window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Daftar Fitur Unggulan Yamaha Fazzio 2022 yang Tak Dimiliki Honda Scoopy 2022

Adit · 18 Jan, 2022 10:30

Daftar Fitur Unggulan Yamaha Fazzio 2022 yang Tak Dimiliki Honda Scoopy 2022 01

Yamaha Fazzio Hybrid Connected punya fitur andalan yang tak dimiliki Honda Scoopy.
  • Yamaha Fazzio punya banyak fitur yang tak dimiliki Honda Scoopy
  • Harga Yamaha Fazzio paling mahal Rp22 juta, termurahnya Rp21,7 juta
  • Jadi motor termurah Yamaha yang punya Y-Connect saat ini

Yamaha Fazzio yang baru saja meluncur mengisi segmen motor matic 125 cc. Selain itu secara bentuk dan gaya motor, menjadi lawan baru bagi Honda Scoopy yang telah lama hadir dalam balutan retro-modern. 

Motor baru ini dibanderol dengan harga Rp21,7 juta untuk tipe Neo dan Rp22 juta tipe Lux yang pakai warna eksklusif dan tanpa striping. Bagaimana, mepet Honda Scoopy bukan yang harganya Rp20,475 hingga Rp21,275 juta. Beda tipis sehingga kemungkinan bikin bimbang calon pembeli. 

Daftar Fitur Unggulan Yamaha Fazzio 2022 yang Tak Dimiliki Honda Scoopy 2022 02

Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022 versi Lux tanpa tempelan striping.

Baca Juga: Yamaha Fazzio 2022 Meluncur, Motor Hybrid 125 Cc Pertama di Indonesia Cuma Rp 20 Jutaan!

Persamaannya, kedua motor hadir menggunakan pelek ukuran 12 inci. Kemudian baik Yamaha Fazzio dan Honda Scoopy juga punya fitur power charger ponsel pintar, pengoperasian keyless lewat smart key, Idling Stop System, serta lampu utama LED. Khusus Scoopy sudah pakai proyektor, sementara Fazzio reflektor. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Tapi menariknya kalau bicara perbedaan keduanya, ternyata cukup banyak. Pabrikan garpu tala coba jor-joran merilis produk barunya itu menggunakan fitur baru, kekinian, dan sesuai kebutuhan para konsumen di Indonesia. 

Fitur Unggulan Yamaha Fazzio

Untuk itu boleh dibilang Yamaha Fazzio lebih terdepan soal kelengkapan fitur ketimbang Honda Scoopy. Selain beberapa perangkat tadi, ada panel instrumen atau spidometer yang sepenuhnya sudah digital berlatar warna biru. Bentuknya horizontal minimalis namun informatif. 

Daftar Fitur Unggulan Yamaha Fazzio 2022 yang Tak Dimiliki Honda Scoopy 2022 01

Yamaha Fazzio Hybrid Connected 2022 bergaya retro-modern.

Ada lagi One Push Start. Sederhananya sistem starter yang memungkinkan dalam sekali sentuh tombol starter, mesin langsung hidup. Jadi tak perlu menahan lama tombolnya. Ini karena Smart Motor Generator mengoptimalkan bahan bakar yang diinjeksikan, untuk memudahkan dalam menghidupkan mesin. 

Kemudian masuk pada kemudahan akomodasi. Yamaha Fazzio punya kapasitas bagasi 17,8 liter. Lebih besar dari Honda Scoopy berkapasitas 15,4 liter. Kemudian bisa manfaatkan laci di dek tengah, yang ruangannya tertutup cover dan terbuka di sebelah kanan. 

Daftar Fitur Unggulan Yamaha Fazzio 2022 yang Tak Dimiliki Honda Scoopy 2022 02

Fitur andalan di Yamaha Fazzio.

Selain itu juga dapat optimalkan double hook atau cantelan ganda serupa Yamaha Gear 125. Ini tentunya memungkinkan penggunanya lebih mudah membawa barang banyak. Lalu ditunjang area pijakan kaki luas nan rata. Dalam pemaparan materi, bahkan muat bola basket di area tersebut.

Masih belum selesai, ada lagi Yamaha Connect atau Y-Connect yang semula disematkan di Yamaha Nmax, Yamaha Aerox, dan Yamaha R15 terbaru. Dengan sistem ini, pengguna Yamaha Fazzio bisa memantau catatan konsumsi bahan bakar real time motor lewat aplikasi Yamaha Connect. 

Daftar Fitur Unggulan Yamaha Fazzio 2022 yang Tak Dimiliki Honda Scoopy 2022 03

Teknologi hybrid di Yamaha Fazzio, untuk motor assist ketika akselerasi awal.

Bisa juga mengetahui lokasi parkir terakhir ketika motor masih terhubung dengan ponsel pintar. Lalu dapat memunculkan notifikasi pesan maupun telepon di panel instrumen motor. 

Baca Juga: Daftar Warna dan Varian Yamaha Fazzio Hybrid-Connected 2022

Motor Hybrid Termurah di Indonesia

Terakhir yang jadi daya tarik tersendiri dari Yamaha Fazzio adalah dapur pacunya yang sudah disuntuk teknologi Yamaha Blue Core Hybrid. Jadi mesin 125 cc yang disematkan serupa Yamaha FreeGo di Fazzio, dipadukan sistem motor generator yang menghasilkan power assist. 

Nah power atau motor assist ini diperlukan ketika berkendara berboncengan atau hendak melibas tanjakan yang butuh tenaga ekstra dari posisi diam. Boosting tenaganya dihasilkan ketika pengendara memutar gas dalam-dalam saat memulai akselerasi, sehingga tarikan awal atau torsinya lebih bertenaga selama 3 detik.

Daftar Fitur Unggulan Yamaha Fazzio 2022 yang Tak Dimiliki Honda Scoopy 2022 04

Pilihan warna Yamaha Fazzio Hybrid Connected.

Singkatnya dengan teknologi ini mampu memangkas konsumsi bahan bakar yang besar saat membejek gas supaya motor berlari. Sayangnya Yamaha belum merilis soal efisiensi bahan bakar, maupun tambahan torsi pada mesin Yamaha Fazzio dibandingkan mesin 125 cc Blue Core lain di Yamaha Gear 125, Freego, maupun model lainnya. 

Yang jelas konfigurasinya sederhana, motor listrik yang menghasilkan power assist mengandalkan komponen Smart Motor Generator, dan mendapat suplai listrik dari baterai (aki) motor. Kemudian dalam kondisi idling, perangkat tadi akan menyokong daya listrik lagi untuk disimpan di baterai.

Dengan meluncurnya Yamaha Fazzio ini, menjadikannya sebagai motor hybrid termurah di Indonesia. Selain itu pilihan motor hybrid kini ada 2, setelah sebelumnya ada Honda PCX 160 Hybrid, yang secara umum sama-sama memberi tenaga tambahan saat akselerasi.

Baca Juga: Bukan Cuma Fazzio, Simak Ragam Matic Bergaya Retro Dari Yamaha

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });