window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Dibekali Suspensi Tinggi, Seberapa Nyaman Honda CB150X 2022 Untuk On Road dan Off Road?

Fariz · 10 Feb, 2022 13:00

Dibekali Suspensi Tinggi, Seberapa Nyaman Honda CB150X 2022 Untuk On Road dan Off Road? 01

CB150X dibekali suspensi yang siap melahap jalur on road dan off road
  • Kedua suspensi CB150X lebih panjang dan punya jarak main lebih jauh
  • Karakter monoshock sedikit kurang nyaman untuk jalur off road

Selain dibekali desain sport adventure, Honda CB150X 2022 juga memiliki kaki-kaki yang jenjang. Memang basicnya bisa dikatakan mirip dengan Honda CB150R atau Honda CBR150R, di mana suspensi depannya upside down dari Showa dan yang belakang monoshock dengan unitrack.

Meski memiliki tampilan yang serupa, namun kedua suspensi Honda CB150X mendapatkan upgrade. Tetap Showa SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston) namun memiliki jarak main yang lebih panjang.

Ini karena Honda CB150X 2022 punya suspensi depan lebih panjang 30 mm. Artinya panjang suspensi upside down motor ini mencapai 765 mm, bandingkan dengan Honda CB150R yang hanya 735 mm. Stroke juga lebih panjang 10 mm, totalnya 130 mm.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Untuk mengimbangi suspensi depan yang sudah jenjang, monosok Honda CB150X juga lebih panjang. Dari 299 mm serta stroke 50 mm milik Honda CB150R kini menjadi 324 mm dengan stroke 60 mm untuk Honda CB150X.

Baca juga: Impresi Mesin Honda CB150X 2022 Untuk Harian, Tenaga Kuat di Tengah Top Speed Tembus Segini!

Dibekali Suspensi Tinggi, Seberapa Nyaman Honda CB150X 2022 Untuk On Road dan Off Road? 01

Tampilan depan CB150X gagah dengan bodi besar dan kaki jenjang

Tidak sampai di situ, sudut suspensi atau caster Honda CB150X lebih besar dibanding varian lain. Lantas seberapa pengaruhnya terhadap redaman serta handling dari motor yang dijual mulai dari Rp 32,950 juta ini?

Karakter Suspensi Honda CB150X 2022

Ubahan pada sudut caster terasa ketika Honda CB150X diajak berlari kencang di jalan lurus, di mana motor tetap stabil meskipun bodi besarnya terkena hempasan angin kencang. Efek lainnya juga terasa saat melahap tikungan dengan cepat.

Sudut caster yang besar membuat motor lebih mantap saat melewati karakter tikungan lebar, sedangkan tikungan yang lebih tajam harus sedikit menyesuaikan kecepatan, karena kalau tidak justru akan sedikit terasa understeer.

Dengan catatan efek di atas terasa kalau kecepatan tinggi, kalau hanya untuk berjalan santai tentunya tidak akan terlalu terasa. Lanjut untuk suspensi depan bisa dikatakan istimewa, karena selalu bisa menyesuaikan keadaan.

Baca juga: Daftar Obat Ganteng Honda CB150X 2022, Tampil Makin Adventure Wajib Bagi Pecinta Touring!

Dibekali Suspensi Tinggi, Seberapa Nyaman Honda CB150X 2022 Untuk On Road dan Off Road? 02

Suspensi depan Honda CB150X cocok untuk jalur on road maupun off road

Misal saat diajak berkendara on road lalu melakukan cornering, upside down mampu memberikan kestabilan yang baik, jadi meski jarak main panjang dan terasa tinggi namun tidak semerta-merta limbung.

Performanya juga istimewa ketika melahap jalur light off road dengan karakter jalur gravel serta berlubang, namun tidak sampai tanah becek. Kombinasi stroke panjang serta redaman SFF-BP terasa sempurna, karena bisa meresap jalur gravel dengan baik tanpa gejala bottoming.

Sedangkan untuk monosoknya selain punya tinggi berbeda, ternyata spring atau per yang digunakan juga berbeda dari Honda CBR150R atau Honda CB150R. Milik Honda CB150X menggunakan per progressive, di mana ulir sisi atasnya rapat sedangkan tengah ke bawahnya renggang.

Bisa dikatakan monosok ini memilik 2 karakter, ulir rapat punya karakter lembut yang terasa ketika baru pertama kali dinaiki dan saat melewati jalur on road yang tidak terlalu mulus.

Baca juga: Bikin Takjub, Dipakai Macet-Macetan Konsumsi Bahan Bakar Honda CB150X 2022 Tembus Segini!

Dibekali Suspensi Tinggi, Seberapa Nyaman Honda CB150X 2022 Untuk On Road dan Off Road? 03

Suspensi CB150X bisa memberikan kestabilan di jalur on road

Sedangkan ulir renggangnya bekerja ketika ulir atas sudah habis jarak mainnya, ini terasa ketika motor mendapatkan beban lebih atau ketika diajak blusukan di jalur gravel. Memang tidak ada masalah berarti pada monosok ketika mengajak Honda CB150X on road maupun light off road.

Karena tetap stabil saat meliuk kencang dan juga bisa meredam jalur rusak meski tidak terlalu baik. Jika dibuat pebandingan, karakter monosok Honda CB150X masih 65% on road dan 35% off road, beda dengan suspensi depannya yang bisa dikatakan 50:50.

Ini karena saat melewati lubang atau jalur gravel dengan cepat, monosoknya masih memberikan hentakan yang cukup terasa di badan pengendara berbobot 60 kg. Terasa seperti compression yang terlalu padat atau efek dari unitrack yang masih membawa karakter Honda CB150R atau Honda CBR150R.

Handling Honda CB150X 2022

Selebihnya handling yang disuguhkan Honda CB150X tidak ada masalah, meski bodinya terlihat besar ternyata berat kosongnya cuma 139 kg sehingga terasa cukup ringan dan tidak terlalu membebani badan pengendara dalam pengendaliannya. 

Baca juga: Asyik, Beli Honda CB150X 2022 Langsung Dapat Voucher Modifikasi Rp 1 Juta Nih!

Dibekali Suspensi Tinggi, Seberapa Nyaman Honda CB150X 2022 Untuk On Road dan Off Road? 04

Setang yang cukup lebar harus lebih diperhatikan saat merayap di kemacetan, jangan sampai menyenggol kendaraan lain

Untuk dipakai harian jalur perkotaan rasanya tidak ada masalah berarti, hanya perlu perhatikan setang pipanya yang lebar jangan sampai menyenggol kendaraan lain ya!

Yang juga harus diperhatikan adalah pada ban, pasalnya Honda CB150X dibekali ban IRC Road Winner yang artinya ban yang ditunjukan untuk jalur on road. Jadi meski tampilannya gahar dengan ground clearance tinggi, bukan berarti dalam kondisi standar bisa langsung diajak blusukan jalur off road.

Minimal ganti ban yang memang bisa dipakai dua alam alias dual purpose, sehingga motor akan tetap nyaman dipakai on road dan off road. Karena ban dual purpose akan memiliki cengkraman yang baik pada kondisi jalan tersebut.

Dibekali Suspensi Tinggi, Seberapa Nyaman Honda CB150X 2022 Untuk On Road dan Off Road? 05

CB150X dibekali ban IRC Road Winner yang enak dipakai di jalur on road, kurang cocok untuk jalur off road
Spesifikasi Honda CB150X 2022
DIMENSI
Dimensi (P x L x T) 2.031 x 796 x 1.309 mm
Jarak sumbu Roda 1.315 mm
Jarak terendah ke tanah 181 mm
Ketinggian tempat duduk 817 mm
Berat kosong 139 kg
RANGKA
Rangka Diamond Type, Steel
Suspensi depan Upside down, SFF-BP
Suspensi belakang Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink)
Ukuran Ban depan 100/80 – 17 52P (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang 130/70 – 17 62P (Tubeless)
Rem depan Cakram Hidrolik
Rem belakang Cakram Hidrolik
MESIN
Tipe mesin 4 Langkah, DOHC, 4 Katup
Tipe transmisi Manual, 6 Kecepatan
Pola pengoperan gigi 1-N-2-3-4-5-6
Sistem pendingin mesin Liquid Cooled with Auto fan
Diameter x langkah 57.3x 57.8 mm
Kapasitas Mesin 149.16 cc
Perbandingan kompresi 11.3 : 1
Daya maksimum 15,6 PS @ 9.000 rpm
Torsi maksimum 13,8 Nm @ 7.000 rpm
Kopling Multiple Wet Clutch Coil Spring
Sistem pelumasan Wet
Starter Elektrik
KAPASITAS
Kapasitas tangki bahan bakar 12 liter
Sistem suplai bahan bakar Injeksi (PGM-FI)
Pelumas Mesin 1.1 liter
KELISTRIKAN
Tipe Baterai MF Wet 12V 5Ah
Sistem pengapian Full transisterized
Tipe Busi NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });