masih diposisikan di bawah atau lebih murah. 

Yamaha Fazzio dijual dengan harga Rp21,7 hingga Rp22 juta untuk tipe Lux yang dibalut warna matte. Sedangkan Yamaha Fino mulai dari Rp19 hingga Rp20 jutaan buat tipe Grande yang lampunya sudah LED dan ditambahkan fitur Stop Start System. 

Baca Juga: Detail Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022, Matic Retro Hybrid Cuma Rp 20 Jutaan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });